Jenis Protokol Jaringan WAN Paling Lengkap

Makrufi.com – Kini wide area network memiliki jenis protokol jaringan WAN yang sudah bisa langsung digunakan oleh para penggunanya agar jaringan yang digunakannya lebih cepat dengan jaringan sebelumnya, Simak penjelasan dibawah ini.

Protokol wide area network atau yang biasa disebut WAN merupakan aturan atau tata cara yang digunakan untuk melaksanakan pertukaran data atau mengatur komunikasi data didalam sebuah jaringan wide area network (WAN).

Jaringan protokol merupakan himpunan aturan main yang dapat mengatur komunikasi data dengan mendefinisikan apa yang sudah dikomunikasikan, bagaimana dan kapan terjadinya komunikasi.

Kelebihan WAN

Pengertian WAN

Pengertian WAN adalah jenis jaringan data yang menjangkau negara dan benua, dengan sarana transmisi yang paling umum adalah telepon, kabel bawah laut, dan satelit.

WAN adalah jenis jaringan komputer yang menjangkau bangsa dan benua, atau merupakan gabungan dari jaringan LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network).

Protokol pada jaringan Wan adalah bagian dari lapisan fisik, salah satu dari tujuh lapisan OSI.

Data Wan diatur sesuai dengan seperangkat kriteria yang didefinisikan dalam Data Link 7 lapisan OSI.

Fungsi Jaringan WAN

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari jaringan wan, antara lain:

Dapat Menghubungkan Jaringan LAN dan Jaringan MAN

Ini adalah fitur yang paling signifikan dari jaringan Wan karena menggabungkan dan menyatukan jaringan Lan dan Man menjadi satu jaringan tunggal.

Hal ini sangat bermanfaat bagi bisnis dengan banyak lokasi di luar kota dan internasional.

Bisa Membantu Mempercepat Proses Berbagai Data

Berbagi data atau file dari kantor pusat ke kantor cabang yang terletak di luar kota dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Untuk Mempercepat Sekaligus Mempermudah Araus Komunikasi

Perusahaan atau kantor dapat menggunakan jaringan Wan untuk mempermudah dan mempercepat pengiriman berbagai informasi ke kantor cabang yang berada di luar kota, atau kantor cabang dapat meminta informasi yang paling mutakhir dari kantor pusat.

Menghemat Biaya Operasional

Karena penggunaan waktu dalam menyampaikan informasi lebih mudah dan efisien, maka biaya operasional akan berkurang.

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penyampaian informasi melalui jaringan Wan dapat menghemat biaya operasional perusahaan atau kantor.

Pengertian WAN

Jenis Protokol Jaringan WAN

Dibawah ini terdapat beberapa jenis protokol jaringan wan yang sudah banyak digunakan oleh para pengguna wan, antara lain:

ATM (Asynchronous Transfer Mode)

Merupakan standar yang dikembangkan oleh International Telecommunication Union Telecommunication Standards Section (ITU-T) untuk informasi relay sel untuk berbagai layanan seperti suara, video, dan data. Jaringan ATM didasarkan pada koneksi.

HDLC (High Level Data Link Control)

Merupakan protokol WAN yang beroperasi pada lapisan data link, dimana protokol HDLC menentukan mekanisme enkapsulasi paket data dalam serial sinkron.

ISO HDLC memiliki kekurangan yaitu masih merupakan protokol tunggal, yang berarti hanya dapat berkomunikasi pada satu protokol saja.

Tetapi CISCO HDLC bersifat multiprotocol, yaitu dapat mengirimkan data dengan berbagai protokol (misal IP, IPX, dll) dan terdapat pada layer tiga secara bersamaan.

PPP (Point to Point)

Kekurangan WAN

Adalah protokol lapisan koneksi data yang dapat digunakan untuk komunikasi serial asinkron atau serial sinkron.

PPP bersifat multiprotocol dan dapat melakukan otentikasi. Protokol ini berevolusi dari SLIP (Serial Line Interface Protocol), protokol standar yang menggunakan protokol protokol TCP/IP.

X.25

Adalah protokol standar yang mendefinisikan koneksi antara terminal dan jaringan packet switching.

Protokol ini dirancang untuk komunikasi data analog, yang berarti bahwa proses transmisi data harus mematuhi algoritma protokol x.25.

Protokol ini membuat koneksi dengan membuat sirkuit virtual di mana jalur jaringan publik tertentu digunakan untuk komunikasi data antara protokol x.25.

Frame Relay

Adalah protokol transmisi data yang digunakan pada jaringan publik. Ini adalah protokol WAN berkinerja tinggi yang beroperasi pada lapisan koneksi fisik dan data dari model referensi OSI.

Frame Relay pada awalnya dimaksudkan untuk digunakan dalam koneksi jaringan ISDN, tetapi saat ini digunakan di berbagai antarmuka jaringan lainnya juga.

Frame relay, seperti protokol x.25, menggunakan sirkuit virtual sebagai metode komunikasi data yang spesifik.

Meskipun masih lebih unggul dari x.25 dalam hal kelengkapan dalam protokol frame relay.

Dalam frame relay, enkapsulasi paket menggunakan identitas koneksi yang disebut DLCI (Data Link Connection Identifier), dan konstruksi jalur sirkuit virtual dilambangkan dengan DLCI.

Sebagai node frame relay untuk konektivitas antara PC klien menggunakan switch atau router.

Protokol Jaringan WAN

ISDN (Integrated Services Digital Network)

Adalah layanan digital yang disampaikan melalui jaringan telepon ISDN adalah protokol komunikasi data yang dapat secara bersamaan menyampaikan paket data berupa teks, gambar, suara, dan video.

Protokol ISDN beroperasi pada tiga lapisan: fisik, koneksi data, dan jaringan.

DSL

DSL (digital subscriber line) adalah teknologi yang memungkinkan data digital ditransmisikan melalui kabel yang terhubung ke jaringan telepon lokal.

Tergantung pada teknologi DSL, kecepatan download tipikal berkisar dari 128 kb/dtk hingga 24.000 kb/dtk.

Kecepatan upload DSL lebih lambat daripada kecepatan download ADSL, meskipun kecepatan upload SDSL sebanding.

Fungsi Jaringan Wan

Kelebihan dan Kekurangan WAN

Dibawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari protokol jaringan wan yang sudah banyak digunakan oleh para pengguna wan, antara lain:

Kelebihan WAN

  1. Jaringan WAN memungkinkan pengguna untuk mengkomunikasikan file atau informasi melintasi wilayah geografis yang lebih besar, seperti jarak antar benua
  2. WAN memiliki infrastruktur jaringan yang luas yang menjangkau negara, benua, dan seluruh dunia
  3. Data yang sama dapat digunakan oleh semua pihak di jaringan WAN
  4. Jaringan WAN dapat digunakan untuk berbagi sumber daya dengan menghubungkan workstation

Kekurangan WAN

  1. Untuk mencegah pengguna yang tidak sah masuk ke jaringan WAN, Firewall harus ada. Pendekatan teknologi ini juga dimaksudkan untuk membatasi pengguna yang ingin mengganggu jaringan
  2. Karena jangkauannya yang luas, WAN memiliki biaya operasional yang tinggi
  3. Jaringan WAN tampak lebih sulit dalam hal konfigurasi dan pengaturan. Lebih jauh lagi, instrumen-instrumen yang diperlukan untuk membangun jaringan ini agak mahal
  4. Karena cakupannya yang begitu luas, jaringan WAN rentan terhadap ancaman dan serangan dari pihak luar seperti hacker

FAQ

Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan seputar jenis protokol jaringan WAN, antara lain:

1. Bagaimana Cara Kerja Jaringan WAN?

Ketika data yang dipasok oleh komputer mencapai kabel penerima, komponen switching memilih kabel penerima untuk mendistribusikan paket data yang diterima.

Dalam hal fungsionalitas, tidak ada perbedaan yang terlihat antara WAN dan LAN.

2. Apa Karakteristik Jaringan WAN?

Dengan menggabungkan sistem jaringan LAN dan MAN, dimungkinkan untuk mencadangkan komputer yang tidak dapat ditangani oleh keduanya.

WAN (Wide Area Network) memiliki radius cakupan yang sangat luas.

Mencakup berbagai fitur geografis. Dapat mengakses bandwidth meskipun jaraknya jauh.

3. Layanan Layanan Apa Saja yang diberikan Oleh Teknologi WAN?

WAN memiliki beberapa layanan teknologi, antara lain:

  1. PSTN
  2. Leased lines
  3. X.25
  4. Frame relay
  5. ISDN
  6. ATM
  7. DSL
  8. HDLC

Kesimpulan

Jadi wide area netrowk atau yang biasa disebut WAN memiliki jenis protokol jaringan yang dapat digunakan oleh seluruh para pengguna WAN.

Demikian artikel tentang jenis protokol jaringan wan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat juga bisa membantu untuk kamu semua.