15 Rekomendasi Lomba Hari Kemerdekaan Seru Untuk Semua Kalangan

Makrufi.com – Banyak yang dapat kamu lakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan, salah satu nya dengan perlombaan. Berikut rekomendasi lomba hari kemerdekaan republik Indonesia yang dapat kamu coba sebagai salah satu bentuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Hari kemerdekaan Indonesia atau HUT RI ke 77 jatuh pada 17 Agustus 2022, dimana pada hari itu banyak kalangan yang ingin memeriahkan sebagai rasa cinta tanah air, baik dari kalangan anak-anak, remaja, atau bahkan orang dewasa.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk memeriahkan 17 Agustus, seperti upacara bendera, membuat twibbon, atau bahkan menyelenggaran perlombaan di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah.

Rekomendasi Lomba Hari Kemerdekaan

Bukan hanya menjadi hiburan, tanpa disadari berbagai perlombaan 17 Agustus dapat memberikan pembelajaran sikap dan perilaku yang positif bagi kalangan anak-anak.

Rekomendasi Lomba Hari Kemerdekaan

Di bawah ini kami telah memberikan rekomendasi lomba hari kemerdekaan yang dapat kamu gunakan untuk memperingati HUT RI ke 77, yaitu:

1. Memasukan Pensil ke Botol

Pertama terdapat lomba memasukan pensil kedalam botol yang sangat disukai oleh masyarakat.

Perlombaan ini dilakukan oleh setiap anak atau peserta lomba yang pinggang nya di ikat dengan tali yang bawah nya terdapat sebuah pensil.

Para peserta lomba harus memasukan sebuah pensil tersebut ke dalam botol dan di larang untuk memegang tali atau pensil, selain itu juga peserta harus memasukkan dengan membelakangi botol yang ingin di masukkan.

2. Makan Kerupuk

Perlombaan kedua yang sudah tidak jarang untuk di lakukan saat hari kemerdekaan ialah makan kerupuk. Meskipun sangat sederhana tetapi banyak sekali yang menyukai perlombaan ini.

Setiap peserta lomba harus makan kerupuk yang diikat pada sebuah tali, selain itu juga peserta di larang untuk makan menggunakan tangan.

Agar lebih seru, biasanya panitia lomba akan menggoyangkan tali yang mengikat kerupuk hingga peserta harus berusaha menggapai kerupuk dengan mulut.

3. Estafet Tepung

Estafet tepung ini dapat di lakukan secara berkelompok, dalam satu tim peserta yang mengikuti adalah sebanyak 5 sampai 7 tim, semua anggota kelompok duduk berbaris kebelakang.

Memasukan Pensil ke Botol

Setelah itu, peserta yang paling depan akan menuangkan tepung ke piring yang di pegang oleh peserta yang ada di belakangnya.

Serunya lagi, peserta harus menuangkan tepung dengan membelakangi peserta teman yang ada di belakangnya.

Jadi, muka peserta sudah pasti akan terguyur oleh tepung yang tertumpah dari piring. Untuk melihat pemenang dari perlombaan ini ialah melihat tim yang berhasil menuangkan tepung lebih banyak.

4. Balap Karung

Lomba balap karung ini adalah lomba yang paling sering ditemui pada saat perayaan 17 agustus.

Setiap peserta perlombaan harus menggunakan karung untuk berlari dari garis star hingga garis finish.

Yang membuat lomba ini semakin seru yaitu ketika panitia memberikan aksesoris seperti helm untuk para peserta.

5. Panjat Pinang

Perlombaan ini sangat identik dilakukan pada saat 17 Agustus. Dalam lomba ini, para peserta harus berusaha memanjat batang pohon pinang yang telah di beri oli oleh panitia untuk mencapai ke puncak.

Sebab pada puncak batang pohon pinang tersebut, telah tersedia berbagai hadiah yang sangat menarik, seperti kipas angin, televisi, PS, sepeda, dan lain sebagainya.

Makan Kerupuk

Setiap peserta paa permainan ini harus saling membantu agar salah satu anggota bisa berhasil mencapai sampai puncak dari pohon pinang.

6. Bakiak

Apakah kamu pernah mendengar perlombaan bakiak dalam 17 Agustus? Bakiak adalah permainan tradisional yang ada di Indonesia yang terbuat dari kayu bertali karet.

Sepasang bakian minimal memiliki tiga pasang sendal yang dapat di gunakan untuk tiga orang. Setiap kelompok berjalan menggunakan bakiak tersebut pada lintasan yang sudah di tentukan.

Pemenang dari perlombaan ini dapat dilihat dari siapa yang paling pertama menginjak garis finis, karena di butuhkannya ketangkasan, kekompakan, dan strategi agar anggota kelompoj dapat melangkah bersama dengan menggunakan bakiak tanpa terjatuh.

7. Tarik Tambang

Mungkin di antara kamu sudah tidak jarang mendengar perlombaan tarik tambang, meski cara bermainnya hanya di tarik saja tetapi perlombaan ini sangat seru lhoo.

Peserta terdiri dari dua tim yang beranggotakan lima hingga 10 orang, kemudian kedua tim saling berhadapan untuk menarik tambah tersebut.

Untuk menentukan pemenang dari perlombaan ini adalah dengan melihat tim yang terjatuuh atau sudah terlewat dari garis batas tarikan.

Perlombaan ini tidak hanya membutuhkan kekuataan fisik saja, tetapi juga memerlukan kerja sama dan kekompakkan.

8. Gigit Uang Koin

Rekomendasi lomba hari kemerdekaan selanjutnya adalah menggigit uang koin, para seperta harus mengambil uang koin yang di tancapkan di setengah bagian dalam buah, seperti semangka, melon, ataupun jeruk bali dengan menggunakan mulut.

Estafet Tepung

Menariknya, buah yang di lancap oleh koin tersebut sudah di siram dengan oli ataupun coklat.

Pemenang dari lomba koin ini adalah dengan melihat siapa yang paling banyak mengumpulkan uang koin.

9. Mencari Koin Di Tepung

Perlombaan ini hampir sama dengan gigit uang koin, tetapi bedanya uang koin ini akan di letakkan dalam tumpukkan tepung di sebuah tempat yang datar.

Aturan mainnya juga sama, peserta harus mencari koin dalam tepung dengan menggunakan mulut. Peserta perlu hati-hati agar tepung tidak masuk ke mata dan juga hidung.

10. Balap Kelereng

Perlombaan ini cukup sederhana untuk di lakukan, peserta hanya perlu membawa kelereng dari garis start dan berjalan menuju garis finish dengan sendok yang di letakkan di mulut yang sudah ada kelerengnya.

Walaupun perlombaan ini cukup sederhana, tetapi cukup menantang peserta dengan tidak boleh menjatuhkan kelereng.

11. Memukul air

Lomba memukul air pada 17 Agustus cukup sering di lakukan, dalam lomba ini peserta harus memukul plastik air yang telah di gantung dengan menggunakan bambu dan dengan mata tertutup.

Setiap peserta akan diberikan tongkat pemukul berupa kayu, atau sebatang daun pisang untuk memukul plastik berisikan air.

Pemenang dari perlombaan ini ialah peserta yang pertama kali berhasil memecahkan air dari plastik.

12. Memasukan Benang ke Dalam Jarum

Mungkin perlombaan ini sangat jarang di adakan pada perlombaan 17 agustus, tetapi permainan ini sangat seru lhoo.

Balap Karung

Cara bermainnya sangat sederhana, setiap peserta lomba harus memasukkan benang ke dalam lubang jarum.

Untuk melihat pemenagnya, tentu adalah peserta yang pertama kali berhasil memasukkan benang ke dalam jarum.

13. Estafet Air

Aturan dari perlombaan ini hampir sama seperti estafet tepung, yaitu di lakukan secara berkelompok. Dan masing-masing kelompok berjumlah lima hingga tujuh peserta.

Semua anggota kelompok duduk berbaris kebelakang, lalu peserta paling depan akan menuangkan air ke baskom yang telah di pegang oleh peserta di belakangnya.

Menarinya, peserta lomba akan menuangkan air dengan membelakangi teman yang ada di belakangnya. Jadi sudah pasti peserta lomba akan kebasahan dari ketumpahan air yang di berikan oleh teman di depannya.

Untuk menentukan pemenangnya sama seperti estafet tepung yaitu yang mengumpulkan air paling banyak di baskom terakhir adalah pemenangnya.

14. Tebak Kata

Jenis perlombaan ini sangat seru dan mudah untuk kamu mainnkan, yang terdiri dari 2 orang.

Kamu hanya perlu memasangkan headset yang terhubung musik dengan volume yang keras kepada peserta.

Dan satu peserta lainnya cukup menyebutkan kata yang di siapkan oleh panitia, setelah itu peserta yang menggunakan headset perlu menebak kata yang di sebutkan hingga benar.

Perlombaan ini dapat di tentukan pemenangnya dengan menghitung jumlah kata yang berhasil di tebak, jumlah kata yang banyak maka itulah pemenangnya.

15. Lomba Makan Biskuit

Rekomendasi lomba hari kemerdekaan yang terakhir adalah memakan biskuit. Perlombaan ini tidak kalah seru dari sebelumnya, namun permainan ini bisa dibilang sangat menantang lhoo.

Cara main perlombaan ini adalah dengan biskuit yang di taruh di atas dahi, dan para peserta harus menggerakkan otot bagian wajah nya agar biskuit dapat turun ke mulut.

Tangan para peserta pun harus berasa di belakang badan, yang bertujuan agar para peserta tidak melakukan kecurangan.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang rekomendasi lomba hari kemerdekaan, sebagai berikut:

Apa Saja Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak?

Terdapat banyak sekali lomba 17 agustus untuk anak-anak yang sangat seru, antara lain:

  1. Lomba menangkap ikan
  2. Lomba ambil bendera
  3. Lomba menebak warna

Dan masih banyak lagi, untuk lebih jelasnya kamu dapat lihat artikel yang kami sediakan di atas.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan 15 jenis perlombaan yang dapat kamu gunakan untuk memeriahkan HUT RI ke 77 kamu.

Demikian artikel tentang 15 rekomendasi lomba hari kemerdekaan seru bagi semua kalangan, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Makrufi.com Lainnya di Google News