Daftar Pabrik Wood Pellet Terbesar di Dunia

Makrufi.com – Pabrik wood pellet terbesar yang akan dibahas dalam artikel kami kali ini mungkin bisa dijadikan referensi buat kamu. Untuk memproduksi sesuatu dengan kualitas yang sebanding atau bahkan lebih tinggi, serta untuk pabrik atau produksi pelet kayu, diperlukan referensi.

Indonesia dengan potensi lahan yang luas, subur, dan tropis, membutuhkan referensi yang lengkap dan berkualitas, khususnya dalam produksi wood pellet agar dapat memaksimalkan potensinya.

Diversifikasi energi juga sangat dibutuhkan oleh Indonesia agar memiliki ketahanan dan kedaulatan energi yang kuat.

Apalagi dengan posisinya saat ini yang menjadi net importir minyak bumi, bahkan diperkirakan dalam 10 tahun ke depan minyak bumi Indonesia akan habis.

Daftar Pabrik Wood Pellet Terbesar

Berikut ini beberapa pabrik wood pellet terbesar di dunia:

pabrik wood

1. Enviva

Enviva didirikan pada tahun 2004 dan saat ini memiliki 7 pabrik pelet kayu yang memproduksi lebih dari 3 juta ton pelet kayu setiap tahunnya. Sebagian produksi wood pelletnya diekspor ke Inggris dan Eropa.

Sejumlah pelabuhan dimanfaatkan untuk pengiriman atau ekspor wood pelletnya, terutama pelabuhan Chesapeake, Virginia pelabuhan Wilmington, Carolina Utara, dan pelabuhan pihak ketiga di Mobile, Alabama dan Panama City, Florida.

Pembangkit listrik baru yang dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2022 akan menerima 100.000 metrik ton pelet kayu per tahun dari Enviva berdasarkan perjanjian pengambilan selama 10 tahun yang ditandatangani dengan Marubeni minggu lalu.

Bahan baku Enviva terutama dipasok dari 1.183 hutan industri di 77 distrik dan di lima negara bagian Tenggara.

Hutan di Tenggara terus berkembang dan berkembang, dengan jumlah total lahan hutan di wilayah pemasok utama Enviva meningkat sebesar 320,842 hektar dari 2011 hingga 2015, menurut US Forest Service.

Persediaan di wilayah tersebut telah meningkat sebesar 10 persen selama periode waktu yang sama dan terus meningkat karena hutan tumbuh lebih cepat daripada yang dipanen.

2. Graanul Invest

Graanul Invest didirikan pada tahun 2003 dan merupakan produsen pelet kayu terbesar di Eropa.

Kapasitas produksi produsen ini sekitar 2,3 juta ton/tahun dengan menjalankan 11 pabrik wood pellet.

Awalnya, perusahaan menjalankan dua pabrik pelet kayu di Estonia dan Lithuania, satu di Imavere dan yang lainnya di Alytus.

Perusahaan melakukan ekspansi dengan membeli pabrik yang ada dan membangun pabrik baru, dan sebagai hasilnya, saat ini mengoperasikan 11 pabrik pelet kayu.

Pelabuhan Riga di Latvia dan pelabuhan Tallinn, Parnu, dan Kunda di Estonia ideal untuk ekspor.

3. Drax Biomassa

Drax biomassa bukan hanya konsumen wood pellet terbesar di dunia, tetapi juga produsen bahan bakar terbesar di dunia.

Drax biomassa, produsen wood pellet, telah berproduksi sejak tahun 2017 dan kini memproduksi sekitar 1,5 juta ton pellet setiap tahunnya.

Drax Biomassa terletak di Atlanta dan sekarang menjalankan 3 pabrik pelet kayu di negara bagian Louisiana dan Mississippi.

Untuk pengiriman pembangkit listrik Inggrisnya, Baton Rouge Transit di Sungai Mississippi di pelabuhan Greater Baton Rouge, Louisiana, mengirimkan pelet kayunya.

