Jenis – Jenis Perencanaan Usaha Paling Lengkap

Makrufi.com – Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis – jenis perencanaan usaha yang bisa kamu gunakan ketika ingin membuat sebuah usaha baru yang belum memiliki perencanaan yang sangat matang. Simak artikel dibawah ini hingga selesai.

Setiap usaha yang ingin dibuat pastinya membutuhkan perencanaan formal dan tentunya terstruktur untuk bisa membangun usaha yang tumbuh secara efisien.

Perencanaan usaha dapat merinsi kepada tindakan yang berbeda – beda dalam format dan konten tergantung pada tujuan usaha yang sedang dijalankan.

Ketika kamu menjalankan usaha tanpa adanya perencanaan usaha yang matang, bisa saja kamu mendatangkan kerugian yang tidak diinginkan.

Perencanaan biasanya dapat berkaitan dengan menciptakan produk barang atau jasa yang baru dan nantinya akan dikeluarkan dipasaran untuk dijual.

Usaha Singkat

Apa Itu Perencanaan Usaha?

Perencanaan usaha atau yang biasa disebut business plan merupakan dokumen yang bisa menggambarkan bagaimana mekanisme berjalannya suatu perusahaan dan apa tujuan dari membangun sebuah perusahaan.

Dokumen tersebut meliputi berbagai macam data dari visi – misi perusahaan, kondisi keuangan perusahaan, strategi pemasaran, pendapatan pengeluaran sampai data – data lain yang bisa menunjang tercapainya tujuan dari perusahaan yang dibuat.

Atau dalam bahasa sederhananya, perencanaan usaha adalah peta bagi suatu perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh Perencanaan Usaha

Dibawah ini terdapat beberapa contoh untuk kamu membuat perencanaan usaha, antara lain:

Usaha Kue

Sudah banyak sekali jenis kue kekinian yang sekarang bisa kamu jadikan ide usaha, biasanya untuk mengadaptasikannya dari sebuah film atau konten media sosial yang sedang viral.

Apabila kamu tertarik untuk membuka usaha di bidang ini, kami akan memberikan contoh perencanaan usaha kue yang bisa kamu terapkan ketika ingin memulai usaha kue.

Rencana Awal

  1. Jenis usaha: Dalgona Candy Squid Game
  2. Varian produk: Menggunakan berbagai bentuk atau motif di bagian tengah dalgona candy dengan ukuran yang berbeda – beda
  3. Harga produk: Menyesuaikan varian atau ukuran
  4. Modal awal, estimasi pengeluaran untuk bahan baku produksi, peralatan, sewa tempat/booth, gaji karyawan dan promosi
  5. Estimasi pendapatan, bruto per hari, laba kotor dan laba bersih per bulan
    Biaya operasional per bulan
  6. Strategi pemasaran, via media sosial ataupun lewat pembagian brosur atau selebaran di sekitar stan penjualan

Usaha Singkat

Untuk kamu para pengusaha muda yang baru ingin memulai usaha, kamu bisa menggunakan perencanaan singkat ini untuk memulai sebuah usaha kecil – kecilan.

  1. Jenis usaha: Mie Lidi Pedas
  2. Target pasar: Toko kelontong, kantin sekolah, jualan online
  3. Tujuan usaha: Memberikan cemilan kekinian dengan harga yang murah
  4. Keunggulan produk: Mie tidak dalam kondisi patah, kemasan terdiri dari berbagai pilihan, kemasan higenis dan menarik, bumbu dibuat dari bahan alami yang aman untuk dikonsumsi
  5. Strategi pemasaran: Memberikan promo bagi penjual yang memberi nilai margin lebih besar dengan minimal pengambilan produk dan promosi di media sosial

Jenis – Jenis Perencanaan Usaha

Dibawah ini terdapat beberapa jenis dari perencanaan usaha yang biasa digunakan oleh para pengusaha, antara lain:

Jenis - Jenis Perencanaan Usaha

Rencana Awal

Rencana awal atau yang biasa disebut dengan startup plan merupakan rencana usaha yang diberikan perusahaan baru kepada calon investor dengan harapan dapat menerima pendanaan startup.

Rencana ini dapat beroperasi sebagai rencana awal yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan seiring pertumbuhan dari perusahaan tersebut.

Strategis

Rencana strategis ini dapat merinci strategi yang akan kamu gunakan untuk mencapai tujuan dari keseluruhan yang ada didalam perusahaan, seperti visi perusahaa, faktor kunci perushaan dan strategi untuk dapat mencapai tujuan.

Rencana strategis biasanya digunakan untuk tujuan internal sebagai rencana dasar untuk seluruh organisasi yang ada.

