Pengertian Akuntansi Sosial, Tujuan, dan Peranan di Lingkungan Sosial

Makrufi.com – Sebagian besar dari kamu mungkin banyak yang belum mengetahui tentang pengertian akuntansi sosial, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena artikel di bawah ini akan memberikan informasi tentang pengertian akuntansi sosial, tujuan hinggan peranan nya dalam lingkungan sosial.

Lebih banyak orang lebih mengetahui bahwa akuntansi berkaitan dengan kegiatan bisnis ataupun perusahaan, dan segala hal tentang perhitungan dan laporan keuangan bisnis atau perusahaan.

Padahal, akuntansi terdapat berbagai jenis yang dapat kamu pelajari, salah satu nya yaitu akuntansi sosial.

Jenis akuntansi sosial ini muncul bersamaan dengan konsep Three Bottom Line tentang People, Planet dan Profit yang berarti mengedepankan sektor sosial, lingkungan dan juga keuangan dengan berkesinambungan.

Apa Itu Akuntansi Sosial

Akuntansi jenis ini muncul untuk menjadi penyeimbang perusahaan, dengan harapan agar perusahaan mampu menjalankan usaha dengan berkelanjutan, namun tetap memerhatikan sosial dan lingkungan di sekitarnya.

Apa Itu Akuntansi Sosial

Sebelum kamu mengetahui lebih lanjut tentang akuntansi sosial, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa pengertian akuntansi sosial.

Akuntansi sosial merupakan sebuah proses yang mengkomunikasikan dampak sosial serta lingkungan, yang bersumber dari tindakan atau perilaku ekonomi perusahaan atau prganisasi.

Serta akuntansi sosial ini bermanfaat untuk kepentingan kelompok tertentu atau juga pada masyarakat luas.

Akuntansi sosial juga di kenal dengan sebutan akuntansi lingkungan, pelaporan sosial perusahaan, pelaporan non-keuangan, pelaporan tanggung jawab sosial ataupun akuntansi yang berkelanjutan.

Pada umumnya, akuntansi ini di pakai dalam konteks bisnis atau tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Namun di dalamnya pun juga termasuk setiap organisasi seperti lembaga swadaya masyarakat, lembaga amal ataupun lembaga pemerintah.

Pengertian Akuntansi Sosial Menurut Para Ahli

Di bawah ini terdapat pendapat para ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang akuntansi sosial, sebagai berikut:

Warren DKK

Menurut Warren DKK bahwa akuntansi sosial merupakan sistem informasi yang menghasilkan suatu laporan kepada pihak yang berkepentingan tentang aktivitas ekonomi serta kondisi di perusahaan.

Hendrisken (1994)

Faktor yang Memengaruhi Akuntansi Sosial

Menurut Hendrisken (1994), akuntansi sosial adalah perusahaan harus melihat lingkungan sosial juga, seperti masyarakat, konsumen, pekerja, pemerintah, serta pihak yang mendukung kegiatan operasional perusahaan.

David Crowther

Sementara menurut David Crowther, akuntasi sosial ini dapat dijadikan sebagai pendekatan untuk melaporkan kegiatan ekonomi perusahaan yang menekankan pada kebutuhan untuk mengidentifikasi perilaku sosial.

Tujuan Akuntansi Sosial

Perlu kamu ketahui bahwa tujuan paling utama dari akuntansi sosial adalah untuk meningkatkan kesadaran serta perhatian perusahaan atas dampak kegiatan yang di lakukan pada lingkungan.

Akuntansi sosial ini juga dapat di jadikan sebagai jembatan antara perusahaan dengan organisasi non-profit yang berkaitan dengan lingkungan sosial.

Hal ini dapat berguna supaya perusahaan bisa menyisihkan keuntungannya untuk kepentingan lingkungan, seperti kegiaan konservasi lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan juga lingkungan di sekitar perusahaan.

Biasanya kegiatan ini akan di rancang dengan rinci melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) yang telah di buat oleh tim manajamen perusahaan.

Berikut tujuan dasar dari akuntansi sosial, antara lain yaitu:

Tolak Ukur Dari Kontribusi Sosial Perusahaan

Akuntansi ini akan membantu dalam mengidentifikasi dan mengukur kontribusi perusahaan dalam hal sosial.

Keuntungan konservasi

Biasanya identifikasi dan pengukuran ini dapat di lakukan secara periodik, dimana mencakup tentang manfaat perusahaan untuk masyarakat.

Biaya sosial yang di keluarkan perusahaan serta pertanggung jawaban sosial bila terjadinya dampak sosial karena kegiatan ekonomi yang di lakukan oleh perusahaan.

Wujud Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Dampak sosial dari kegiatan ekonomi atau bisnis perusahaan harus diperhitungkan dan perusahaan harus mempertanggungjawabkannya.

Membantu Penentuan Dan Pembuatan Strategi Perusahaan

Keberadaan akuntansi ini akan membantu dalam penentuan strategi dan praktik perusahaan yang secara langsung dapat mempengaruhi status relatif sumber daya dan individu, komunitas, dan segmen sosial.

Hal ini mengharuskan perusahaan untuk memikirkan dampak tindakannya terhadap manusia dan planet saat mengembangkan strategi dan kebijakannya.

Membentuk Opini Masyarakat

Opini publik yang positif tentang bisnis akan meningkat jika mereka mampu memenuhi tanggung jawab sosial mereka dan terus memberi informasi kepada masyarakat melalui upaya kolaboratif.

