Ini Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Online

Makrufi.com – Seperti yang kamu semua ketahui bahwa bisnis online menjadi salah satu bisnis populer belakangan ini. Tetapi apakah kamu tahu di belakang itu banyak sekali kekuragan dan kelebihan bisnis online yang jarang orang tahu.

Untuk kamu yang ingin mengetahui kekurangan dan kelebihan bisnis online, artikel ini dapat membantu kamu untuk mengetahuinya.

Di bawah ini kami telah merangkum kekurangan dan kelebihan dari bisnis online.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Untuk kamu yang ingin memulai untuk berbisnis online, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kekurangan dan kelebihan bisnis online agar tidak terjebak dari risiko yang tidak di inginkan.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Jika kamu membahas bisnis online, kamu semua pasti sepakat bahwa tidak hanya menawarkan berbagai kemudahan, tetapi juga peluang yang lebih besar.

Namun, seperti yang kami jelaskan sebelumnya, Bisnis Online bukanlah bisnis yang sempurna. Berikut kelebihan dan kekurangan bisnis online yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, yaitu:

Kelebihan Bisnis Online

Seperti yang di ketahui oleh banyak orang, terdapat banyak sekali kelebihan dari bisnis online, antara lain yaitu:

1. Model Bisnisnya Banyak

Mungkin istilah yang paling umum untuk bisnis online adalah Online Shop atau Toko Online.

Terlepas dari kenyataan bahwa bisnis online mempekerjakan berbagai model bisnis.

Affiliate Marketing, Content Publishers seperti Blogger atau Youtuber, Site Flipper (website jual beli), dan masih banyak lagi yang ada.

Apalagi di antara sekian banyak model bisnis yang ada, kamu bisa menghasilkan uang melalui berbagai media, antara lain blog atau website, media sosial, marketplace, dan lain-lain.

Jika kamu memiliki blog, kamu dapat menghasilkan pendapatan dengan berbagai cara.

2. Bisa Dikerjakan di Mana Saja dan Kapan Saja

Aspek yang paling menguntungkan dari menjalankan bisnis online adalah kemudahan pengoperasiannya, karena dapat dilakukan dari mana saja, kapan saja.

Bisnis online tidak memerlukan lokasi atau waktu yang strategis, juga tidak ada batasan harian; itu sepenuhnya terserah kamu. Faktor yang paling penting adalah koneksi internet.

3. Modal Awal Relatif Sangat Kecil

Dibandingkan dengan bisnis konvensional, jumlah modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online tidak diragukan lagi kecil. Tidak perlu memiliki modal yang besar untuk menjalankan bisnis online.

Meski begitu, kamu bisa memulai bisnis online pertama kamu “tanpa modal” dalam artian tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu, karena kamu sudah memiliki komputer/laptop atau bahkan hanya handphone yang terkoneksi dengan internet dan bisa digunakan untuk menjalankan bisnis.

4. Punya Potensi Market Global

Ya, jika kamu telah membahas Internet, maka kamu tidak hanya membahas potensi pasar lokal atau domestik, tetapi juga Internet telah menjadi sarana jaringan dan koneksi ke pasar global potensial.

Dengan demikian, dengan bisnis online, kamu tidak hanya berpotensi menjangkau konsumen domestik, tetapi juga internasional.

Faktanya, kamu harus menyadari bahwa banyak bisnis online lebih suka menargetkan pasar internasional daripada lokal atau domestik. Alasan untuk ini adalah bahwa pasar luar negeri umumnya akrab dengan transaksi Internet.

Walaupun deskripsi produk dan harga tertera di website, berbeda dengan di Indonesia, namun tetap diminta via chat. Kadang-kadang kamu bahkan meminta lebih dari yang kamu beli. Hehehe..

5. Bisa Dijalankan oleh Siapa Saja

Ya, latar belakang IT tidak diperlukan untuk menjalankan bisnis online. Karena, apapun pekerjaan kamu saat ini, kamu bisa sukses menjalankan bisnis online. Nyatanya, banyak orang yang awalnya kurang pengetahuan tentang teknologi atau internet marketing bisa meraih kesuksesan.

Kualitas terpenting yang harus kamu miliki adalah keinginan yang kuat untuk belajar dan fokus menjalankan bisnis. Jika kamu memilikinya, berapa pun usia atau latar belakang kamu, kamu tetap bisa sukses di dunia bisnis online.

