Apa Itu Processor, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Makrufi.com – Apakah kamu mengetahui apa itu processor yang merupakan komponen penting dalam komputer dan menjadi pusat kendalinya? Jika kamu belum mengetahuinya,kamu bisa simak artikel dibawah ini hingga selesai untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Processor secara singkat dapat dikatakan sebagai otak komputer, pada umumnya processor sering disebut sebagai CPU atau central processing unit yang merupakan sebuah chip berupa IC atau intergrated circuit.

Processor dapat digunakan untuk mengontrol keseluruhan sistem komputer, khususnya dalam menjalankan intruksi, pengolah dan digunakan sebagai otak atau pusat.

Dari seluruh kegiatan komputer serta melakukan perhitungan, menjalankan tugas dari input dan output.

Pengertian Processor Menurut Para Ahli

Processor diletakkan pada soket yang terdapat di motherboard, mengelolanya dan melakukan komunikasi.

Maka dari itu, karena processor merupakan alat atau sebuah komponen yang sangat dibutuhkan paling utama.

Jika tidak ada processor, maka komponen yang lain tidak dapat bekerja dan berfungsi dengan baik.

Karena komponen komputer memiliki kaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya.

Apa Itu Processor?

Processor merupakan salah satu komponen terpenting didalam komputer yang memiliki fungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem yang ada di komputer.

Namun processor juga sering disebut sebagai otak komputer, karena tanpa adanya processor komputer tidak akan bisa digunakan dengan baik.

Didalam sebuah komputer, processor seperti sebuah mesin yang dimana kinerjanya harus dibantu oleh komponen – komponen lain. Seperti memori mainboard dan lain sebagainya.

Processor yang ada di komputer uniknya bisa diganti oleh processor lainnya, namun processor pengganti harus sesuai dengan socket yang ada di motherboard.

Apabila tidak sesuai, maka processor tidak akan terhubung dengan komputer dan tidak bisa terpasang di socket motherboard.

Semakin tinggi kecepatan processor, maka akan semakin tinggi dan semakin cepat kinerja dari sebuah komputer.

Namun perlu kamu garis bawahi, bahwa kecepatan tersebut dapat dipengaruhi oleh jenis dan kapasitas processor itu sendiri.

Kesimpulan

Pengertian Processor Menurut Para Ahli

Dibawah ini terdapat beberapa definisi processor menurut para ahli yang mengemukakan pendapatnya, antara lain:

Erima Oneto

Menurut Erima processor merupakan otak dari sebuah komputer yang menjadi pusat pengendali komputer dan bekerja dengan menggunakan dukungan komponen lainnya.

Ir. Sugiyono

Processor merupakan perangkat paling penting dari sebuah komputer, yaitu berupa tenaga pelaksana sebuah perintah.

Juharis Rasul dan Abdul Hamid

Processor adalah pusat eksekusi dari setiap perintah, baik itu berupa instruksi maupun berupa data yang berada didalam sistem komputer.

Ajen Dianawati

Menurut Ajen processor merupakan alat yang digunakan untuk mengolah dan memproses data – data dari sistem komputer. Data – data tersebut bisa berupa gambar, angka dan tulisan.

Lia Kuswayatno

Lia berpendapat bahwa processor merupakan sebuah chip yang dapat digunakan untuk mengolah utama dan menjadi pusat pengendali berbagai perangkat komputer.

Fungsi Processor

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari processor yang biasa digunakan sebuah komputer, antara lain:

Jenis Jenis Processor

Menjalankan Pemrosesan Informasi

Fungsi pertama processor adalah memproses informasi pada komputer. Komputer adalah kumpulan perangkat elektronik yang diorganisasikan menurut arsitektur dan pengaturan tertentu.

Komponen informasi merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah komputer.

Komponen informasi ini dapat diolah oleh komputer dengan menggunakan fungsi processor.

Processor akan memproses semua informasi komputer serta informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. processor akan menangani semua tugas pemrosesan informasi.

Mengitegrasikan Seluruh Komponen

Fungsi processor selanjutnya adalah mengintegrasikan semua komponen internal komputer.

Komponen-komponen tersebut, berupa komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya, saling terintegrasi satu sama lain agar semua komponen tersebut dapat bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Semua komponen tersebut nantinya akan dihubungkan dengan komponen processor agar dapat terintegrasi.

Mencegah Terjadinya Overlapping

Processor, sebagai otak komputer, memiliki fungsi dan tugas penting lainnya, seperti mencegah terjadinya tumpang tindih dari setiap komponen komputer.

Jadi, ketika kamu mengakses data atau informasi, processor memastikan bahwa komponen yang bekerja adalah komponen hard disk, bukan komponen lain yang tidak berhubungan dengan proses pengambilan data.