Jelas, ini terkait untuk meningkatkan kehormatan dan daya tarik perusahaan kamu.

Meningkatkan Citra Dan Motivasi Kerja Karyawan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, opini perusahaan akan meningkat jika orang-orang memiliki hal-hal positif untuk membuat citra perusahaan.

Pengertian Akuntansi Sosial Menurut Para Ahli

Secara tidak langsung, hal ini akan berdampak pada bagaimana perasaan pekerja termotivasi.

Menanggulangi Kritik Yang Merugikan Perusahaan

Akuntansi ini dapat digunakan untuk melawan komentar buruk yang mungkin berdampak pada laba perusahaan.

Karena itu, kami dapat membuat reputasi perusahaan kami tetap utuh.

Membantu Memasarkan Produk Atau Jasa

Promosi barang atau jasa perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari citra perusahaan perusahaan.

Karena mereka yang telah berurusan dengan perusahaan dalam kapasitas tertentu berada di perusahaan untuk menyebarkan berita kepada orang lain.

Menyediakan Solusi Untuk Kelompok Sosial

Bentuk akuntansi ini juga bermanfaat karena memberikan informasi kepada semua kelompok sosial yang relevan untuk mencapai tujuan sosial perusahaan, termasuk tujuan, kebijakan, kontribusi, program, dan strateginya.

Peran Akuntansi Sosial Bagi Perusahaan

Dari tujuan yang kami sebutkan di atas, dapat kami simpulkan bahwa akuntansi ini memiliki peran sebagai bentuk pertanggung jawban sosial dari perusahaan para masyarakat dan lingkungan sekitar.

Dengan lebih memperhatikan dan lebih tanggung jawab, dapat di harapkan opini serta dukungan masyarakat pada kegiatan ekonomi perusahaan pun akan jadia lebih baik, sehingga jenis kegiatan yang di lakukan dapat di terima dengan baik oleh masyarakat.

Peran Akuntansi Sosial Bagi Perusahaan

Akuntansi sosial ini juga berperan dalam penentuan keputusan, baik untuk membuat kebijakan dan strategi perusahaan, tanpa harus mengurangi nilai sosial, demi kepentingan masyarakat dan juga perusahaan.

Faktor yang Memengaruhi Akuntansi Sosial

Adapun faktor yang dapat mempengaruhi akuntansi sosial, antara lain sebagai berikut:

1. Biaya Konservasi Lingkungan

Faktor ini dapat di ukur dengan menggunakan nilai mata uang, karena berkaitan dengan biaya yang harus di keluarkan perusahaan sebagai bentuk melestarikan lingkungan.

Contohnya dalam hal penyediaan kolam limbah dari suatu perusahaan, dimana harus di perhitungkan tentang biaya yang akan di keluarkan adalah untuk pembuatan, pengelolaan, beserta analisis dampak lingkungan dan perawatan kolam tersbut.

2. Keuntungan Konservasi

Faktor ini akan di ukur dengan satuan fisik, misalnya seperti jumlah limbah yang di olah perusahaan secara mandiri sepersekian kilogram yang kamu pakai sebagai bio-energi dan dapat menghasilkan tenaga sepersekian kilojoule.

Hal ini dapat di hitung dengan satuan fisik keuntungan dari kegiatan konservasi perusahaan tersebut.

3. Profit Konservasi

Terakhir adalah faktor yang di hitung dengan satuan nilai mata uang. Pada umumnya hal ini adalah efek yang di dapat dari kegiatan konservasi yang di lakukan perusahaan.

Secara tidak langsung, kegiatan yang di publiskan adalah untuk promosi ataupun memberikan citra baik untuk perusahaan.

Permasalahan Sosial di Indonesia

Sebab perusahaan akan di nilai sebagai ramah lingkungan, hal ini akan membuat masyarakat lebih tertarik dan membeli produk atau jasa yang perusahaan jual sebagai wujud kontribusi untuk ikut menyelamatkan lingkungan.

Permasalahan Sosial di Indonesia

Dengan adanya penyebaran wabah covid-19 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sendiri tentu banyak yang memberikan dampak di berbagai sektor, salah satunya yang sangat rentan yaitu sektor ekonomian.

Hal ini sangat berdampak terhadap tingkat pengangguran masyarakat yang sangat tinggi akibat terjadinya putus hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran.

Dampak lainnya seperti banyak masyarakat yang di perkerjakan dari rumah serta aktivitas ekonomi masyarakat yang di batasi, sehingga karyawan tidak lagi memperoleh penghasilan.

Disamping itu juga menyebabkan daya beli masyarakat menurun dan pendapatan per kapita di Indonesia mengalami penurunan.

Hal yang memperoleh dampak terhadap sektor ekonomi inilah yang nantinya dapat menciptakan masalah di sektor sosial.

Tujuan Akuntansi Sosial

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang akuntansi sosial, sebagai berikut:

Apakah Perusahaan Perlu Menggunakan Akuntansi Sosial?

Akuntansi sosial sangat penting karena perusahaan perlu memberikan atau menyampaikan informasi mengenai aktivitas sosial dan perlindungan terhadap lingkungan kepada stakeholder perusahaan.

Kesimpulan

Akuntansi sosial merupakan sebuah proses yang mengkomunikasikan dampak sosial serta lingkungan, yang bersumber dari tindakan atau perilaku ekonomi perusahaan atau prganisasi.

Demikian artikel tentang pengertian akuntansi sosial, tujuan, dan peranan di lingkungan sosial. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Makrufi.com Lainnya di Google News