Nilai yang Harus Dimiliki Seorang Wirausahawan

Makrufi.com – Berikut kami rangkum beberapa nilai yang harus dimiliki seorang wirausahawan sebelum memulai bisnis. Pengusaha atau wirausahawan adalah sebuah profesi yang kini banyak diminati oleh kaum milenial.

Namun, pengusaha membutuhkan banyak hal untuk membawa bisnis mereka sukses. Salah satu hal yang harus ditelaah oleh seorang wirausahawan adalah nilai-nilai yang harus dipegang teguh dalam dirinya sejak memulai menjalankan bisnis.

Nilai yang Harus Dimiliki Seorang Pengusaha

Dafatr Nilai yang Harus Dimiliki Seorang Wirausahawan

Mengutip dari materi pelatihan penguatan metodologi pembelajaran berbasis nilai budaya membangun daya saing dan karakter bangsa yang dikeluarkan oleh Kemendiknas tahun 2010, berikut beberapa nilai yang perlu kita miliki sebagai wirausaha:

1. Mandiri

Kemandirian adalah salah satu nilai yang perlu kita miliki untuk menjadi seorang wirausaha. Sikap ini merupakan sikap seseorang yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam melaksanakan tugas.

2. Kreatif

Selanjutnya, nilai yang perlu kita miliki adalah kreatif. Berpikir dan bertindak kreatif akan membantu kita menghasilkan pendekatan atau hasil alternatif dari produk/layanan saat ini.

3. Berani Mengambil Resiko

Seorang wirausahawan harus berani mengambil resiko karena dalam dunia bisnis nilai ini merupakan salah satu nilai yang paling signifikan. Dunia bisnis akan meninggalkan kita dengan berbagai kemungkinan. Oleh karena itu, ia mengasumsikan sikap ini saat membuat keputusan.

4. Berorientasi Tindakan

Nilai kedua adalah mengambil inisiatif untuk bertindak, dan tidak hanya menunggu peluang tetapi mencari peluang dan peluang.

5. Kepemimpinan

Tentu saja, seorang wirausahawan membutuhkan nilai dan sikap kepemimpinan yang dapat diubah menjadi sikap yang selalu terbuka terhadap ide dan kritik, mudah bergaul, bekerja sama, dan memimpin orang.

6. Kerja Keras

Nilai kedua yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah nilai kerja keras yang dapat dianggap sebagai upaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas dan mengatasi berbagai rintangan.

7. Jujur

Salah satu nilai yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan adalah kejujuran. Kejujuran adalah perilaku yang dilandasi oleh upaya menjadikan diri seseorang yang selalu dapat dipercaya, baik dalam perkataan, tindakan, maupun perbuatan.

8. Disiplin

Selanjutnya adalah nilai kedisiplinan. Disiplin diperlukan agar kita bertindak secara terorganisir dan mematuhi berbagai undang-undang dan peraturan.

9. Inovatif

Selain berpikir kreatif, seorang wirausahawan harus memiliki metode berpikir yang inovatif. Berpikir inovatif adalah kapasitas untuk memanfaatkan imajinasi untuk memecahkan tantangan dan peluang untuk lebih baik dan memperkaya kehidupan.

10. Tanggung Jawab

Nilai penting lainnya yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah bertanggung jawab. Untuk bertanggung jawab, seseorang harus memiliki sikap dan perilaku yang menunjukkan bahwa mereka mau dan mampu memegang tanggung jawab mereka.

11. Kerjasama

Selanjutnya diperlukan sikap kerjasama untuk mengembangkan hubungan dengan orang-orang dalam melakukan tindakan dan berusaha untuk mencapai tujuan bersama.

12. Pantang Menyerah

Nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan adalah sikap dan tindakan yang tidak mudah menyerah untuk mencapai suatu tujuan dengan banyak pilihan.

13. Komitmen

Nilai komitmen adalah nilai untuk tetap setia pada nilai-nilai yang dianut untuk mencapai tujuan.

14. Realistis

Kemampuan berpikir realistis juga diperlukan agar mampu memanfaatkan fakta atau kenyataan sebagai landasan berpikir logis dalam setiap pengambilan keputusan atau tindakan atau perbuatan.

15. Rasa Ingin Tahu

Memiliki rasa ingin tahu yang besar dapat membuat kita mengetahui secara menyeluruh dan luas dari apa yang dipelajari, dilihat, dan didengar.

16. Komunikatif

Nilai ketiga adalah komunikatif, yang menunjukkan sikap mahir berkomunikasi, bergaul, dan bekerja dengan orang lain.

17. Motivasi Kuat

Pengusaha yang mandiri lebih mungkin untuk sukses karena mereka memiliki mata yang tajam untuk detail dan tanpa henti dalam mengejar solusi terbaik.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang nilai yang harus dimiliki seorang wirausahawan, sebagai berikut:

Karakter Dan Nilai-Nilai Kewirausahaan

Terdapat beberapa karakteristik dan nilai yang di miliki oleh kewirausahaan yaitu memiliki kepercayaan diri, memiliki motivasi diri, memiliki sikap yang baik, dan juga memiliki keberanian untuk mengambil risiko pada kesempatan yang ada.

Nilai-Nilai Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Menurut (Boohene, Sheridan, & Kotey 2008), nilai kewirausahaan terdiri dari kreatifitas, inovasi, ambisi, berorientasi prestasi, berani mengambil resiko dan mampu menciptakan perilaku kewirausahaan yang benar.

Kesimpulan

Pengusaha atau wirausahawan adalah sebuah profesi yang kini banyak diminati oleh kaum milenial. Pengusaha membutuhkan banyak hal untuk membawa bisnis mereka untuk sukses.

Salah satu hal yang harus ditelaah oleh seorang wirausahawan adalah nilai-nilai yang harus dipegang teguh dalam dirinya sejak mulai menjalankan usaha.

Pengusaha yang mandiri lebih mungkin untuk sukses karena mereka memiliki mata yang tajam untuk detail dan tanpa henti dalam mengejar solusi terbaik.

Nilai penting lain yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah bertanggung jawab dengan bersedia dan mampu menegakkan tanggung jawab mereka.