4. Pinnacle

Pinnacle didirikan pada tahun 1989 dan saat ini menjalankan 6 pabrik pelet kayu di British Columbia, Kanada dengan bahan baku utama adalah limbah hutan.

Kapasitas produksinya sekitar 1,4 juta ton per tahun dan produk wood pelletnya diekspor ke Eropa, Inggris dan Asia.

Pabrik pelet kayu dari Pinnacle berada di jalur rel utama, oleh karena itu pengiriman ke pelabuhan menggunakan kereta api.

Terminal Westview di Prince Rupert, pelabuhan perusahaan, dan terminal Fibreco di Vancouver, pelabuhan, adalah pelabuhan yang digunakan.

Pinnacle sedang membangun pabrik pelet kayu di Entwistle, Alberta, dan Smithers, British Columbia, masing-masing, untuk meningkatkan produksi.

pabrik wood pellet terbesar

5. An Viet Phat

Dengan kapasitas produksi tahunan lebih dari 800.000 ton, An Viet Phat telah memproduksi pelet kayu di Vietnam sejak 2014.

An Viet Phat juga merupakan produsen pelet kayu terbesar di Asia dan produsen briket kayu terbesar di dunia.

Pasar atau tujuan ekspor produk wood pelletnya antara lain Korea dan Jepang, dengan sebagian besar ke Korea.

Ekspor dilakukan dari pelabuhan Ho Chi Minh. Terlepas dari ukurannya, produksi pelet kayu Rusia tertinggal jauh di belakang lima produsen teratas yang tercantum di atas.

Produsen wood pellet terbesar Rusia, Vyborg, hanya berkapasitas 300,00 ton/tahun, menempati urutan kedua setelah Arkaim di pantai baratnya.

Bagian barat laut negara itu, khususnya, adalah rumah bagi produsen pelet kayu kecil berkapasitas besar, banyak di antaranya membuat produk mereka khusus untuk pasar pemanas Eropa.

Sebagian besar lokasi lain juga tidak cukup besar untuk produksi wood pellet. Australia saat ini hanya 2 pabrik wood pellet yang mengekspor produknya, yaitu – Plantation Energy dan Altus.

Dibandingkan dengan 250.000 metrik ton produksi pelet kayu Plantation Energy per tahun, Altus hanya 75.000 metrik ton. Jepang adalah ekspor utama pelet kayu Australia.

Wilayah Timur Tengah juga hampir sama dengan Afrika, produsen wood pellet relatif sedikit dan dari sedikit itu produk mereka dimanfaatkan secara eksklusif di dalam negeri.

Salah satu produsen wood pellet terbesar di Amerika Latin adalah Tanac di Brazil, yang memiliki kapasitas jumlah tahunan sebesar 400.000 ton. Pembangkit listrik Drax biomassa di Inggris menerima semua pelet kayu Tanac.

Kesimpulan

Produsen wood pellet Indonesia harus mampu bersaing dengan yang ada di Amerika Serikat berdasarkan referensi yang diberikan di atas. Hal ini disebabkan oleh potensi bahan tambang yang sangat besar di Indonesia.

Produksi pelet kayu dari perkebunan energi dan dikombinasikan dengan peternakan domba dan domba dan sapi dan peternakan lebah madu, akan mengoptimalkan lahan dan memberikan manfaat yang optimal juga.

Diperkirakan dalam 10 tahun ke depan cadangan minyak bumi Indonesia akan habis.

Diversifikasi energi sangat dibutuhkan oleh Indonesia agar memiliki ketahanan dan kedaulatan energi yang kuat. Berikut adalah beberapa pabrik wood pellet terbesar di dunia Enviva, Graanul Invest, Drax biomassa, Pinnacle, dan An Viet Phat.

Demikian artikel tentang pabrik wood pellet terbesar, semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.