Pengertian Apa Itu Linux, Jenis, Serta Kelebihannya

Makrufi.com – Jika kamu adalah seorang yang baru terjun kedalam dunia komputer, mungkin kamu masih asing dengan linux. Jika kamu penasaran dengan pengertian apa itu linux, kamu dapat dengan mudah mendapatkannya pada artikel yang kami sediakan di bawah ini.

Linux adalah salah satu perangkat lunak yang kurang populer yang tersedia di komputer. Sebenarnya software linux ini jarang di gunakan, padahal jika kamu menggunakannya banyak sekali kelebihan yang bisa kamu dapatkan.

Di bawah ini kami akan membahas tentang definisi linux, kelebihan beserta dengan kekurangan dari linux.

Pengertian Apa itu Linux

Banyak sekali pengguna komputer yang masih bingung dan berpendapat bahwa linux ini adalah sistem operasi.

Sebenarnya linux adalah kernel, dan bukan sistem operasi. Sebab sistem operasi dapat di tafsirkan menjadi sistem yanng lengkap, mulai dari kernel sampai aplikasi pendukung lainnya.

Pengertian Apa itu Linux

Sebelum kamu mengetahui secara lengkap tentang definisi linux, kamu perlu tahu bahwa linux adalah salah satu OS yang meyankini sistem UNIX yang dapat di gunakan sebagai model pengembangan, dan di revolusi software secara gratis, ataupun lebih di kenal sebagai sebutan open source.

Pada umumnya sama seperti aplikasi open source biasanya, linux juga dapat di kembangkan dan di revolusikan secara gratis, dengan itu menjadi salah satu daya tarik dari OS ini.

Pada dasarnya Linux memiliki beberapa versi yang berbeda, serta dapat memenuhi kebutuhan dari para pengguna yang tentunya dapat berbeda juga.

Mulai dari pengguna pemula hingga pengguna lama yang mencari versi Linux yang sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang ini, semua versi dapat dengan mudah kamu unduh secara gratis dan di install di mana saja sesuai dengan keinginan penggunanya.

Nah pengertian apa itu linux sendiri adalah sebuah operasi yang berbasis UNIX yang telah di umumkan kepada masyarakat secara gratis dan berada di bawah angungan lisensi GNU general public license (GPL).

Hal ini berarti linux sudah di distribusikan dengan source code nya, dan ketersediaan dari akses kode sumber ini makan akan membuat para pengguna untuk memodifikasi sistem operasi yang selanjutnya dapat di pergunakan dan di distribusikan secara bebas.

Perbedaan yang paling utama antara sistem operasi lain dan dengan sistem operasi linux yaitu terletak pada karnel linux dan selain itu pada komponen yang menyusunnya yang dapat di akses secara bebas dan terbuka.

Sebenarnya selain linux terdapat sistem operasi lain yang memiliki persamaan. Namun linux sendiri adalah contoh terbaik dari sistem open source yang sudah banyak di gunakan oleh pengguna.

Dimana hal nya pengembang sistem operasi dari linux telah diselenggarkan dengan cara mendistribusikan nya secara bebas.

Namun banyak hal yang dapat mempermudahkan pengguna, hingga setiap calon pengguna untuk download linux di internet secara gratis dan juga dapat menemukannya melalui forum khusus.

Umumnya forum para pengguna linux akan membentuk sebuah komunitas khusus. Komunitas ini biasanya di gunakan sebagai wadah atau untuk memodifikasi sistem.

Selanjutnya kode sumber yang telah di modifikasi atau di kembangkan kembali akan di bagikan melalui internet dan juga media lainnya.

Siapapun pengguna linux dapat bergabung dalam komunitas ini, sehingga akan selalu ada perkembangan update pada sistem operasi linux.

Sejarah Berdirinya Linux

Setelah kamu mengetahui pengertian apa itu linux, kamu juga dapat mengetahui sejarah dari linux dibawah ini. Pada dasarnya berdirinya linux sebagai sistem operasi linux berbasis open source.

Perlu di ketahui bahwa sistem operasi linux ini di buat oleh linus torvald pada tahun 1991 pada saat beliau kuliah di Universitas Helsinski, Finlandia.

Sebenarnya, Richard Stallman sudah terlebih dahulu mengembangkan project GNU, dimana Stallman menjadi pencipta linux untuk menciptalkan sistem operasi yang benar-benar bebas untuk di kembangkan.

