Cara Kerja Processor Komputer Terlengkap

Makrufi.com – Kini banyak sekali para pengguna komputer dan laptop yang belum mengetahui bagaimana cara kerja processor komputer. Jika kamu belum mengetahuinya, kamu bisa simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Processor merupakan sebuah perangkat keras yang menjadi otak dari sebuah komputer dan apabila sebuah komputer tidak ada processot, maka komputer tidak dapat dijalankan.

Processor juga dapat dikatakan sebagai otak pengendali atau otak komputer yang didukung oleh komponen – komponen lainnya.

Processor juga dapat digantikan dengan processor lainnya, namun processor harus sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.

Kesimpulan

Processor juga memiliki tugas untuk membagi pekerjaan pemrosesan data kepada semua komponen komputer dan ini dilakukan dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Maka dari itu processor menjadi sangat panas, sehingga biasanya harus dilengkapi dengan kipas pendingin.

Apa Itu Processor?

Processor secara umum dapat diartikan sebagai otak komputer, processor juga pada umumnya sering disebut sebagai CPU atau central processing unit.

Yaitu sebuah chip yang berupa IC (Integrated Circuit) untuk mengontrol keseluruhan sistem komputer khususnya dalam menjalankan intsruksi pengolahan data.

Dan dapat digunakan sebagai pusat ataupun otak dari seluruh kegiatan komputer didalam melakukan perhitungan serta menjalankan tugas input dan output.

Bagian – Bagian Processor

Dibawah ini terdapat beberapa bagian yang terdapat didalam processor pada komputer dan laptop, antara lain:

Control Unit

Control unit atau CU adalah bagian processor yang bekerja untuk mengontrol jalannya tugas dari komputer.

Bagian ini memiliki peran penting untuk mengontrol semua perangkat yang terhubung dengan komputer.

Selain itu, control unit juga memiliki fungsi untuk melakukan sinkronisasi antar perangkat.

Control unit juga memiliki tanggung jawab dalam menentukan bagaimana memproses perintah yang diberikan oleh user.

Misalnya kasus control unit untuk mengambil perintah arithmetic dari register, kemudian diberikan kepada ALU untuk diproses.

Cara Kerja Processor Komputer

Arithmetic Logic Unit

Arithmetic logic unit atau ALU adalah bagian proses yang memiliki fungsi sebagai otak penghitung dari operasi sistem komputer.

ALU bisa mengerjakan tugas perhitungan aritmatika dan logika, maka dari itu ALU dibagi menjadi dua bagian, yaitu unit arithmetic dan unit logic.

ALU akan melakukan pekerjaannya berdasarkan perintah yang sudah diterima terlebih dahulu.

Register

Register adalah alat penyimpanan yang memiliki kecepatan tinggi. Register ini memiliki fungsi untuk menyimpan perintah yang sedang diproses.

Register ini hampir sama dengan RAM, yaitu bersifat sementara, yang membedakannya hanya jika RAM menyimpan perintah yang akan dikerjakan, sedangkan register menyimpan perintah yang sedang dikerjakan.

CPU Interconnection

CPU interconnection merupakan bagian processor yang bisa menghubungkan CU, ALU, register dan bus – bus yang menghubungkan dengan sistem -sistem lainnya.

Kemudian register juga bisa menghubungkan processor dengan piranti output dan input.

Cara Kerja Processor Komputer

Dibawah ini terdapat beberapa cara kerja processor pada komputer dan laptop yang kamu gunakan, antara lain:

Bagian Bagian Processor

RAM Tempat Pertama Intstruksi dari Device

Pada saat sebuah instruksi datang dari device yang nantinya akan digunakan, maka perangkat keras pertama yang akan menerima perintah adalah RAM komputer.

Seperti yang kamu ketahui bahwa fungsi dari RAM adalah untuk menjalankan berbagai software ataupun aplkasi yang ada didalam komputer atau laptop.

