Unsur – Unsur Website Beserta Penjelasannya

Makrufi.com – Ketika kamu ingin membuat sebuah website pastinya kamu memerlukan unsur – unsur website yang akan digunakan nantinya. Berikut ini penjelasanya, simak artikel ini hingga selesai.

Dulu ketika ingin membuat website merupakan hal yang sangat sulit, karena membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit.

Untuk membuatnya saja, kamu dituntut harus memiliki pengalaman luas didalam hal coding dan kreaktivitas yang tinggi.

Tetapi seiring berkembangnya teknologi, kini kamu bisa membuat website dengan mudah dan harga yang terjangkau.

Untuk membangun website seperti weebly, squarespace, weblium, dan wix yang menawarkan platfrom bagi para pengguna untuk membangun website sendiri dengan biaya yang murah.

Apa Itu Website

Apa Itu Website?

Website merupakan sekumpulan halaman yang terhubung dengan sistem jaringan komputer dan dapat memberikan informasi, baik berbentuk teks, gambar, vidio dan juga audio.

Website dapat digunakan oleh individu, organisasi dan juga perushaan. Sebuah website biasanya digunakan.

Untuk memberikan informasi produk atau jasa tertentu didalam halaman awal yang menampung seluruh informasi produk atau jasa secara garis besar, namun akan dibahas secara terperinci didalam halaman selanjutnya.

Ktika seseorang ingin memiliki sebuah website, maka orang tersebut harus memiliki kemampuan dasar mengenai website.

Baik itu bahasa pemrograman web atau jaringan internet. Namun berbeda jika seseorang ingin memiliki sebuah blog, CMS atau weblog.

Jika kamu memilikinya dengan membeli dan tidak ingin berkecimpungan didalam website tersebut, paling tidak kamu harus menyediakan SDM didalam bidang administrator web.

Unsur – Unsur Website

Dibawah ini terdapat beberapa bagian – bagian yang digunakan ketika kamu ingin membuat sebuah website, antara lain:

Unsur Unsur Website

1. Nama Domain

Nama domain atau yang biasa disebut dengan URL merupakan alamat unik didalam dunia internet.

Yang digunakan untuk mengindentifikasi sebuah website atau dengan kata lain adalah alamat yang digunakan untuk bisa menemunak sebuah website di dunia internet. Misalnya: http://makrufi.com/

Nama domain dapat diperjual belikan secara bebas di internet atau dengan di sewa dalam waktu setahun.

Setelah nama domain terbeli disalah satu penyedia jasa pendaftaran, maka selanjutnya pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya.

Jika para pengguna lupa atau tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain yang digunakan akan dilepas lagi ketersediaannya.

Nama domain sendiri memiliki identifikasi ekstensi atau akhiran dengan kepentingan dan lokasi dari keberadaan website tersebut.

Seperti nama domain yang berkenstenti internasional adalah com, net, info, org, biz name dan ws.

Dibawah ini terdapat beberapa contoh nama domain yang berkenstensi lokasi di Indonesia, antara lain:

  1. .co.id : Digunakan oleh badan usaha yang memiliki badan hukum sah
  2. .ac.id : Dapat digunakan untuk lembaga pendidikan
  3. .go.id : Dikhususkan untuk lembaga pemerintahan republik Indonesia
  4. .or.id : Digunakan untuk seluruh organisasi yang tidak termasuk kedalam kategori ( ac.id, co.id, mil.id dan lain sebagainya )
  5. .sch.id : Dikhususkan untuk lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan, seperti SD, SMP dan SMA
  6. .web.id : Digunakan untuk badan usaha, organisasi atau perseorangan yang melakukan kegiatan didalam world wide web

2. Hosting

Web hosting dapat dikatakan sebagai ruangan yang terdapat didalam hardisk atau tempat untuk menyimpan berbagai data, file, gambar, vidio, data email, statistik, database dan lain sebagainya yang nantinya akan ditampilkan didalam website.

Besar data yang dimadukan tergantung dari web hosting yang dimilikinya, semakin besar web hosting, maka semakin besar juga data yang bisa dimasukkan dan ditampilkan didalam website.

Web hosting dapat diperoleh dengan menyewa. Para pengguna akan memperoleh kontrol yang terproteksi dengan username dan password untuk administrasi websitenya.

Besar kecil nya hosting sudah ditentukan dengan ruangan hardisk, yaitu ukuran MB atau GB. Web hosting biasanya disewakan secara tahunan.