Dari berbagai kode program yang telah di kembangkan, pada tahun 1991. kode linux telah terkumpul hanya kurang 1 taitu karnel.

Sementara di dalam lokasi yang berbeda Linus Torvald sebagai mahasiswa di Universitas Helsinki mulai mengembangkan project pribadinya.

Hal ini yang menjadi pengembang kernel pada sistem operasi yang mirip dengan UNIX atau di sebut dengan UNIX like.

Proses perkembangan ini hanya di lakukan oleh linux yang hanya sebatas kernel.

Pada bulan September 1991, kernel tersebut resmi di luncurkan dengan nama linux.

Dan awal kehadiran dari linux pada dekasi 1990 hingga 2000, linux hanya bisa di gunakan untuk lingkungan aplikasi berskala besar, seperti web server, network server, dan juga database server.

Fungsi Linux

Dapat di akuni bahwa fungsi linux jarang di ketahui oleh banyak orang, dan jarang sekali masyarakat menggunakan sistem operasi linux.

Sejarah Berdirinya Linux

Fungsi linux dalam dunia industri sebenarnya sangat besar, linux adalah OS yang banyak di gunakan dalam pembuatan infrastruktur jaringan internet, keamanan, mesin industri hingga IT.

Maka dari itu, tanpa adanya linux semua tidak bisa mengembangkan perangkat, alat atau apapun itu sesuai dengan perkembangan zaman.

Apa Itu Distro Linux

Dapat di tafsirkan bahwa distro linux adalah sistem operasi yang memakai karnel linux, adapun distri lonux yang bisa di pakai secara bebas.

Tetapi ternyata ada juga distro linux yang bersifat komersial, sehingga untuk memakainya saja kamu wajib membayar lisensi.

Berikut di bawah ini beberapa daftar distro linux, yaitu:

  1. Debian
  2. Ubuntu
  3. LinuxMint
  4. MX linux
  5. Kali linux
  6. ElementaryOS
  7. Zorin
  8. Dan sebagainya

Jenis Sistem Operasi Linux yang Sering di Gunakan

Sistem operasi linux berbeda dengan sistem operasi lain, sebab sistem operasi linux memiliki sifat yang open source atau bebas untuk di kembangkan oleh siapapun.

Sebagian besar para penggunanya berpendapat jika sistem operasi linux ini lebih mudah untuk di gunakan, lebih simplpe, terstruktur dan yang lebih penting dapat bertahan dari adanya virus atau malware.

Di bawah ini terdapat macam linux yang paling sering di gunakan, yaitu:

Debian

Jenis ini menjadi salah satu tipe dari operasi linux yang telah lama ada sejak tahun 1999 dan selalu di kembangkan secara teratur di setiap tahunnya, hingga kini memasuki versi 8.

Sistem operasi linux sebenarnya kurang cocok di gunakan untuk personal, karena fungsi debian lebih di peruntukkan pada penggunaan di sistem admin.

Ubuntu

Jenis sistem operasi linux kedua yaitu ubuntu yang pada dasarnya di kembangkan dari debian.

Perbedaannya, pada sistem operasi ini kamu tidak hanya dapat menggunakan komputer server atau admin saja, melainkan kamu juga dapat menggunakan sebagai komputer pribadi atau personal.

Bahkan, pada versi terbaru ubuntu ini di kondisikan untuk para pengguna perangkat smartphone.

LinuxMint

LinuxMint ini dapat di sebut sebagai cucu dari sistem operasi debian, karena dikembangkan dengan dasar ubuntu.

Sistem operasi yang telah di kembangkan dengan tujuan penggunaaan pribadi maupun personal (PC) dan telah terbagi menjadi dua yaitu Cinnamon dan Mate.

Red Hat

Jenis ini termasuk salah satu linux yang sangat populer, karena dapat di katakan bahwa red hat menjadi salah satu angkatan dengan debian.