6. Potensi Penghasilan Lebih Besar

Bisnis online adalah jenis bisnis yang memiliki potensi pendapatan yang jauh lebih tinggi dengan modal yang sangat kecil.

Jika kamu memiliki toko online yang menjual produk orang lain dan margin keuntungan rata-rata kamu hanya 50.000, dan seseorang membeli 100 produk dalam satu bulan, kamu akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 5 juta.

Kelebihan Bisnis Online

Ya, kamu berpotensi menghasilkan banyak uang hanya dengan situs web atau bahkan foto produk yang ditawarkan di media sosial.

Dengan demikian, keuntungannya bisa 100 persen, 300 persen, atau bahkan seribu persen.

Untuk menghasilkan jumlah laba bersih yang sama dengan bisnis konvensional (offline) akan membutuhkan investasi yang cukup besar.

Ya, setidaknya 10 kali lipat dari pendapatan bulanan yang diproyeksikan.

7. Proses Transaksi Mudah dan Cepat

Kemudahan dan kecepatan bertransaksi merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu bisnis. Dan ini adalah keuntungan yang signifikan dari bisnis online.

Selain itu, saat ini sudah banyak penyedia layanan pembayaran online yang tidak terbatas pada transfer bank saja.

Hal ini menandakan bahwa potensi bisnis online semakin berkembang dan akan terus berkembang.

8. Kamu Sendirilah Bossnya

Karena bisnis online tidak dibatasi oleh waktu atau bisnis, kamu akan menjadi bos bagi diri sendiri. kamu bebas memilih kapan harus bekerja, kapan harus bersantai, dan kapan harus mengambil cuti.

Apalagi di awal perjalanan bisnis kamu, kamu sendiri yang akan menentukan dan mencapai tujuan kamu sendiri.

Kamu menentukan strategi bisnis yang akan kamu terapkan, kamu bertanggung jawab atas pemasaran, dan kamu memberikan layanan pelanggan.

Jadi, kamu memiliki segalanya dan menjadi bos.

9. Bisnis Beroperasi 24 Jam

Jika kamu memiliki toko di Mall, misalnya, Mall memiliki jam operasional setiap hari. Ketika mal tutup, toko kamu juga tutup, dan tidak ada pelanggan, jadi tidak ada pemasukan saat itu.

Tidak seperti bisnis online, yang dapat beroperasi 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dll.

Kamu memiliki tim penjualan yang terus menawarkan produk kamu kepada calon klien saat kamu tidur atau sedang berlibur.

Bahkan di tengah malam, transaksi jual beli dimungkinkan jika toko online kamu dikonfigurasi untuk melayani transaksi secara otomatis.

Kami yakin kamu pernah menjumpai atau sering menjumpainya saat berbelanja di marketplace online seperti Shopee atau Tokopedia.

Kekurangan Bisnis Online

Jelas, bisnis online memiliki kekurangan sekaligus kelebihan. Jadi, apa kekurangannya? Di sini, kami akan mencoba menjelaskannya sesederhana mungkin.

1. Sangat Bergantung pada Internet

Mengingat semua aktivitas bisnis online dilakukan melalui internet, maka wajar jika bisnis online sangat bergantung pada koneksi internet.

Penyebaran informasi dan aktivitas transaksional secara luas melalui internet. Akses internet diperlukan untuk promosi media sosial, obrolan konsumen, dan transaksi e-commerce di situs web.

Oleh karena itu, jika hanya satu pihak, baik pembeli atau penjual, tidak terhubung ke internet, tidak akan ada transaksi bisnis.

2. Berpotensi Melanggah Hak Cipta

Salah satu kelemahan bisnis online adalah kerentanannya terhadap pelanggaran hak cipta. Itu bisa berkaitan dengan produk itu sendiri, konten yang digunakan, seperti desain, gambar, atau bahkan video.

Misalnya, jika kamu seorang YouTuber dan kamu menggunakan musik orang lain tanpa izin dalam sebuah video, kamu dapat dituntut, begitu juga jika kamu memasukkan konten orang lain ke dalam konten kamu sendiri tanpa izin kamu.

Apalagi dari sudut pandang kamu sebagai pemilik produk. Misalnya, jika kamu menjual produk digital seperti ebook atau tutorial video, sering kali ada orang yang menipu kamu dengan menjual produk kamu tanpa persetujuan kamu atau dengan harga yang sangat rendah.