Hal ini tidak diragukan lagi terkait dengan fungsi processor yang mengintegrasikan setiap komponen komputer yang ada menjadi satu kesatuan yang utuh sesuai dengan fungsinya masing-masing dalam sistem kerja komputer.

Fungsi Processor

Menjaga Performa Sebuah Komputer

Merupakan salah satu fungsi processor yang lain. Semakin tinggi kualitas dan kinerja sebuah komputer, maka semakin baik pula kualitas dan spesifikasi prosesornya.

Processor sering dianggap sebagai salah satu indikator bagaimana sebuah komputer dapat berfungsi.

Semakin cepat komputasi, semakin banyak core pada processor dan semakin tinggi kecepatan processor.

Hal ini benar, tetapi tidak mutlak. Kondisi komponen lain harus mendukung seberapa cepat dan tinggi spesifikasi processor yang ada.

Hard disk, RAM, VGA, dan chipset adalah beberapa contohnya. Jadi, meskipun processor dapat digunakan untuk mengukur performa komputer, kamu juga harus mempertimbangkan spesifikasi komponen lainnya.

Mengolah Perhitungan Algoritma Perintah yang Diberikan

Sebuah komputer akan berjalan dengan menghitung sebuah algoritma. Perhitungan algoritma tersebut dikelola sedemikian rupa agar komputer nantinya.

Dapat membaca apa yang diinginkan dan juga diperintahkan oleh pengguna, sehingga memungkinkan fungsi utama komputer dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Bagian – Bagian Processor

Dibawah ini terdapat beberapa bagian – bagian processor, antara lain:

Control Unit

Control unit adalah bagian dari processor yang bekerja untuk mengontrol tugas dari komputer.

Bagian ini memiliki peranan terpenting dalam mengontrol semua perangkat yang terhubung dengan komputer.

Selain itu, control unit juga memiliki fungsi untuk melakukan sinkronisasi antar satu perangkat ke perangkat lainnya.

Tugas Control Unit

  1. Untuk mengontrol jalannya komputer
  2. Mengontrol antara satu perangkat dengan perangkat lainnya
  3. Berguna untuk mengambil instruksi di memori utama
  4. Digunakan untuk mengirimkan perintah ke ALU, apabila ada perintah mengenai perhitungan aritmatika
  5. Mengawasi pekerjaan ALU
  6. Mengirim hasil proses ALU ke register

Cara Kerja Processor

Arithmetic Logic Unit

Arithmetic logic unit atau yang biasa disebut ALU adalah bagian processor yang memiliki fungsi sebagai otak penghitung dari operasi komputer.

ALU bisa mengerjakan tugas perhitungan aritmatika dan logika, maka dari itu ALU dibagi menjadi dua bagian yaitu unit arithmetic dan unit logic. ALU bisa melakukan pengerjaan berdasarkan perintah yang diterima terlebih dahulu.

Tugas Arithmetic Logic Unit

  1. Melakukan perhitungan aritmatika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
  2. Melakukan perhitungan kode biner atau konversi
  3. Melakukan perbandingan seperti lebih dari, kurang dari, sama dengan, lebih dari sama dengan dan kurang dari sama dengan.

Register

Register adalah alat penyimpanan yang memiliki kecepatan tinggi. Register memiliki fungsi untuk menyimpan perintah yang sedang diproses.

Register ini hampir mirip dengan RAM yaitu memiliki sifat sementara yang membedakannya.

Jika RAM digunakan untuk menyimpan perintah yang hendak untuk dikerjakan, sedangkan register digunakan untuk menyimpan perintah yang sedang dikerjakan.

Jenis – Jenis Processor

Dibawah ini terdapat beberapa jenis dari processor yang merupakan perangkat keras dari komputer, antara lain:

Bagian Bagian Processor

Intel

Processor Intel adalah salah satu produk yang paling terkenal. Dalam hal produk, AMD adalah pesaing Intel yang paling tangguh.

Intel corporation adalah perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1968 dan memiliki pusat pengembangan dan produksi di Amerika Serikat. Selanjutnya, perusahaan Intel ini dikenal sebagai produsen desain mikroprosesor.

AMD

Advanced micro processor atau yang biasa disebut dengan AMD merupakan jenis processor yang lebih rendah dibandingkan dengan intel. Akan tetapi produksi AMD terus mengembangkan produk yang lebih baik lagi.

Berdasarkan pengembangan produk processor komputer, AMD adalah perusahaan multinasional terbesar kedua setelah intel corporation.

ARM

ARM processor adalah sebuah perusahaan yang dimana didalamnya terdapat arsitektur processor mencapai 32 bit.