Namun ketika seluruh perangkat akan dijalankan, maka RAM ini akan berfungsi sebagai komponen pertama yang menggerakannya.

Perintah Disimpan Control Unit dan Data Disimpan Working Storage

Pada saat sebuah perintah dilakukan oleh user, maka perintah tersebut nantinya akan disimpan sementara dibagian unit kontrol dan dibagian program storage.

Sedangkan jika yang dilakukan user merupakan data, maka data akan disimpan sementara didalam bagian working storage.

Hal ini bisa membuat data perintah dan data penyimpanan tidak akan tertukar ataupun tercampur dengan data lainnya.

Perintah Langsung dari Unit Kontrol

Ketika sebuah register sudah siap untuk melakukan eksekusi, maka bagian dari unit kontrol akan memberikan perintah pada bagian program storage.

Perintah tersebut nantinya akan ditampung terlebih dahulu oleh instruction register.

Untuk bagian perintah yang didalamnya terdapat alamat memori, maka perintahnya akan ditampung di bagian program counter.

ALU Mengambil Alih Operasi Perhitungan

Aritmetical logical unit atau ALU merupakan salah satu unit yang berada didalam processor.

ALU memiliki fungsi sebagai perhitungan ketika akan dilakukannya proses perhitungan sebuah data.

ALU kemudian bekerja ketika sebuah perintah yang berhubungan dengan proses hitung data.

Seperti pengurangan, penjumlahan, perkalian dan juga pembagian. Sedangkan data yang berasal dari working storage nantinya akan diambil alih ke bagian unit kontrol dan dikirim ke bagian general purpose register.

Apa Itu Processor

Seluruh Hasil Ditampung pada Bagian Accumulator

Setelah semua proses data dan perintah dari poin pertama sampai keempat selesai dilakukan, semua hasilnya akan disimpan di bagian accumulator.

Fungsi bagian accumulator atau accumulator register adalah untuk menyimpan hasil dari semua operasi yang dilakukan di bagian ALU. Selanjutnya fungsi lainnya adalah sebagai bagian dari register data input bagian penjumlahan.

Unit Kontrol Mengambil Alih dari Register Accumulator

Setelah bagian register accumulator selesai memproses semua data dari ALU, control unit akan mengambil semua hasil data tersebut ke bagian working storage. Control unit merupakan bagian paling penting untuk semua kegiatan dalam CPU.

Unit Control Menjemput Hasil Didalam Working Storage

Setelah memasukkan semua data ke bagian working storage, control unit akan menunggu bagian working storage menyelesaikan pekerjaannya.

Apabila bagian working storage sudah selesai memproses semua data, unit kontrol akan mengambil hasil data.

Unit kontrol akan mengangkut hasilnya ke bagian penyimpanan output. Hasil pemrosesan data akan didistribusikan ke perangkat output yang terpasang dari bagian penyimpanan output ini.

FAQ

Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan seputar cara kerja processor pada komputer, antara lain:

1. Processor Termasuk Perangkat Apa?

CPU atau processor adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan menjalankan perintah sebagai perangkat lunak, sehingga CPU sering dikatakan sebagai processor dengan memiliki kualitas teknologi yang bagus.

2. Apa Nama Tempat Prosesor?

Motherboard merupakan papan sirkuit yang digunakan sebagai tempai berbagai komponen elektronik termasuk processor dan komputer lainnya dan dipasang untuk bisa menghubungkan antara satu dengan lainnya.

3. Mengapa Prosesor Dikatakan Otak dari Komputer?

Karena setiap data yang akan diproses nantinya pasti akan melewati processor dan kemudian akan diolah untuk menghasilkan data – data yang di inginkan dari setiap user.

Kesimpulan

Jadi processor merupakan perangkat keras komputer yang melakukan pekerjaannya dengan menerima dan menjalankan perintah masing – masing dari tiap – tiap user atau pengguna komputer.

Demikian artikel diatas, semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu semua. Jangan lupa untuk kunjungi kembali web kami, karena masih banyak informasi menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan.