Apa Itu Tingkatan Manajemen Beserta Penjelasannya

Makrufi.com – Apakah kamu mengetahui apa saja tingkatan manajemen yang ada di suatu organisasi? Jika kamu belum mengetahuinya, simak artikel dibawah ini hingga selesai untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Manajer adalah anggota organisasi yang bertanggung jawab atas kinerja anggota lainnya dalam suatu organisasi.

Manajer memiliki wewenang formal untuk menggunakan sumber daya organisasi dalam membuat keputusan.

Dengan kata lain, Manajer juga dapat diartikan sebagai pimpinan dalam sebuah organisasi dan juga sebagai pelaku manajemen.

Dikatakan sebagai pelaku manajemen karena Manajerlah yang bertugas untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengatur bagaimana timnya bekerja mencapai tujuan yang ditetapkan.

Apa yang di Maksud Tingkatan Manajemen

Dalam suatu organisasi, pada umumnya terdapat tiga level atau tiga tingkatan manajemen yaitu manajemen tingkat atas (Top Level Management), manajemen tingkat menengah (Middle Level Management) dan manajemen tingkat pertama (First Level Management).

Ketiga tingkat utama manajemen ini membentuk sebuah hirarki yang digolongkan berdasarkan urutan seberapa pentingnya dalam suatu organisasi.

Jadi pada dasarnya tingkatan manajemen atau level of management ini adalah tingkatan yang membedakan wewenang dan beban pekerjaan yang harus ditanggung oleh para Manajer.

Di sebagian besar organisasi, jumlah manajer di setiap tingkat manajemen ini menyerupai sebuah piramida.

Manajer di tingkat pertama (First Level Manajer) akan berjumlah lebih banyak jika dibandingkan dengan Manajer tingkat menengah (Middle Level Manager).

Sedangkan Manajer tingkat menengah akan berjumlah lebih banyak dari manajemen tingkat atas (Top Level Manager) namun berjumlah sedikit.

Jika dibandingkan dengan Manajer tingkat pertama. Jumlah Manajer di Manajemen tingkat atas adalah yang paling sedikit.

Manajemen Tingkat Atas

Manajemen Tingkat Atas atau sering disebut dengan Top Management (Manajemen Puncak) atau Executives (Eksekutif) adalah Manajer-manajer yang bertanggung jawab atas kinerja manajemen organisasi secara keseluruhan.

Mereka memegang jabatan-jabatan seperti CEO (Chief Executive Officer), CFO (Chief Financial Officer), COO (Chief Operational Officer)

Presiden Direktur, Wakil Presiden Direktur, Direktur Utama dan lain sebagainya. Manajer-manajer yang berada di tingkatan manajemen tingkat atas ini memiliki tanggung jawab, otoritas dan wewenang maksimum dalam mengendalikan organisasi atau perusahaannya.

Manajemen Tingkat Menengah

Manajemen Tingkat Menengah atau Middle Level Management adalah manajer yang berada di bawah Manajer tingkat atas.

Mereka biasanya memegang jabatan dengan nama jabatannya seperti General Manager, Plant Manager, Factory Manager, Regional Manager ataupun Division Manager.

Manajer-manajer tingkat menengah ini bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan kebijakan yang ditetapkan oleh Manajemen tingkat atas serta bertindak sebagai penghubung antara manajemen tingkat atas dan manajemen tingkat bawah.

Manajer-manajer ini juga menjalankan fungsi tingkat atas di departemen atau unit kerja mereka sendiri.

Seperti membuat perencanaan, membuat kebijakan,  mengumpulkan dan mengatur sumber daya untuk departemen atau divisi mereka masing-masing.

Tingkatan Manajemen

Fungsi dan Tugas Manajer Tingkat Menengah

Manajemen Tingkat Pertama atau disebut juga dengan First Level Management  atau First Line Management adalah Manajemen yang bertanggung jawab atas operasional atau pekerjaan harian para karyawan.

Dalam menghasilkan suatu produk atau layanan. Manajemen tingkat pertama ini biasanya memegang jabatan.

Seperti Department Manager, Section Manager, Superintendent, Mandor atau Supervisor.

Para Manajer di manajemen tingkat pertama ini memiliki otoritas atau wewenang yang terbatas.

FAQ

Dibawah ini terdapat pertanyaan mengenai manajemen, antara lain:

Siapa Saja Middle Management?

Manajemen menengah memiliki tugas untuk membawahi dan juga mengarahkan kegiatan – kegiatan para manajer lainnya atau bisa juga karyawan operasional.

Seperti manajer cabang, kepala departemen, kepala bagian, kepala pengawas dan lain sebagainya.

Apa Saja Tugas Manajemen Tingkat Atas?

Manajemen tingkat atas memiliki tugas untuk merumuskan tujuan organisasi yaitu menetapkan apa yang akan dicapai perusahaan dalam jangka panjang dan juga jangka pendek.

Kemudian merencanakan kebijakan dan juga strategi perushaan yaitu bagaimana cara perusahaan untuk mencapai tujuan.

Apa Tiga Tingkat Manajemen?

Manajemen memiliki tiga tingkat yang biasa digunakan, antara lain:

  1. Manajemen Tingkat Atas atau Puncak (Top Management)
  2. Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management)
  3. Manajemen Tingkat Bawah (Lower Management)

Kesimpulan

Manajer adalah anggota organisasi yang bertanggung jawab atas kinerja anggota lainnya dalam suatu organisasi.

Demikian artikel tentang apa itu tingkatan manajemen beserta penjelasannya, semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.