Sebab red hat telah lama ada dan telah menjadi dasar perkembangan ragam sistem operasi linux yang lainnya, seperti contoh Fedora dan CentOS.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Linux

Setelah kamu mengetahui pengertian apa itu linux, sejarah dan jenisnya. Berikut kami telah rangkum kelebihan dan kekuranga pada Linux antara lain:

Kelebihan Linux

Berikut kelebihan dari sistem operasi linux:

  1. Linux hanya membutuhkan sedikit sumber daya atau ringan
  2. Sangat nyaman dan terjaga dari serangan virus, malware, serta program jahat yang lain
  3. Sudah banyak aplikasi yang support dengan linux, seperti Browser secara Chrome, Firefox hingga Android Studio.
  4. Linux mempunyai banyak pilihan tampilan GUI yang dapat kamu pakai dan pilih, seperti GNOME, KDE, MATE, serta Xfce
  5. Sangat cocok di gunakan sebagai server karena dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa shut down
  6. Dalam proses instalasi dan booting yang jauh lebih cepat di bandingan Windows
  7. Dan terakhir, open source bebas di kembangkan oleh siapa saja

Kekurangan Linux

Fungsi Linux

Berikut kekurangan dari sistem operasi linux:

  1. Banyak yang tahu kalau linux susah dan cuma dapat di gunakan oleh pakar IT
  2. Jumlah aplikasi ataupun aplikasi pendukung yang lebih sedikit dibandingkan Windows
  3. Sangat tidak di sarankan untuk gamers

Alasan Harus Menggunakan Linux

Setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari linux, berikut alasan mengapa kamu harus menggunakan linux, yaitu:

  1. Karena linux memiliki sistem operasi open source, bukan hanya harga nya yang gratis tetapi kamu juga dapat memiliki hak untuk melakukan modifikasi, penyebaran, mempelajari dan lain sebagainya.Open soure yang di maksud adalah memiliki sumber yang terbuka, jadi siapapun bebas untuk membaca, mempelajari, serta memodifikasi kode sumbernya
  2. Jika kamu adalah seorang programer, kamu dapat terhindar dari virus yang diam-diam memodifikasi source code yang telah kamu tuliskan di program dan jika program eror karena adanya kode aneh yang telah di sisipkan oleh virus
  3. Karena xass sensitive, di gunakan untuk sebuah web dengan framework codeigniter di Windows, semua akan berjalan lancar di localhost
  4. Terakhir, linux dapat mendukung bahasa untuk pemograman, banyak tools gratis yang bisa kamu manfaatkan. Bahasa pemograman yang tersedia seperti CC=++# yaitu menggunakan modo develop, pascal yaitu menggunakan FPC dan Lazarus, serta JavascriptBasic atau VB yang menggunakan gambas

Perbedaan Linux dan Windows

Di bawah ini kami telah merangkum perbedaan apa saja antara linux dan windows, yaitu:

Harga

Perbedaan pertama yang perlu kamu ketahui adalah dari segi harga, hal ini sudah jelas linux adalah open souce terbuka atau bisa di modifikasi secara bebas dan tidak berbayar.

Sedangkan windows harus mengeluarkan uang yang cukup jika ingin download windows versi original.

Tampilan

Sebenarnya tampilan yang di miliki oleh linux dan windows hampir mirip, namun yang membedakannya ialah tampilan windows lebih bervariasi daripada tampilan yang di miliki oleh linux.

Sekuritas dan Ketahanan

Perbedaan ketiga adalah windows sangat rawan sekali terkena virus atau malware, sedangakn linux terkenal dengan ketahanan dan anti terhadap virus.

Penggunaan

Sistem operasi linux di gunakan untuk sistem administrator, yang mudah di ubah dan ketahanannya terhadap virus.

Sedangkan windows, penggunaannya sngat mudah dan sistem operasi ini biasa di gunakan oleh masyarakat seperti pelajar, pemula dan juga para gamers.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang sistem operasi linux, sebagai berikut:

Linux Digunakan Untuk Apa?

Sistem operasi linux biasa di gunakan untuk membantu dan mempermudah developer dalam mengembangan perangkat agar tidak terbentur akan lisensi serta regulasi yang rumit.

Apakag Linux Berbahaya?

Dapat di simpulkan bahwa linux tidak berbahaya.

Kesimpulan

Jadi linux adalah sebuah operasi yang berbasis UNIX yang telah di umumkan kepada masyarakat secara gratis dan berada di bawah angungan lisensi GNU general public license (GPL).

Demikian artikel tentang pengertian apa itu linux, jenis, serta kelebihannya. Semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Makrufi.com Lainnya di Google News