Apa Itu Iklan Layanan Masyarakat, Fungsi dan Contohnya

Makrufi.com – Apakah kamu sudah mengetahui apa itu iklan layanan masyarakat yang biasa ditampilkan di berbagai media besar? Jika kamu belum mengetahuinya, simak artikel dibawah ini hingga selesai untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Iklan Layanan Masyarakat merupakan suatu iklan yang memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu informasi secara langsung kepada para masyarakat yang bersifat non komersial.

Karena iklan layanan masyarakat bersifat non komersial, maka pemerintah mendukung 100% dengan adanya iklan layanan masyarakat yang ditampilkan.

Iklan layanan masyarakat dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai macam informasi.

Seperti mengajar dan mendidik para masyarakat yang memiliki tujuan akhir untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dan keuntungan sosial.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat Menurut Para Ahli

Apa Itu Iklan Layanan Masyarakat?

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang berisi pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan banyaknya masalah yang mereka hadapi.

Seperti kondisi-kondisi yang dapat mengancam keharmonisan dan juga kehidupan masyarakat.

Iklan layanan masyarakat juga dapat diartikan sebagai iklan yang berisi pesan-pesan untuk meningkatkan dan mengajak masyarakat.

Untuk ikut serta dan berpartisipasi dalam mensukseskan program-program pemerintah demi kepentingan bersama.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat Menurut Para Ahli

Dibawah ini terdapat beberapa definsi iklan layanan masyarakat menurut para ahli yang mengemukakan, antara lain:

Susamto (1976: 203)

Susamto mendefinisikan Iklan Layanan Masyarakat sebagai media informasi yang berisi layanan masyarakat, penyampaian informasi yang tidak mengandalkan pembelian ruang dan waktu.

Semua iklan layanan masyarakat yang diiklankan dapat dilakukan tanpa motif bisnis.

Liliweri (1992: 32)

Menurut Liliweri, Iklan Layanan Masyarakat adalah semacam iklan yang bersifat nirlaba, artinya tidak mencari keuntungan setelah diberikan kepada masyarakat umum.

Kasali (1992: 121)

Menurut Kasali, Iklan Layanan Masyarakat adalah permintaan penyiaran yang dilakukan secara langsung oleh Lembaga Swadaya Masyarakat dan pemerintah sebagai wujud solidaritas terhadap kepedulian masyarakat.

Dwihantoro (2010)

Menurut Dwihantoro, iklan layanan masyarakat adalah siaran iklan non-komersial yang disampaikan melalui media cetak atau elektronik.

Dengan tujuan memperkenalkan, memasyarakatkan, dan mempromosikan suatu gagasan, cita-cita, dan pesan kepada masyarakat yang mempengaruhi khalayak untuk berperilaku sesuai dengan pesan iklan yang disampaikan.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Pujianto (2013: 8)

Makna Iklan Layanan Masyarakat adalah iklan yang dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi, menginstruksikan, dan mendidik khalayak.

Dengan tujuan akhir adalah keuntungan sosial daripada keuntungan ekonomi.

Ciri – Ciri Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang dibuat dengan maksud mempengaruhi simpati masyarakat dalam rangka memberikan dukungan terhadap suatu keadaan yang dipasarkan.

Aspek yang paling mencolok dari iklan layanan masyarakat adalah bahwa iklan tersebut memberikan informasi berupa keprihatinan masyarakat.

Seperti bahaya dan dampak kesehatan dari merokok dan bahaya penggunaan narkoba.

Namun terdapat beberapa karakteristik yang umum digunakan didalam iklan layanan masyarakat, antara lain:

  1. Berupa gambar dan kata-kata iklan yang pendek bisa berupa slogan
  2. Iklan ditujukan pada orang-orang dari semua masyarakat
  3. Iklan bersifat non-komersial (bukan untuk mencari keuntungan)
  4. Tidak bersifat keagamaan
  5. Memiliki sudut pandang nasional
  6. Dirancang untuk semua masyarakat
  7. Iklan dipasok oleh perusahaan terkemuka seperti BNN (Badan Narkotika Nasional)

Ciri Ciri Iklan Layanan Masyarakat

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari iklan layanan masyarakat, antara lain:

Penyalur Informasi

Iklan sebagai media informasi memiliki tugas menyampaikan jenis data yang jelas, bukan hoax.

Sehingga nantinya akan meredam dan tidak memicu kerusuhan atau perselisihan.

Dengan tugas tersebut, iklan layanan masyarakat juga dapat menyalurkan informasi dari pemerintah untuk menyampaikan kegiatan yang dilakukan dalam bentuk sosial.

Dengan tujuan agar kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah tidak transparan.

Pengingat

Dengan tugas iklan, bahwa iklan digunakan untuk menyampaikan informasi atau program yang akan ditunjukan kepada masyarakat.

Dengan adanya iklan sebagai pengingat, hal ini sangat berguna dalam berbagai hal, terutama untuk pengingat masyarakat luas.

Membujuk

Selain sebagai pengingat, iklan layanan masyarakat juga bertujuan untuk membujuk masyarakat agar lebih aktif terhadap jenis-jenis program yang dikeluarkan pemerintah kepada masyarakat.

Misalnya, program pemerintah yang menjadi iklan layanan masyarakat antara lain BPJS, KTP elektronik, pajak, dll.

Adding Value

Iklan juga memiliki tugas untuk memberikan nilai tambah pada suatu acara atau program ketika program tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana dan ide dari masyarakat luas.

Dengan memberikan nilai tambah, pemerintah dapat melakukan penilaian lain untuk program tertentu melalui persepsi masyarakat.

Apa Itu Iklan Layanan Masyarakat

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari iklan layanan masyarakat yang umum ditayangankan di berbagai tempat, antara lain:

1. Tentang Covid 19

Iklan layanan masyarakat covid 19 ini merupakan jenis iklan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dengan tema pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran virus covid 19 di Indonesia.

Selalu mencuci tangan dan menjaga jarak aman agar tetap terjaga dan terhindar dari virus covid 19.

2. Tentang Narkoba

Iklan narkoba merupakan jenis layanan iklan yang dikeluarkan oleh komite nasional pengendalian tembakau (KOMNAS PT).

Iklan yang disajikan bertujuan untuk menginformasikan kepada pembaca tentang bahaya merokok yang sama mematikannya dengan narkoba.

3. Cuci Tangan Pakai Sabun

Iklan cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu jenis iklan layanan masyarakat di bidang kesehatan lingkungan.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar bagaimana cara mencuci tangan dengan sabun dan air dan bagaimana melakukannya dengan benar:

  1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir
  2. Gosokkan sabun ke telapak tangan, punggung, jari-jari dan sela-sela jari
  3. Bersihkan di bawah kuku dan gosok di antara jari-jari
  4. Bilas tangan menggunakan air bersih yang mengalir
  5. Kemudian keringkan tangan kamu dengan handuk atau tisu

4. Memakai Masker

Mengingat wabah covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia, tidak sedikit pengumuman layanan publik yang menghimbau kamu untuk mengenakan masker saat keluar rumah atau bepergian jauh.

5. Menyikat Gigi

Dengan adanya iklan gosok gigi, merupakan upaya untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya menggosok gigi dan menjaga kebersihan anggota tubuh yang harus ditanamkan sejak dini.

FAQ

Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan seputar iklan layanan masyarakay yang biasa ditampilkan di beberapa media, antara lain:

1. Siapa Saja Iklan Layanan Masyarakat diperuntukkan?

Ditujukan untuk orang-orang di semua lapisan masyarakat. Disampaikan oleh organisasi-organisasi yang terkenal dan dihormati.

Dimungkinkan untuk diiklankan. Memiliki dampak dan signifikansi yang signifikan yang patut mendapat perhatian media lokal dan nasional.

2. Apa Saja Contoh Iklan Penawaran?

Iklan sepatu, dompet, sandal, garmen, dan lain-lain adalah contoh iklan produk. tas, sepatu, handphone, dan aksesoris lainnya.

Jasa yang diiklankan antara lain pengobatan alternatif, jasa pengiriman barang, jasa pengetikan, jasa pembersihan motor, jasa fotografi, dan lain-lain.

3. Apa yang dimaksud Iklan Layanan Masyarakat dalam Bahasa Sunda?

Iklan layanan masyarakat adalah sebuah literatur berupa himbauan kepada masyarakat umum.

Untuk melakukan sesuatu yang akan menguntungkan mereka atau masyarakat umum yang membaca iklan tersebut.

Kesimpulan

Jadi Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang berisikan pesan untuk meningkatkan dan mengajak masyarakat agar bisa berpartisipasi juga ikut serta menyukseskan program pemertintah demi kepentingan bersama.

Demikian artikel tentang iklan layanan masyarakat. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Makrufi.com Lainnya di Google News