Periksa produk digital yang tersedia di Marketplaces jika kamu tidak percaya. Ada ratusan produk digital yang dijual tanpa izin pemiliknya dan dengan harga yang sangat murah.

3. Butuh Pengetahuan dan Skill

Jika kamu salah satu pebisnis online dengan modal terbatas, kamu harus memahami dan menguasai semua aspek teknis yang diperlukan untuk mendukung operasional bisnis online kamu di awal. kamu harus memiliki pengetahuan dan kemampuan yang memadai.

Kekurangan Bisnis Online

Keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan, seperti Membuat Website/Blog, Copywriting, Membuat Landing Page, Desain Grafis, Membuat Iklan, dan Customer Service (melayani konsumen).

Bedanya, jika kamu memiliki modal yang cukup, kamu bisa menyewa tenaga ahli di bidang tersebut dari awal. Namun demikian, kamu harus memperhitungkan gaji kamu yang cukup besar.

kamu dapat mempelajari cara membuat situs web dengan membaca artikel dalam kategori Situs web blog ini.

4. Tidak Mudah Membangun Kepercayaan

kami tidak tahu apakah ini memenuhi syarat sebagai kekurangan atau tidak, tetapi membangun kepercayaan konsumen menghadirkan kesulitannya sendiri. Apalagi jika produk yang kamu jual tidak bisa dilihat atau disentuh oleh pelanggan kamu.

Sementara itu, agar suatu transaksi terjadi, penjual dan pembeli harus memiliki rasa saling percaya. Karena baik penjual maupun pembeli memiliki peluang untuk melakukan penipuan di Internet.

Jadi, tidak hanya penjual yang bisa menipu, tetapi pembeli juga sering melakukannya.

5. Ada Biaya Tambahan

Selain harga produk yang kamu pilih, konsumen biasanya dikenakan biaya pengiriman tambahan. Terkadang transaksi batal karena ongkos kirim dianggap terlalu mahal.

Selain itu, terkadang barang pesanan datang terlambat karena masalah pengiriman, yang menyebabkan konsumen agak meninggalkan toko kami.

Namun, kami tidak ragu bahwa kamu dapat menangani situasi seperti itu. kamu harus lebih sabar menghadapi pembeli dan sering mengedukasi konsumen kamu, baik melalui media sosial, blog, atau saluran lainnya.

Ini lebih sering terjadi di Toko Online. Aturan berbeda berlaku saat menjual produk digital.

6. Tingkat Persaingan Cukup Ketat

Ada banyak peluang bisnis online yang bisa dikejar, namun seiring dengan berkembangnya bisnis internet, begitu pula tingkat persaingannya.

Bayangkan, misalnya, jika kamu menjual pakaian anak-anak. Tentu saja, ada ribuan toko online yang menjual produk serupa, dan kamu akan menjadi pesaing kamu di Internet.

Di dunia offline, jika kamu memiliki toko di area dan lokasi tertentu, biasanya jarang menemukan toko serupa di sekitar. Walaupun jumlah toko tidak lebih dari dua atau tiga, hal ini menunjukkan bahwa persaingan dapat dikelola.

Namun, di Internet, terlepas dari kenyataan bahwa kami berada di Makassar dan menjual di Internet, pesaing kami berlokasi di seluruh Indonesia.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang kelebihan dan kekurangan bisnis online, sebagai berikut:

Apa saja peluang bisnis online?

Kamu dapat menggunakan beberapa peluang yang kami berikan di bawah ini:

  1. Menghasilkan uang dari blog
  2. Membuat situs Ecommerce
  3. Situs untuk dropshipping
  4. Membuat podcast
  5. Desain Grafis

Bisnis Online Apa yang Cocok untuk Pemula?

Di bawah ini terdapat beberapa daftar bisnis online yang cocok untuk pemula, yaitu:

  1. Pemasaran afiliasi
  2. Jadi content creator
  3. Menjual produk jualan tangan
  4. Memulai Usaha Dropship

Jualan Apa yang Laris 2022?

Di bawah ini terdapat beberapa daftar jualan terlaris 2022, sebagai berikut:

  1. Skincare
  2. Masker
  3. Make Up
  4. Sanitizer
  5. Suplemen dan Obat-obatan

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan daftar kelebihan dan kekurangan bisnis online yang perlu di ketahui oleh para pembisnis baru agar tidak mengalami kerugian.

Demikian artikel tentang Ini Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Online, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.