Pengertian Strategi Pemasaran Produk, Fungsi dan Contohnya

Makrufi.com – Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai pengertian strategi pemasaran produk yang biasa digunakan para penjual dan juga para pengusaha untuk memasarkan produk yang akan dijual si pasaran, simak penjelasan dibawah ini.

Dalam menjual sebuah usaha baik barang ataupun jasa, salah satu hal penting yang harus kamu pikirkan secara matang adalah strategi pemasaran yang nantinya akan kamu terapkan.

Pasalnya setiap produk yang diperjual – belikan, baik barang maupun jasa yang memiliki kualitas tinggi.

Akan menjadi sia-sia apabila tidak adanya strategi pemasaran yang baik dan benar.

Oleh karna itu, penting bagi kamu para pembisnis dan juga para pengusaha untuk bisa mempelajari dan memahami strategi pemasaran yang baik dan benar.

Strategi Pemasaran Produk

Pengertian Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran produk adalah suatu kegiatan untuk memperkenalkan dan juga memasarkan suatu produk baik itu barang atau jasa yang akan dipasarkan kepada masyarakat luas.

Dan menjadi target pasar untuk mencapai jumlah penjualan yang telah ditargetkan sebelumnya.

Konsep Strategi Pemasaran Produk

Dibawah ini terdapat beberapa strategi untuk melakukan pemasaran produk yang biasanya umum digunakan oleh para penjual produk di pasaran, antara lain:

Kenali Konsumen

Dalam istilah ini, kamu bisa mengenali konsumen, karena konsumen adalah raja dan sudah menjadi fakta sejak lama.

Dengan itu, kamu harus memasukkan konsep strategi ke dalam sistem pemasaran kamu.

Oleh karena itu, kamu harus bisa mengenali konsumen terlebih dahulu, sehingga kamu bisa mengetahui apa yang mereka inginkan.

Lokasi Strategis

Kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih lokasi yang menurut kamu tepat dan juga strategis. Ini merupakan bagian penting dalam membuat strategi pemasaran.

Menggunakan Internet Marketing

Internet marketing adalah salah satu strategi untuk memasarkan barang dagang dengan cepat dan menguntungkan, dibandingkan dengan menjual langsung ke pasar.

Dengan sistem internet marketing, kamu bisa menampilkan produk dan jasa melalui situs media sosial untuk berbisnis secara online.

Dan dengan begitu, kamu akan dapat mengetahui apa selera konsumen dan apa yang mereka inginkan.

Tidak hanya melalui media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan website, blog pribadi dan lainnya untuk menampilkan produk kamu dalam tampilan yang menarik perhatian pembeli.

Selain itu, di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan konsumen dengan nyaman tanpa ada batasan waktu.

Pengertian Strategi Pemasaran Produk

Melakukan Pemasaran Promosi

Akan sangat membantu jika kamu melakukan strategi promosi untuk memberitahu dan menawarkan produk atau jasa kepada pembeli dan memperkenalkan produk yang kamu jual.

Serta, kamu dapat memperkenalkan produk, kamu menjual kepada masyarakat, dan kamu dapat berpartisipasi dalam acara, dan pameran yang oleh bisnis yang kamu jalankan.

Agar pembeli tidak bosan, kamu dapat melakukan promosi secara rutin dengan menggunakan cara-cara yang dapat menarik perhatian pembeli.

Misalnya, kamu dapat memasang iklan, brosur, pamflet atau leaflet dan lain-lain yang berisi informasi menarik tentang produk yang kamu pasarkan.

Adanyan Hubungan Baik dengan Konsumen

Di era digital ini, bukan hanya konsumen saja yang dapat berhubungan dengan penjual, tetapi konsumen dengan konsumen juga dapat saling berhubungan dengan baik.

Memberikan Testimoni Pelanggan

Produk akan dipercaya dan dapat dipandang baik ketika seseorang merekomendasikannya.

Agar produk kamu bisa mendapatkan rekomendasi, kamu bisa memberikan testimoni kepada pembeli atau penjual yang telah menggunakan produk tersebut.

Kamu bisa memberikan penghargaan yang menarik kepada konsumen yang telah memberikan testimoni, bisa berupa insentif atau juga dengan produk yang diberi diskon tertentu.

Fungsi Strategi Pemasaran

Dibawah ini terdapat beberapa tugas strategi pemasaran produk yang digunakan untuk memasarkan produk, antara lain:

Fungsi Strategi Pemasaran

Meningkatkan Inovasi Pengembangan

Dengan adanya strategi, penjual dapat mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen.

Secara tidak langsung, hal ini dapat memicu inovasi baru untuk mengembangkan pelaku bisnis. Misalnya, dapat menciptakan produk terbaru sesuai tren.

Koordinasi Antar Tim Lebih Efektif

Strategi pemasaran dapat membuat tim lebih fokus dan efektif. Hal itu dikarenakan strategi ini dapat membantu semua pengaturan tugas bagi para pekerja yang bekerja di perusahaan.

Sehingga mereka dapat bekerja sama untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Mengawasi Kegiatan Pemasaran Produk

Untuk menentukan strategi yang akan diterapkan, setiap penjual dapat dituntut untuk mengawasi proses kegiatan pemasaran, termasuk keefektifannya.

Sehingga secara tidak langsung, strategi pemasaran berfungsi untuk mengontrol kegiatan pemasaran yang sedang dilakukan.

Contoh Strategi Pemasaran

Dibawah ini terdapat contoh untuk kamu melakukan strategi pemasaran produk, antara lain:

Contoh Strategi Pemasaran

Menggunakan Media Sosial

Di era digital, pemasaran produk bisa dilakukan melalui media sosial, karena media sosial memang sangat digandrungi oleh para pemilik usaha.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa keberadaan media sosial dapat menjadi salah satu media promosi bisnis yang terbukti efektif dan juga dapat meningkatkan penjualan.

Contoh beberapa media sosial yang bisa kamu jadikan pemasaran produk:

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. TikTok
  4. WhatsApp

Untuk melakukan pemasaran d media sosial, hal yang harus kamu lakukan dalah dengan mengidentifikasitarget pembeli.

Kemudian kamu bisa membuat konten menarik yang bisa menarik perhatian pembeli. Seperti membuat vidio, poster dan lain sebagainya.

FAQ

Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan seputar strategi pemasaran produk yang digunakan para penjual, antara lain:

1. Kapan Faktor Pemasaran Produk dikatakan Berhasil?

Faktor pemasaran dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin luas dan masa produksi dapat bertahan dalam jangka waktu lama.

2. Apa Kepanjangan Dari 4P Dalam Fungsi Nilai?

Kepanngan dari 4P yang biasa digunakan strategi pemasaran adalah product (produk), price (harga), promotion (promosi), dan place (tempat).

3. Mengapa Strategi Produk Itu Penting?

Strategi produk yang kompeten akan membantu organisasi dalam membuat keputusan yang tepat tentang penetapan harga, fitur produk/layanan, upaya pemasaran, dan sebagainya.

Strategi ini juga membantu menyinkronkan tujuan bersama perusahaan dan membuat semua orang fokus pada pekerjaan yang paling penting.

4. Faktor – Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran?

Di dalam strategi pemasaran terdapat beberapa faktor yang bisa memperngaruhinya, antara lain:

  1. Adanya daur hidup produk
  2. Posisi persaingan di pasar
  3. Situasi ekonomi

5. Bagaimana Cara Menganalisis Pemasaran Produk?

Dibawah ini terdapat cara untuk menganalisis pemasaran produk didalam pasar yang umum digunakan oleh para penjual dipasaran, antara lain:

  1. Pertama tentukan pasar yang relevan
  2. Analisis permintaan primer untuk pasar yang relevan
  3. Analisis permintaan selektif di pasar relevan
  4. Tetapkan Segmentasi pasar
  5. Menilai Persaingan pasar
  6. Mengidentifikasi pasar sasaran

Kesimpulan

Jadi Strategi pemasaran produk yaitu jenis kegiatan untuk mengenalkan dan juga memasarkan suatu produk, baik itu barang maupun jasa.

Yang nantinya akan dipasarkan kepada masyarakat luas dan memiliki fungsi untuk meningkatkan inovasi pengembangan produk.

Demikian artikel tentang pengertian strategi pemasaran produk. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.