Perbedaan Access Point dan Router Wifi Lengkap

Makrufi.com – Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai perbedaan access point dan router wifi yang dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan ke dalam komputer. Simak artikel dibawah ini hingga selesai.

Pada umumnya terdapat dua jenis perangkat pendukung didalam jaringan komputer nirkabel, yaitu acces point dan router.

Kedua komponen ini dapat digunakan untuk menyebarluaskan sinyal dan mengelola semua perangkat yang bisa terhubung ke jaringan agar tetap bisa mengakses jaringan internet.

Pelu kamu ketahui jaringan internet merupakan teknologi yang digunakan untuk bisa menghubungkan berbagai macam perangkat komputer, agar bisa saling terhubung dan bisa berkomunikasi antara satu dengan yang lain.

Beberapa pengguna memiliki berbagai macam metode topologo yang bisa diterapkan untuk menghubungkan semua perangkat.

Apa Itu Access Point

Apa Itu Access Point?

Secara umum access point merupakan perangkat keras jaringan wireless yang berfungsi untuk menyebarluaskan jaringan dan menghubungkan ke berbagai perangkat user kedalam jaringan pusat.

Dalam penggunaannya, access point memerlukan kabel LAN atau kabel UTP yang digunakan sebagai penghubung dengan jaringan utama.

Access point sering disaman dengan repeater, perbedaannya hanya terletak di bagian fitur dan penghubungnya.

Access point juga memerlukan kabel dalam menambahkan jaringan wirelees baru dan tidak bisa untuk mengelola jaringannya sendiri.

Sedangkan repeater dapat mengelola jaringannya sendiri, layaknya seperti router dan bisa menambahkan jaringan baru tanpa memerlukan kabel penghubung tambahan.

Access point juga memiliki fungsi yang sama seperti komponen hub, yaitu sebagai penghubung antara jaringan dengan perangkat komputer yang membedakan hanya penggunaannya saja.

Namun access point dapat membuat jaringan baru yang berbasis wireless atau tanpa kabel sedangkan hub tidak bisa.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh access point adalah dapat dengan mudah menggabungkan jaringan wirelles dengan jaringan wired didalam subnet.

Cara Kerja Access Point

Cara Kerja Access Point

Access point dapat menghubungkan jalur data sinyal RF yang dibentuk oleh wi-fi dan jalur data listrik yang dibentuk oleh kabel Ethernet. Titik akses juga menangani kontrol akses, enkripsi data, dan manajemen jaringan.

Ketika perangkat klien mencoba menyambung ke jaringan, titik akses menentukan apakah akan mengizinkan perangkat untuk menyambung atau tidak.

Pengaturan keamanan titik akses kemudian akan diaktifkan. Titik akses akan mengenkripsi kata sandi dan kemudian membandingkannya dengan kata sandi yang diberikan oleh perangkat.

Jika kata sandi yang dimasukkan cocok, perangkat akan diizinkan untuk terhubung. Titik akses kemudian akan bertindak sebagai server DHCP, menetapkan alamat IP ke perangkat.

Misalnya, jika kamu menggunakan jaringan nirkabel kafe untuk menyambung ke internet, sirkuit jaringan nirkabel pada perangkat seluler kamu akan tersambung ke titik akses kafe.

Apabila kamu tersambung ke titik akses, jendela browser yang kamu buka akan menampilkan bidang input kata sandi, yang memungkinkan kamu tersambung ke jaringan.

Titik akses akan mengizinkan kamu untuk terhubung ke jaringan jika kamu memasukkan kata sandi yang benar.

Titik akses akan menetapkan alamat IP perangkat kamu untuk berkomunikasi dengan perangkat lain pada jaringan lokal.

Apa Itu Router WiFi?

Apa Itu Router

Router wifi adalah sebuah komponen yang bertugas untuk menyaring lalu lintas data berdasarkan dengan jenis protocol tertentu.

Router tercipta karena diperlukan untuk membagi jaringan secara logikal dan membaginya menjadi bebetapa subnet.

Sehingga hanya lalu lintas dengan menggunakan alamat IP tertentu yang bisa mengalir antara satu segmen ke segmen lainnya.

Jadi pada intinya router dapat digunakan untuk bisa menghubungkan sebuah komputer dengan berbagai jaringan internet yang ada.

Cara Kerja Router Wifi

Router bekerja dengan membuat rute lalu lintas internet untuk masuk dan keluar dari jaringan dengan cara yang paling efisien dan tepat waktu.

Email, film, atau feed kamera langsung semuanya bisa berjalan di jaringan router, masing-masing membutuhkan jumlah bandwidth yang berbeda.

Router diminta untuk melakukan lebih banyak pekerjaan karena semakin banyak perangkat yang ditambahkan.

Sederhananya, router menghubungkan berbagai perangkat jaringan dengan meneruskan paket data di antara kamu.

Informasi ini dapat ditransmisikan dari satu perangkat ke perangkat lain atau dari satu perangkat ke internet.

Router dapat mencapai hal ini dengan memberikan setiap perangkat di jaringan alamat IP lokal.

Hal ini memastikan bahwa paket data tiba di tempat tujuan dan tidak hilang dalam jaringan.

Perbedaan Access Point dan Router WiFi

Perbedaan Access Point dan Router WiFi

Dibawah ini terdapat beberapa perbedaan antara access point dan router wifi yang sering digunakan ketika ingin memulai sistem operasi komputer, antara lain:

  1. Access point dapat digunakan untuk meneruskan paket konfigurasi sumber utama secara langsung hanya dengan merubah media transmisi dari akses kabel ke jaringan nirkabel. Sedangkan router wifi hanya dapat meneruskan paket dari sumber utama yang dapat dikelola dan menerjemahkan paket pusat ke wilayah dengan jaringan lokal yang dibangun, baik kabel ataupun nirkabel
  2. Ketersediaan IP address di access point akan mengacu pada alokasi sumber perangkat utama atau backbone. Sedangkan router wifi hanya memperlukan satu IP address dari sumber utama yang selanjutnya bisa digunakan untuk ratusan perangkat dengan menggunakan metode routing
  3. Harga access point cenderung lebih murah dibanding dengan router wifi yang bisa dibilang lumayan untuk didapatkan
  4. Perangkat yang terhubung dengan acces point bisa berakibat langsung pada kinerja komputer pusat, jika terjado permasalahan seperti konfllik di IP, sedangkan kecil kemungkinan itu akan terjadi didalam perangkat yang menggunakan sumber router wifi
  5. Access point biasanya akan menerima distribusi dari IP secara otomatis, sedangkan router wifi hanya memberikan dukungan untuk penerimaan dan pemberian IP secara otomatis bagi perangkat yang sudah tersambung
  6. Skala rumah dengan dukungan dari router wifi adalah dari ISP, sedangkan acces point lebih cocok untuk digunakan, karena menggunakan konfigurasi yang sangat sederhana

FAQ

Dibawah ini tedapat beberapa pertanyaan menganai perbedaan access point dan router wifi, antara lain:

1. Apakah Access Point Sama dengan Switch?

Switch beroperasi menggunakan kabel sebagai media koneksi, memastikan kecepatan dan stabilitas.

Sementara itu, Access Point menggunakan gelombang elektromagnetik, yang lebih unggul dalam hal fleksibilitas dan mobilitas.

2. Apa Fungsi Dari Router Dalam Jaringan?

Fungsi router secara sederhana adalah untuk mengarahkan atau membuat rute untuk diikuti jaringan untuk mencapai tujuannya. Sebuah router biasanya terhubung ke dua atau lebih jalur data dari jaringan IP yang terpisah.

3. Apakah Router Bisa Menguatkan Sinyal?

Memindahkan router ke area terbuka bisa menjadi cara sederhana untuk meningkatkan sinyal router yang kamu gunakan.

Kamu dapat memasang router kamu di atas meja, dinding, atau langit-langit. Konon, cara terbaik adalah menempatkan router di tengah rumah kamu

Kesimpulan

Jadi untuk membedakaan access point dan router wifi, kamu hanya perlu melihat cara kerjanya dan fungsi dari kedua komponen tersebut.

Demikian artikel tentang perbedaan access point dan router wifi. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.

Jangan lupa untuk kunjungi kembali web kami, karna masih banyak infromasi menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan.