Apa itu Perangkat Input dan Output Komputer dan Fungsinya

Makrufi.com – Bagi kamu pengguna komputer pasti sudah tidak asing dengan perangkat Input dan Output, tetapi sebagian besar masih ada yang bingung tentang apa itu perangkat input dan output.

Perlu kamu ketahui bahwa komputer tidak akan berfungsi jika tidak ada perangkat input dan output, maka dari itu kami akan membahas tentang pengertian perangkat input dan output dan juga fungsinya.

Pengertian Perangkat Input dan Output

Input device atau lebih lengkapnya alat input adalah alat input yang dipasang sesuai dengan portnya masing-masing yang berfungsi untuk memasukkan data dan mentransfer data dari luar ke mikroprosesor sebagai sinyal data pemeliharaan atau sinyal input. Biasanya, sinyal input ke mikroprosesor berbentuk data.

Pengertian Perangkat Input dan Output

Perangkat input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan perintah atau data untuk diproses oleh komputer. Sedangkan perangkat keluaran adalah komponen komputer yang menghasilkan data yang dapat dilihat, didengar, atau dipahami.

Tergantung pada jenis perangkat output, perangkat output dapat menghasilkan suara, gambar, video, atau teks.

Tujuan output adalah untuk menerima data yang diproses dari mikroprosesor CPU komputer dalam bentuk teks, suara, dan gambar, di antara format lainnya.

Biasanya, input dan output diwakili oleh simbol I/O, yang merupakan singkatan dari Input/Output.

Contoh Perangkat Input dan Output Komputer

Lebih mudah untuk memahami apa itu perangkat input dan perangkat output jika kamu memeriksa perangkat yang termasuk dalam masing-masing kategori.

Berikut ini adalah contoh perangkat input dan output:

Contoh Perangkat Input

Ada banyak jenis perangkat input, tetapi yang paling umum kamu temui saat menggunakan komputer meliputi:

1. Keyboard

Keyboard adalah komponen perangkat input, yang digunakan untuk memasukkan perintah sebagai karakter atau kombinasi karakter.

Keyboard terdiri dari huruf A-Z dan angka 0-9, serta tombol perintah antara lain F1 hingga F9, Ctrl, Shift, dan lainnya.

Evolusi keyboard ini telah menghasilkan banyak varian. Tapi keyboard QWERTY adalah yang paling umum.

2. Mouse

Selain itu, mouse adalah perangkat input. Mouse dapat digunakan untuk menggerakkan kursor atau pointer pada layar monitor.

3. Joystick

Joystick juga merupakan bagian dari perangkat input, meskipun hanya dapat digunakan untuk bermain game dan tidak dapat digunakan untuk tujuan lain.

4. Scanner

Perangkat ini identik dengan mesin fotokopi karena menyalin teks dan gambar dalam format digital. Ada banyak jenis pemindai, termasuk Pemindai Flatbed, Pemindai PSC, dan Pemindai Praktis.

5. Light Pen

Pena ringan adalah alat yang berguna untuk membuat gambar teknis atau grafis di komputer. Pena cahaya akan dibaca oleh sensor komputer.

Biasanya, seorang teknisi membawa pena ringan.

Contoh Perangkat Input dan Output Komputer

6. Flashdisk

Flashdisk merupakan alat input yang memungkinkan komputer untuk menyimpan data. Flashdisk hadir dalam berbagai kapasitas, yang terkecil adalah 2 GB.

Flash drive diperlukan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain di era modern.

Setiap orang yang bekerja dan bersekolah harus memiliki perangkat ini.

7. Microphone

Mikrofon adalah perangkat input yang mengubah analog menjadi suara digital. Mikrofon berfungsi sebagai perekam suara dan biasanya digunakan dalam panggilan video dan konferensi.

Mikrofon biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi di pesawat terbang, kereta api, dan di pusat perbelanjaan.

8. Kinect

Mungkin sebagian dari kamu baru mengetahui perangkat input ini. Kinect adalah sensor gerak yang mirip dengan webcam, tetapi merupakan perangkat yang sangat canggih. Biasanya, perangkat ini digunakan untuk bermain video game.

9. Web Cam

Webcam adalah kamera yang terletak di atas monitor; itu digunakan untuk panggilan video dan juga dapat digunakan untuk potret diri dan konferensi.

Biasanya seorang youtuber membutuhkan perangkat yang satu ini.

10. Barcode Scanner

Apakah kamu pernah membeli merchandise dari Indomaret atau Alfamart? Pada saat pembayaran, barang kamu akan dipindai untuk menentukan jumlah total yang harus dibayar. Perangkat ini dikenal sebagai pemindai kode batang.

11. Pemindai Sidik Jari

Ini adalah perangkat yang biasanya ditemukan di tempat kerja. Biasanya, perangkat ini digunakan untuk memverifikasi keberadaan, dan pemindai sidik jari memang memiliki fungsi untuk memasukkan sidik jari ke dalam komputer.

Contoh Perangkat Output

Perangkat output akan menampilkan data atau perintah apa pun yang telah diproses komputer

. Berikut ini adalah contoh perangkat output:

1. Printer

Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak dokumen dan gambar.

Printer adalah komponen perangkat output, yang menampilkan data yang dicetak dari softfile. Data yang dicetak oleh printer diambil dari penyimpanan dan diproses oleh prosesor.

Printer ink jet dan printer laser jet adalah dua jenis printer. Kami sering menggunakan printer ink jet untuk mencetak dokumen atau data.

Ink jet dan laser jet melayani tujuan yang sama, tetapi laser jet canggih lebih disukai di masa sekarang. Ada jenis printer lain, khususnya printer dot matrix.

2. Monitor

kamu pasti pernah menjumpai istilah “monitor”. Monitor adalah komponen perangkat keluaran yang menampilkan berbagai jenis data yang dimasukkan atau diinput oleh pengguna komputer.

Data yang ditampilkan pada monitor adalah data yang telah diproses dan disimpan pada perangkat penyimpanan sebelum diproses oleh prosesor.

Di era modern, komputer dan teknologi yang digunakan pada monitor sudah mulai berkembang dan berubah secara fisik.

Kesimpulan

Jika kamu belum pernah melihat komputer dengan LCD (Liquid Crystal Display), maka komputer pertama yang pernah kamu lihat pasti berbentuk tabung.

Saat ini ada monitor LED (Light Emitting Diode) yang lebih tipis, lebih jernih, dan lebih hemat energi. Segala sesuatu di era teknologi ini akan berubah dengan cepat dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

3. Speaker

Speaker berisi perangkat output yang mengeluarkan data berupa suara setelah diproses oleh prosesor dengan format tertentu.

Warnet dan tempat-tempat yang menyewakan komputer untuk bermain game hampir selalu menggunakan speaker.

Di era saat ini, spesifikasi speaker semakin beragam dan kompleks.

Selain speaker, ada jenis perangkat output lain dengan kemampuan mengeluarkan audio yang diproses.

Ada, misalnya, headphone, earphone, dan headset. Ketiganya memiliki tujuan yang sama, meskipun untuk tujuan yang berbeda.

4. Projector

Karena perangkat ini biasanya digunakan untuk presentasi, beberapa pengguna komputer tidak pernah mengoperasikan proyektor.

Menggunakan proyektor memudahkan untuk melihat data yang ditampilkan oleh komputer selama presentasi.

Di era modern, proyektor jauh lebih maju daripada di masa lalu, ketika kamu hanya dapat menampilkan informasi pada dokumen kertas menggunakan sinar cahaya.

Ada juga proyektor besar di mana informasi ditulis pada lembaran plastik dan kemudian dipantulkan oleh cahaya.

Biasanya, proyektor dipasang di ruang kelas, ruang rapat, dan ruang konferensi di bisnis dan sekolah.

5. Ploater

Plotter adalah perangkat output komputer yang fungsinya mirip dengan printer. Jika plotter digunakan untuk mencetak pada ukuran kertas yang sangat besar seperti kertas A) atau A3. Biasanya, plotter digunakan dalam pencetakan dan fotokopi.

Biasanya, plotter digunakan untuk mencetak peta, poster, dan spanduk. Plooter ini juga mampu menghasilkan MMT.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang alat ini, kamu dapat mengunjungi toko fotokopi.

6. Headset atau Headphone

Headset juga menyertakan output bagi pengguna komputer untuk mendengarkan data audio atau visual dari komputer.

Biasanya, headset digunakan di Internet agar tidak mengganggu pengguna lain saat mendengarkan musik atau menonton film.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang perangkat input dan output komputer, sebagai berikut:

Apa itu alat input dan output?

Jawab:
Input dan output, disingkat I/O, adalah sistem mikroprosesor yang digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal ke komputer.

Apa yang dimaksud dengan indikator output?

Jawab:
Indikator output digunakan untuk memantau jumlah produk yang dapat diproduksi atau disediakan. Indikator hasil mengukur efektivitas program dalam mencapai tujuannya.

Apa yang dimaksud output penelitian?

Jawab:
Hasil penelitian adalah bahan apa pun yang memfasilitasi hasil. Selain itu, output penelitian harus didasarkan pada input berupa sumber daya yang terlatih dan komitmen untuk mencapai target output berikut: hasil, manfaat, dan dampak (tujuan).

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah membahas tentang pengertian, contoh dan juga fungsi dari perangkat input dan output.

Demikian artikel tentang Apa itu Perangkat Input dan Output Komputer dan Fungsinya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.