Untuk penyewaan hosting dapat dilakukan oleh perusahaan – perusahaan yang menyewakan web hosting dan bisa kamu jumpai di dalam negeri maupun luar negeri.

Pusat data untuk meletakan web hosting sudah tersebar diberbagai negara dan wilayah seperti, Jakarta, Singapore, Amerika, Inggris dan lain sebagainya dengan harga sewa yang sangat bervariasi.

Bahasa Program

3. Bahasa Program

Bahasa program merupakan bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan seluruh perintah didalam website ketika sedang diakses. Jnis bahasa program yang digunakan sangat statis, dinamis dan interaktif.

Semakin banyak bahasa yang digunakan, maka website akan terlihat semakin dinamis dan interaktif terlihat lebih bagus.

Berbagai macam bahasa program yang sudah hadir untuk saat ini dan bisa mendukung kualitas web.

Jenis bahasa program yang paling banyak digunakan oleh desainer website adalah HTML, PHP, ASP, JSP java scripts, XML ajax, java applets dan lain sebagainya.

Bhasa dasar yang digunakan oleh setiap situs biasanya adalah HTML sedangkan PHP, JSP, ASP dan lainnya biasanya digunakan sebagai bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis dan interaktifnya sebuah situs.

Untuk bahasa program ASP, PHP, JSP dan yang lainnya bisa kamu buat sendiri, Bahasa ini biasanya digunakan.

Untuk membangun sebuah portal berita, forum diskusi, artikel, buku tamu, email, anggota organisasi dan lain sebagainya yang akan di update setiap saat.

4. Konten

Kamu tentunya ketika mengunjungi sebuah website memiliki tujuan tertentu, semua informasi yang berada didalam website biasa disebut dengan konten.

Dengan adanya konten, para pengunjung bisa mengetahui informasi didalam sebuah website, baik dalam bentuk gambar, teks hingga vidio.

Bahasa Program

5. Desain Website

Setelah kamu melakukan penyewaan nama domain atau web hosting serta sudah mengasai bahasa pemrograman.

Maka unsur yang paling penting adalah desain. Karena desain website dapat menentukan kualitas dan keindahan website.

Desain akan sangat berpengaruh untuk penilaian pengunjung apakah bagus atau tidak.

Untuk membuat sebuah desain website bisa dilakukan sendiri atau menyewa jasa website desaigner.

Saat ini sudah banyak sekali yang menyewakan jasa web designer, terutama di kota – kota besar.

Karena perlu kamu ketahui bahwa kualitas situs akan ditentukan oleh kualitas dari desain yang digunakan.

Semakin banyak menguasai pengetahuan tentang program atau software pendukung pembuatan situs, makan akan menghasilkan situs yang semakin berkualitas demikian juga sebaliknya.

Jasa membuat desain web ini umumnya memerlukan biaya yang besar dari selurug pembangunan situs, karena nanti akan dilihat kualitasnya dari desain yang digunakan.

Program – program yang biasa digunakan untuk desain website adalah adobe photoshop, adobe dreamweaver, microsoft frontpage, macromedia firework dan lain sebagainya.

FAQ

Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan seputar website, antara lain:

1. Apa Saja Fungsi Dari Website?

Fungsi utama situs web adalah untuk menyebarkan informasi. Sebuah situs web dapat digunakan untuk mengubah pengunjung menjadi prospek dengan menyediakan informasi.

2. Bagaimana Struktur Dasar HTML?

Setiap halaman HTML memiliki struktur dasar dengan tag-tag berikut: Doctype, HTML, head, dan body.

Ini adalah struktur dasar HTML. Masih banyak struktur lainnya, tapi untuk teman-teman awalan, pelajari struktur dasar sebagai pondasi untuk materi selanjutnya.

3. Apa Bedanya Web Page dan Web Site?

Situs web adalah kumpulan halaman-halaman yang menampilkan berbagai jenis informasi, sedangkan halaman web adalah salah satu dari halaman-halaman tersebut.

Jika kita membandingkan situs web dengan buku, halaman web adalah halaman dalam buku.

Kesimpulan

Jadi apabila kamu ingin membuat sebuah website, kamu harus memenuhi unsur – unsur yang akan digunakan didalam website itu sendiri jangan sampai kamu sudah memiliki website, tetapi tidak mencangkup unsur website didalamnya.

Demikian artikel diatas, semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua. Jangan lupa untuk kunjungi kembali web kami, karena masih banyak informasi menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan.

Cek Berita dan Artikel Makrufi.com Lainnya di Google News