Processor ARM ini biasa digunakan untuk processor yang ada di ponsel, jadi tidak heran jika hardware ini banyak tertera di berbagai macam smartphone.

ARM processor ini berpusat di Cambridge Inggris yang berdidi pada tahun 1990 dan memiliki nama Advanced RISC Marchines dan ARM ini memang di desain khusus yang berfokus kepada pasar online.

Cyrix

Cyrix adalah perusahaan pengembangan mikroprosesor komputer. Pada tahun 1988, perusahaan ini didirikan dan produksi produknya dimulai.

Fasilitas pengembangan dan manufaktur prosesor ini terletak di Texas. Perlu kamu ketahui bahwa Cyrix adalah salah satu pemasok prosesor berkinerja tinggi.

Apa Itu Processor

Transmeta

Transmeta adalah sebuah perusahaan yang digunakan untuk melakukan pengembangan pada bidang semi konduktor mikroprocessor dan pusat pengembangan produksinya terletak di California.

IBM

International Bussiness Machines Corporation atau yang biasa disebut dengan IBM yang merupakan sebuah perusahaan untuk melakukan produksi dan penjualan beragam hardware dan software komputer.

Perusahaan IBM ini didirikan pada 16 Juni tahun 1911 kemudian pelaksanaan produksinya mulai beroprasinya sejak tahun 1888.

Cara Kerja Processor

Jika kecepatan processor dilihat dari seberapa cepat processor dalam melakukan proses data dengan satuan Hertz.

Misalnya 500 GigaHertz yang berarti processor pada perangkat komputer dapat menjalankan perintah sebanyak 5000 miliar dalam sekali kerja.

Dengan banyaknya jumlah data yang akan diproses, tidak mungkin manusia menjalankan secara manual. Pada saat ini komputer memiliki dua processor andalan yaitu Intel dan AMD.

Kedua perusahaan besar ini selalu menghadirkan processor atau otak komputer terbaru dengan menggunakan teknologi – teknologi yang sangat canggih.

Kedua perusahaan processor ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Namun untuk soal ketahanan digunakan berjam – jam ataupun berhari – hari, processor Intel lebih bagus.

Sedangkan untuk processor AMD lebih banyak digunakan untuk mengoperasikan atau menjalankan game, karena memiliki teknologi yang lebih unggul dalam hal memproses grafik.

Processor sendiri memiliki cara kerja yang biasa digunakan didalam komputer, berikut ini cara kerjanya:

  1. Processor dapat berpindah dalam mengambil keputusan ke perintah lain berdasarkan keputusannya
  2. Melalui ALU yang mengoperasikan data berupa angka dan statistik, pembagian, pengutangan, perkalian, penjumlahan untuk melakukan operasi matematika angka yang rumit
  3. Namun cara kerja processor yaitu untuk menerima perintah atau umpan masuk input, baik dari keyboard, mouse ataupun alat menginput data lain yang masa terhubung
  4. Kemudian memproses data – data perintah tersebut atau digunakan untuk menerjemahkan dan meneruskan serta mengeluarkan outputnya ke software atau hardware yang memiliki kaitan

FAQ

Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan seputar processor yang merupakan komponen penting dari komputer, antara lain:

1. Apa Beda Processor dan RAM?

RAM atau yang biasa disebut dengan Random Access Memori dan digunakan sebagai ruang penyimpanan memori jangka pendek.

Sedangkan processor dikenal sebagai CPU dan digunakan untuk memberikan instruksi serta kekuatan pemrosesan yang diperlukan komputer untuk melakukan pekerjaannya.

2. Apakah RAM Berpengaruh ke Prosesor?

RAM memang suatu memory komputer yang mampu digunakan untuk mengakses data secara acak agar suatu program atau software bisa berjalan dengan lancar.

RAM memiliki fungsi sebagai otak dalam komputer yang bertindak untuk melakukan pembacaan data dengan mempercepat kinerja dari processor.

3. Kenapa Processor Cepat Panas?

Biasanya fan processor bisa tersumbat oleh debu, namun tidak tertutup dan kemungkinan bisa tersumbat oleh benda – benda lain.

Maka dari itu kamu harus sering – sering membersihkan fan processor komputer yang kamu gunakan agar tidak terjadi penyumbatan.

Karena ketidakcocokan processor dengan hardware baru atau hardware tambahan juga bisa menyebabkan suhu processor menjadi panas.

Kesimpulan

Jadi processor adalah salah satu komponen terpenting yang ada didalam komputer dan memiliki fungsi untuk memproses data serta menjadi otak atau pusat kendali dari semua pekerjaan komputer.

Demikian artikel diatas, semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu semua. Jangan lupa untuk kunjungi kembali web kami, karena masih banyak informasi menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan.