Apa Itu Kabel UTP, Fungsi Serta Jenisnya

Makrufi.com – Mungkin di antara kamu masih asing dengan kabel UTP, sebenernya apa itu kabel UTP? Mungkin bagi kamu yang bergerak di dunia jaringan komputer, pasti kamu sudah tidak asing untuk mengenal apa itu kabel UTP.

Pada umumnya, kabel UTP ini biasanya di gunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya, dengan melalui perangkat jaringan.

Kabel UTP ini biasanya di gunakan untuk memutuskan kecepatan akses internet komputer.

Mengenal Apa itu Kabel UTP

Maka dari itu kami akan membahas secara ringkas dan detail mengenai pengertian apa itu kabel UTP, fungsi, jenis dan lain sebagainya tentang kabel UTP.

Mengenal Apa itu Kabel UTP

Sebelum membahas tentang kabel UTP secara lebih detail, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu dari pengetian apa itu kabel UTP.

Kabel UTP pertama kali di perkenalkan di negara Amera Serikat sekitar pada tahun 1983, yang saat itu kabel UTP di gunakan untuk menghubungkan telepon analog plaind old telephone service atau biasa di sebut dengan POTS.

Pada tahun 1990, jaringan di Amerika Serikat mengalami perkembangan pesat, maka dari itu kabel UTP juuga mengalami perkembangan, terima untuk kepentingan komunikasi dan transfer data diigital.

Lalu apa itu kabel UTP? Mengapa kabel UTP memiliki peranan yang sangat penting dalam menghubungkan antara komputer dengan jaringan?

Di bawah ini kamu telah memberikan definisi dari kabel UTP yang bisa kamu pahami secara perlahan, sebagai berikut:

Ditinjau Dari Segi Bahasa

Mulai dari segi bahasa, UTP adalah kependekan dari Unshielded Twisted Pair. Kata itu di ambil dari kebalikan Shielded Twisted Pair atau STP.

Jika jenis kabel “shielded” adalah jenis kabel yang telah di amankan oleh alumunium, maka kata “unshielded” pada kabel UTP menyatakan pada bentuk isi kabel yang saling berlilitan di setiap pasangnya.

Ditinjau Dari Segi Istilah

Menurut istilah kabel UTP adalah jenis kabel yang tidak memiliki lapisan luar, dimana setiap bagian saling berlilitan.

Jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantaran tembaga yang di amankan oleh bahan penghantar tembaga yang dilindungi oleh bahas isolasi dari api dan juga kerusakan fisik.

Jenis kabel ini memiliki 4 pasang inti kabel dan semuanya sudah pasti berlilitan dan mempunyai kode warnya yang beda-beda.

Menurut Wikipedia

Sedangkan menurut Wikipedia, kabel Unshielded Twisted Pair atau UTP merupakan jenis kabel jaringan yang terbuat dari bahan dasar tembaga.

Jenis kabel ini tidak di lengkapi dengan shield internal dan biasanya jenis kabel ini di gunakan untuk jaringan lokal (LAN).

Fungsi Dari Kabel UTP

Umumnya kabel UTP di gunakan untuk mengabungkan komputer alam jaringan LAN atau menghubungkan host dengan jaringan lokal. Secara rinci berikut fungsi dari kabel UTP:

Menghubungkan Komputer dengan Komputer Lain

Fungsi pertama kabel UTP adalah untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. Caranya adalah dengan menyusun kabel UTP dengan susunan Cross Over.

Kabel UTP di susun pada sebuah konektor dengan susunan warna yang berbeda sesuai dengan standar warna yang berlaku.

  1. Pada ujung kabel UTP di gunakan untuk menghubungkan komputer pertama, dan di susun mengikuti alur susunan seperti putih-hijau, hijau, putih-jingga, biru. Dan setelah itu di lanjutkan dengan putih-biru, jingga, putih-coklat, coklat
  2. Pada ujung kabel yang kedua, di susun dengan susunan seperti putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru. Kemudian akan di lanjutkan dengan warna putih-biru, hijau, putih-coklat, coklat.

Jika kamu sudah memperhatikannya secara rinci, mungkin kamu sadar bahwa susunan kabel putih-hijau hanya bertukar dengan putih-jingga.

Sedangkan warna kabel hijau bertukar dengan jingga, sementara untuk posisi kabel warna putih-biru, biru, coklat dan putih-coklat tetap sama saja.

Menghubungkan Komputer Dengan Hub atau Switch

Untuk menyambungkan router dengan hub atau switch menggunakan kabel UTP dengan susunana straight throught (urutan wakna antara kabel yang pertama dengan kabel yang pertama sama).

Kabel UTP Digunakan untuk Membuat USB Extender

USB extender adalah kabel yang di gunakan untuk memperpanjang jarak antara kabel USB connector dengan USB prt.

Fungsi Dari Kabel UTP

Sebab harga kabel USB extender yang mahal, maka di saarankan untuk menggantinya dengan menggunakan kabel UTP.

Untuk Membuat Extender Kabel Printer

Cara membuatnya sama dengan cara pembuatan kabel USB extender, kamu hanya cukup menyesuaikan dengan jack yang sesuai dengan printer.

Fungsi Warna Kabel UTP

Berikut kami telah rangkum daftar fungsi pada warna di kabel UTP, yaitu:

  1. Biru, memiliki fungsi sebagai penghantar paket suara
  2. Coklat, fungsinya untuk penghantar tegangan DC
  3. Hijau, untuk penghantar paket data
  4. Jingga, untuk penghantar paket data
  5. Putih-Biru, untuk menghantar paket suara
  6. Putih-Coklat, sebagai penghantar tegangan DC
  7. Putih-Hijau, berfungsi sebagai penghantar paket data
  8. Putih-Jingga, memiliki fungsi untuk penghantar paket data

Jenis Kabel UTP

Di bawah ini kami akan membahas tentang jenis kabel UTP, kamu dapat mendapatkan informasi lengkapnya di bawah ini:

Kabel UTP Straight Throught

Pertama, jenis kabel ini hanya mempunyai aturan penyusunan, dimana antara ujung konektor yang satu dengan ujung konektor yang lainnya memiliki aturan yang sama.

Jadi, jika semisalnya kabel konektor pertama di susub dengan aturan putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru.

Maka kamu juga harus melanjutkannya dengan putih-biru, hijau, putih-cokelat dan cokelat. Jadi ujung konektor yang kedua juga mengituri aturan yang sama, yaitu putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru.

Lalu setelah itu lanjut dengan putih-biru, hijau, putih-cokelat dan cokelat.

Jenis kabel UTP tipe ini seperti yang kami sebutkan di atas, umumnya hanya di pakai untuk dua perangkat yang berbeda, semisalnya komputer ke switch dan komputer ke hub atau antara router dengan switch atau hub.

Kabel Cross Over

Jenis yang kedua di susun secara crossover, yang memiliki aturan penyusunan tiap ujung konektor di susun secara berbeda.

Urutan penyusunan nya pada konektor pertama ialah, putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru. Namun setelah di lanjut dengan putih-biru, hijau, putih cokelat dan cokelat.

Sedangkan konektor kedua memiliki susunan seperti putih-hijau, hijau, putih-jingga, biru, setelah di lanjut dengan putih-biru, jingga, putih-cokelat, dan cokelat.

Kabel Roll Over

Jenis yang terakhir adalah roll over, jenis ini kabel akan di susun dengan urutan terbalik antara konektor pertama dengan konektor kedua.

Umumnya jenis susunan kabel UTP ini di gunakan untuk menyambungkan 2 perangkat yang berbeda biasanya memiliki konsol, misalnya antara switch dengan printer atau antara switch dengan proyektor.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel UTP

Berikut daftar kelebihan dan kekurangan yang ada pada kabel UTP, antara lain:

Fungsi Warna Kabel UTP

Kelebihan Kabel UTP

Berikut kami bahas tentang kelebihan dari kabel UTP, yaitu:

  1. Kabel UTP memiliki harga yang terjangkau
  2. Kabel ini memiliki diameter yang lebih kecil di bandingkan dengan kabel STP
  3. Kabel UPT lebih fleksibel di banding dengan kabel STP, karena kabel UTP memiliki pelindung alumunium foil
  4. Proses jaringan dari kabel UTP cukup mudah di banding dengan STP

Kekurangan Kabel UTP

Berikut kekurangan kabel UTP, antara lain:

  1. Rentan untuk terkena gangguan interferensi elektromagnetic dari perangkat lain
  2. Kabel ini lebih gampang terkelupas
  3. Tidak cocok untuk skala besar
  4. Jarak jangkauan kabel UTP cukup terbatas
  5. Penyebaran data cenderung lambat

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang kabel UTP, sebagai berikut:

Berapa Harga Kabel UTP

Harga kabel UTP, mulai dari Rp.50.000 hingga Rp.2juta rupiah

Kesimpulan

Kabel UTP di gunakan untuk menghubungkan telepon analog plaind old telephone service atau biasa di sebut dengan POTS.

Demikian artikel tentang apa itu kabel UTP, fungsi serta jenisnya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.