Jenis dan Cara Kerja Kriptografi Paling Lengkap

Makrufi.com – Seperti yang kamu ketahui kini cara kerja kriptografi menjadi salah satu komponen penting yang harus diketahui oleh para penggunanya baik pemula ataupun pengguna yang sudah mahir dalam menggunakannya, Simak penjelasan dibawah ini.

Kriptografi merupakan teori yang memiliki dasar pada ilmu matematika dan dipraktikan didalam ilmu komputer yang sebelumnya identik dengan enkripsi.

Kriptografi merupakan tindakan yang memiliki kaitan dengan adanya proses dalam pengubahan teks biasa menjadi teks yang tidak dapat dipahami.

Tindakan yang dilakukan kriptografi merupakan metode penyimpanan dan pengiriman data dengan bentuk tertentu.

Sejarah Kriptografi

Sehingga hanya kamu yang dapat dimaksudkan untuk dapat membaca dan memprosesnya sendiri.

Kriptografi memiliki kegunaan tidak hanya untuk melindungi data dari pencurian atau pengubahan, akan tetapi juga bisa digunakan untuk otontikasi para penggunanya.

Pengertian Kriptografi

Kriptografi adalah ilmu komputer yang dapat menggambarkan sistem informasi dengan komunikasi yang aman.

Juga mengandung ide matematika dan berbasis perhitungan atau yang biasa disebut algoritma untuk dapat mengubah komunikasi dengan cara yang rumit untuk mengekspresikannya.

Algoritma deterministik dalam kriptografi dapat digunakan untuk pembangkitan kunci kriptografi, tanda tangan digital, dan verifikasi data untuk penjelajahan web.

Kriptografi juga merupakan cara untuk melindungi data dan komunikasi dengan menggunakan kode-kode yang memastikan.

Bahwa hanya kamu yang dapat membaca dan menggunakan informasi yang dapat digunakan.

Perbedaan Steganografi dan Kriptografi

Sejarah Kriptografi

Kriptografi adalah jenis bidang publik yang ada di Amerika Serikat sebelum Perang Dunia I.

Ketika Angkatan Darat dan Angkatan Laut menyadari nilai keamanan nasional dan mulai bekerja secara rahasia.

Pada awal tahun 1970-an, kriptografi didominasi oleh pemerintah karena komputer sangat mahal, dan pemerintah masih merilis sedikit informasi.

Kebangkitan kriptografi disebabkan oleh kembalinya komunitas akademis dan ilmiah yang memiliki kehadiran utama selama revolusi komputer.

Komunitas-komunitas ini dapat membuat komputer tersedia secara lebih luas.

Ketika ada permintaan untuk enkripsi, itu sudah tersedia karena perubahan mendasar dalam cara berkomunikasi orang Amerika.

Meningkatnya permintaan untuk kriptografi didorong oleh kepentingan industri seperti layanan keuangan yang membutuhkan transaksi elektronik yang aman.

Untuk menjaga rahasia dan kepentingan individu seperti komunikasi nirkabel yang harus aman ketika digunakan dan kandidat komunikasi yang cocok untuk enkripsi.

Pengertian Kriptografi

Jenis – Jenis Kriptografi

Dibawah ini terdapat macam-macam kriptografi yang sudah banyak digunakan oleh para penggunanya, antara lain:

1. Kriptografi Simetris

Kriptografi simetris adalah kode hill atau biasa disebut dengan hill cipher.

Dan merupakan salah satu algoritma kriptografi, yang juga merupakan kripto polyalphabetic yang diciptakan pada tahun 1929 oleh Lester S.

Teknik ini diciptakan untuk dapat mengembangkan sandi yang tidak dapat dipecahkan dengan menggunakan teknik analisis frekuensi.

Berbeda dengan caesar cipher, cipher hilir ini tidak dapat mengganti alfabet yang sama pada plaintext dengan alfabet lain pada ciphertext, karena menggunakan perkalian matriks sebagai dasar penjabarannya.

2. Asimetris

Kriptografi asimetris, atau yang biasa disebut algoritma asimetris, adalah public key cipher yang menggunakan dua jenis kunci, kunci publik, dan kunci rahasia.

Kunci publik adalah kunci yang dapat digunakan untuk mengenkripsi pesan, sedangkan kunci rahasia dapat digunakan untuk mendekripsi pesan.

Kunci publik dapat dibagikan, artinya tidak dapat dirahasiakan sehingga semua orang dapat melihatnya.

Sedangkan kunci rahasia adalah kunci yang dirahasiakan, dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengetahuinya.

Keuntungan utama dari algoritma ini adalah dapat memberikan jaminan keamanan kepada setiap orang yang melakukan pertukaran informasi.

Termasuk tidak ada kesepakatan tentang keamanan pesan sebelumnya.

3. Hibrid

Kriptografi ini merupakan aplikasi yang umumnya mengikuti perkembangan perangkat keras pada komputer, yang semakin cepat dari waktu ke waktu.

Sehingga tidak lagi menggunakan perangkat keras yang lama karena sudah tidak dapat digunakan lagi untuk fungsinya.

Sistem hybrid ini dapat menggabungkan chipper simetris dengan chipper asimetris.

Prosesnya diawali dengan negosiasi chipper asimetris dimana keduanya menyepakati kunci privat atau kunci sesi yang akan digunakan.

Selanjutnya session key tersebut akan digunakan dengan menggunakan teknik symmetric chipper untuk dapat mengenkripsi percakapan atau pertukaran data berikutnya.

Session key hanya dapat digunakan sekali sesi, dan untuk sesi berikutnya, session key harus dibuat dari awal.

Jenis Kriptografi

Cara Kerja Kriptografi

Berikut ini adalah beberapa kegunaan kriptografi yang biasa digunakan oleh para pengguna setia kriptografi, diantaranya:

Kriptografi Simetris

Kriptografi simetris bekerja dengan cara dimana sistem enkripsi pengirim dan penerima dapat berbagi kunci standar untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan.

Sistem kriptografi simetris adalah yang paling populer karena standar enkripsi data (DES).

Sandi Transposisi

Cara kerja cipher transposisi adalah dengan menggunakan metode enkripsi dimana posisi yang dipegang oleh unit teks polos.

Kemudian digeser untuk mencocokkan dengan sistem primer sehingga teks sandi merupakan permutasi dari teks polos.

Ini berarti urutan unit teks diubah. Secara matematis, fungsi ini dapat digunakan pada posisi karakter untuk mengenkripsi dengan proses sebaliknya untuk mendekripsi.

Subtitusi Chiper

Metode ini digunakan di mana enkripsi unit teks biasa dapat diganti dengan teks cipher, dan menurut sistem tetap.

Tim dapat berubah dengan huruf tunggal dengan adanya pasangan huruf, tiga kali lipat, campuran, dan sebagainya.

Stream Chiper

Sistem ini menggunakan algoritma enkripsi simetris atau yang biasa disebut kunci rahasia yang dapat mengenkripsi satu bit pada satu waktu secara bersamaan.

Dengan stream cipher atau plain text, enkripsi yang sama akan menjadi bitwise atau berbeda setiap kali dienkripsi.

Cara Kerja Kriptografi

Perbedaan Steganografi dan Kriptografi

Kriptografi memiliki beberapa perbedaan dengan steganografi yang meliputi berbagai macam hal, antara lain:

  1. Kriptografi berarti “tulisan rahasia,” sedangkan steganografi berarti “tulisan yang tertutup.
  2. Kriptografi berarti pesan hanya dapat dibaca oleh penerima dan tidak dapat dilihat oleh orang lain, sedangkan steganografi adalah usaha untuk mencapai komunikasi yang aman dan tidak terdeteksi
  3. Kriptografi memiliki struktur utama pesan yang tidak dapat diubah, sedangkan steganografi memiliki fasilitas untuk memaksa perubahan pada pernyataan pribadi sebelum mentransfernya melalui jaringan
  4. Kriptografi umum digunakan, sedangkan steganografi tidak begitu banyak digunakan
  5. Steganografi tidak memiliki rahasia yang tidak dapat dipecahkan, sedangkan kriptografi memiliki rahasia
  6. Steganografi hanya dapat memberikan rahasia dan otentikasi, sedangkan kriptografi memiliki rahasia, integritas, otentikasi serta nonrepudiasi
  7. Steganografi dapat digunakan untuk media apapun, seperti audio, video, teks, dan gambar, sedangkan kriptografi hanya dapat digunakan pada file teks.

FAQ

Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan seputar kriptografi, antara lain:

Apa Saja Komponen Kriptografi?

Kriptografi memiliki 6 komponen, antara lain:

  1. Plaintext
  2. Algoritma enkripsi
  3. Ciphertext
  4. Algoritma dekripsi
  5. Kunci enkripsi
  6. Kunci dekripsi

Kenapa disebut Kriptografi Modern?

Karna kriptografi modern merupakan kombinasi dari bidang matematika, ilmu komputer, dan teknik elektro menghasilkan kriptografi modern.

ATM, kata sandi komputer, dan E-commerce adalah semua contoh aplikasi kriptografi.

Apa yang dimaksud Dengan Algoritma Kriptografi Modern?

Berbeda dengan mode karakter yang digunakan dalam kriptografi tradisional, algoritma kriptografi modern bekerja dalam mode bit.

Dalam mode bit, data disimpan sebagai string bit biner 0 dan 1. Plainteks dalam bentuk string bit akan dienkripsi menjadi cipherteks dalam bentuk string bit, dan sebaliknya.

Kesimpulan

Jadi kriptografi adalah ilmu komputer yang dapat menggambarkan sistem informasi dengan komunikasi dengan menggunakan ide matematika dengan perhitungan berbasis untuk dapat mengubah komunikasi dengan cara yang sulit.

Demikian artikel tentang jenis dan cara kerja kriptografi. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.