Ketika membuat rencana jenis ini, maka manajemen harus menilai kekuatan perusahaan dan bisa menunjukan area yang bisa ditingkatkan dengan menggunakan analisi SWOT.

Kelayakan

Suatu rencana kelayakan dapat ditulis ketika sebuah perusahaan sedang mencari usaha baru, seperti memproduksi produk baru di pasar atau menjual produk saat ini ke pasar baru.

Perencanaan ini dapat merinci pasar apa saja yang bisa membeli produk atau layanan ini dan nantinya akan menghasilkan keuntungan yang bermanfaat untuk perusahaan.

Rencana ini hanya bisa mencangkup kelayakan informasi tentang seberapa baol produk yang ingin dijual atau jika dipasarkan akan memberikan pengembalian investasi yang sangat tinggi.

Rencana kelayakan memerlukan riset pasar dalam bentuk crowdfunding atau pengujian produk untuk bisa menentukan kelayakan produk di pasaran.

Contoh Perencanaan Usaha

Operasi

Perencanaan operasi juga biasa disebut dengan rencana tahunan yang berfokus pada pemetaan kegiatan operasional sehari – hari dan perlu diselesaikan untuk mencapai tujuan yang praktis. Rencana operasi juga masuk kedalam bagian perencanaan strategis.

Jenis rencama ini dapat merinci tanggung jawab manajemen dan karyasan serta bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk kesuksesan perushaan secara menyeluruh.

Ekspansi

Rencana ekspansi atau rencana pertumbuhan dapat digunakan ketika para pengusaha ingin tumbuh dan melakukan pengembangan membutuhkan sumber daya alam yang lebih besar.

Seperti investasi keuangan, peningkatan jumlah karyawan dan bahan untuk produk yang baru.

What If Plan

Jenis perencanaan ini dapat dibuat ketika usaha yang kamu jalankan sedang mencari biasa.

Memepertimbangkan akuisisi atau ingin mempertimbangkan langkah lain yang berisiko dan memerlukan rencana untuk skenario terburuk.

Jenis perencanaan ini kurang formal dibandingkan dengan jenis perencanaan lainnya yang memiliki fungsi sebagai alternatif dari rencana usaha yang asli.

Seperti contohnya, jika sebuah usaha membutuhkan biaya, mungkin dari mereka akan memiliki rencana pertumbuhan yang sangat rinci untuk dapat ditinjau oleh para investor.

Akan tetapi rencana darurat yang dibuatnya dapat mempertimbangkan situasi paling tidak ideal yang bisa diusahakan oleh usaha yang dijalankan.

Seperti kerugian besar dalam pangsar pasar dan bagaimana para pengusaha bereaksi secara proaktif dan strategis untuk bisa menghindari krisis.

Apa Itu Perencanaan Usaha

One Page Plan

Rencana ini dapat menyotori bagian – bagian terpenting dari rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

Sseperti meringkas usaja dan digunakan untuk memberitahu kepada calon investor dan beberapa mitra tentang informasi detail perusahaan.

Jenis rencana ini dapat menjellaskan tentang produk atau jasa yang dibuat oleh prusahaan,seperti siapa target pasar dan ramalan penjualan.

Bagian ini juga mencangkup kedalam deskripsi perusahaan yang bisa menyoroti nilai dan misi dari perusahaan, ini dapat disebut sebagai promosi usaha yang sedang kamu jalankan.

FAQ

Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan mengenai jenis perencanaan usaha yang umum digunakan oleh seorang pengusaha, antara lain:

1. Apa Manfaat Perencanaan Usaha?

Perencanaan bisnis akan membantu kamu lebih fokus dan terarah saat menjalankan bisnis.

Hasilnya, tujuan kamu memulai bisnis akan terpenuhi sesuai dengan tenggat waktu. Perusahaan kamu berpotensi untuk berkembang.

2. Bagaimana Proses Penyusunan Rencana?

Menetapkan target atau tujuan, perencanaan dimulai dengan keputusan tentang keinginan atau kebutuhan organisasi atau kelompok kerja.

Tanpa target atau tujuan yang jelas, organisasi akan membuang-buang sumber daya.

3. Apa Fungsi Dari Perencanaan?

Pada dasarnya, fungsi perencanaan adalah untuk membantu berbagai proses pengambilan keputusan yang paling baik dan paling selaras dengan tujuan utama perusahaan.

Pada dasarnya, posisi perencanaan adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan.

Kesimpulan

Jadi perencanaan usaha dapat digunakan untuk para pengusaha yang ingin membuat sebuah usaha baru dan belum memiliki perencanaan yang matang.

Demikian artikel tentang jenis – jenis perencanaan usaha. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.

Jangan lupa untuk kunjungi kembali web kami, karna masih banyak infromasi menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan.