6 Elemen Strategi Pemasaran yang Penting Dalam Bisnis

Makrufi.com – Pentingnya bagi kamu atau bagi sebuah perusahaan mengetahui tentang 6 elemen strategi pemasaran sebelum memasarkan produk atau memulai bisnisnya.

Umumnya, suatu perusahaan, disadari atau tidak, telah menetapkan strategi pemasaran produk. Bagi perusahaan yang sadar, ini adalah berita fantastis. Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak?

Mereka melakukan ini semata-mata untuk memenuhi tanggung jawab mereka. Namun, tanpa benar-benar mengetahui apa itu strategi pemasaran produk, tujuan apa yang harus dicapai, bagaimana menilai kinerjanya, dan sebagainya.

Hal ini dikarenakan mereka tidak mengetahui unsur-unsur dari strategi pemasaran. Kamu tentu tidak ingin hal seperti ini terjadi bukan? Oleh karena itu, simak penejelasan kami dibawah ini tentang 6 elemen strategi pemasaran.

6 Elemen Strategi Pemasaran

Sebelum kamu menerapkan strategi pemasaran produk, pahami dulu 6 elemen strategi pemasaran yang paling utama ini.

6 Elemen Strategi Pemasaran

1. Produk

Produk itu sendiri harus menjadi pertimbangan pertama ketika membahas unsur-unsur strategi pemasaran produk.

Jelas, kamu harus memiliki produk yang hebat dan mampu bersaing di pasar. Pada kenyataannya, sebelum memulai tahap penetapan strategi pemasaran produk, kamu harus memastikan bahwa produk dibuat dengan mempertimbangkan pelanggan sasaran dan memenuhi permintaan mereka.

Perlu kamu ketahui bahwa salah satu alasan seseorang membeli suatu produk adalah karena produk tersebut dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Jadi pastikan bahwa produk kamu dibuat untuk itu.

2. Konsumen

Pelanggan atau calon pelanggan harus menjadi prioritas sebanyak produk kamu. Pahami sebanyak mungkin tentang pelanggan kamu, termasuk demografi, psikografis, dan detail lainnya yang akan membuat kamu lebih mengenal mereka.

Jika kamu ingin memulai dari yang kecil, kamu dapat, misalnya, mengumpulkan data tentang pelanggan kamu:

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Status pernikahan
  • Pendidikan
  • Profesi
  • Hobi

Kamu juga perlu menciptakan buyer persona agar dapat mengenal konsumen lebih baik. Persona pembeli adalah penggambaran fiktif dari klien ideal kamu. Persona pembeli ditetapkan dengan menyelesaikan riset pasar sebelumnya, sehingga hasilnya akan mendekati situasi nyata.

3. Pesan

Pesan adalah tentang apa yang kamu kirimkan dan bagaimana kamu berinteraksi dengan konsumen. Pesan dapat mengambil berbagai bentuk, termasuk materi online, artikel, email, promosi media sosial, dan banyak lagi. Semua itu berusaha untuk terlibat dengan konsumen, sehingga tercipta hubungan yang baik antara kamu dan konsumen.

Konsumen lebih cenderung memiliki kepercayaan pada suatu merek ketika mereka memiliki hubungan pribadi dengannya. Koneksi yang baik tidak hanya meningkatkan kepercayaan konsumen, tetapi juga dapat meningkatkan loyalitas klien, menghasilkan transaksi berulang dan pembelian produk yang baru diumumkan. Oleh karena itu, pesan menjadi bagian strategi pemasaran yang penting untuk diketahui.