Tantangan Bisnis Startup Pada Era Digital

Makrufi.com – Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang bisnis Startup? dan apakah kamu pernah berfikir untuk melakukan bisnis Startup? Sebelum melakukannya kamu perlu mengetahui tantangan bisnis Startup pada era digital.

Untuk kamu yang ingin terjun ke dalam bisnis Startup, kamu perlu mengetahui lebih lengkap tentang bisnis startup terlebih dahulu dan juga tantanan bisnis Startup pada era digital.

Kamu dapat mendapatkan informasi lengkap dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai ya.

Sejarah Singkat Bisnis Startup

Banyak orang masih mengaitkan “startup” dengan perusahaan di sektor teknologi dan informasi karena kemiripannya yang mencolok.

Apa Itu Bisnis Startup_

Sebagai akibat dari gelembung dot-com, yang berlangsung dari tahun 1998 hingga 2000, bisnis startup menjadi semakin populer di skala global sejak saat itu.

Sejumlah besar bisnis berbasis web baru diluncurkan pada saat yang bersamaan.

Dari kejadian itu, banyak orang mulai menyadari bahwa internet bisa menjadi ladang basah untuk memulai bisnis hingga akhirnya banyak perusahaan startup mulai berdiri karena dampak dari internet.

Ide Bisnis Startup

Saat ini, hampir tidak ada orang yang tidak mengenal internet. Ledakan pengguna internet membuat peluang para pendiri startup semakin besar.

Yang dibutuhkan oleh para pendiri perusahaan rintisan tentu saja inovasi yang bisa membuat banyak orang tertarik dengan apa yang kamu tawarkan, baik itu jasa atau pengiriman yang menjual produk.

Ada berbagai bisnis startup yang berkembang pesat di Indonesia, sebagian berkat banyaknya kesempatan.

1. Startup Game

Tidak dapat disangkal bahwa game ini memiliki basis penggemar yang besar dan beragam. Tidak hanya anak-anak dan remaja, banyak orang dewasa menyukai game.

e-sports telah menyebabkan meningkatnya persaingan di antara pengembang game untuk menciptakan game yang memenuhi kebutuhan pasar.

Akibatnya, startup terkait game dapat dikatakan berkembang pesat.

2. Startup Perdagangan atau E-Commerce

Domain kedua ini terbukti menjadi domain paling populer karena banyak perusahaan startup yang sekarang sudah besar. Contohnya ada Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Kehadiran kamu sangat memudahkan para penjual untuk menyewa ruko dan keluar rumah untuk menjajakan barang.

Sambil menunggu barangnya, pelanggan bisa bersantai di kursi yang nyaman. Terlepas dari kenyataan bahwa sejumlah bisnis di bidang ini mengalami kesuksesan, pintu kesuksesan di industri ini tetap terbuka lebar.

3. Startup Edukasi

Pendidikan merupakan kebutuhan yang tak tergantikan. Bisa dibilang pangsa pasar di ranah startup pendidikan juga cukup luas.

Dalam ranah pendidikan, kamu dapat melakukan lebih dari sekadar menyediakan tempat bagi guru dan siswa untuk berinteraksi.

Misalnya berbagai informasi pendidikan mulai dari kisah inspiratif, motivasi, dan lainnya. Artinya, area edukasi ini bersifat informatif bagi pelanggan.

Tantangan Bisnis Startup

Dengan berkembangnya era digital saat ini, tentunya akan banyak peluang dan juga tantangan bisnis yang akan dihadapi.

Salah satu alasannya adalah semakin mudah dan cepatnya akses informasi yang kamu miliki sekarang.

Era digital dipandang sebagai era dimana perusahaan mengoptimalkan penggunaan perangkat digital untuk kepentingan perusahaan.

Adanya teknologi ini juga mempengaruhi permintaan konsumen yang semakin variatif dan juga menimbulkan tantangan bagi pelaku bisnis.

Misalnya, saat ini e-commerce mulai dikenal masyarakat, tidak heran banyak yang mengalihkan penjualan melalui online.

Di era digital saat ini, berbisnis online bukanlah hal yang sulit.

Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa tantangan bisnis di era digital saat ini merupakan hal yang harus kamu hadapi.

Namun, ada sepuluh tantangan yang harus kamu waspadai jika ingin berbisnis di era digital.

Perkembangan Teknologi

Salah satu tantangan bisnis di era digital adalah mampu beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang.

Mengikuti kemajuan teknologi akan membantu membedakan perusahaan kamu dari pesaing jika kamu adalah pemilik bisnis atau CEO.

Kedengarannya seperti banyak pekerjaan, tetapi jika kamu dapat melakukannya, itu akan membuat bisnis kamu jauh lebih mudah.

Sejarah Singkat Startup

Karena di satu sisi teknologi memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan manusia.

Kompetitor Semakin Banyak

Tantangan bisnis selanjutnya adalah semakin banyaknya pesaing. Teknologi canggih tentunya mampu mengintegrasikan saluran bisnis sehingga tidak ada batasan ruang dan waktu dalam melakukannya.

Ini adalah peluang besar bagi kamu untuk berkolaborasi dengan berbagai bisnis di seluruh dunia.

Namun jika bisnis tersebut tidak dibarengi dengan ide-ide kreatif baru, maka bisnis kamu tentu tidak bisa bertahan lama di pasaran.

Untuk melakukan ini, selalu tampilkan sesuatu yang baru dan berbeda dari apa yang pernah dilihat pelanggan lain sebelumnya.

Semua Serba Cepat

Orang yang hidup di era digital tentu menginginkan sesuatu yang serba cepat dan praktis. Caranya adalah dengan menggunakan teknologi dalam bisnis kamu.

Jika sebagai pebisnis kamu tidak bisa menandingi kecepatan bisnis digital lainnya, maka bisnis kamu bisa kalah bersaing.

Pola Masyarakat yang Berubah

Pergeseran norma sosial saat ini menghadirkan tantangan bagi para pemimpin bisnis. Misalnya, orang zaman sekarang mudah bosan dengan satu hal dan memiliki keinginan yang cukup kompleks.

Selain itu, masyarakat juga lebih pintar dalam memilih produk yang cocok dan tidak. Hal ini tentunya menjadi tantangan bisnis untuk lebih sering berinovasi menciptakan produk dan layanan.

Sumber Daya Manusia

Tidak hanya kamu sebagai pelaku usaha yang harus bisa mengikuti perkembangan tantangan bisnis di era digital saat ini. Namun, kamu juga harus melatih staf kamu untuk melakukan hal yang sama.

Biasanya para pebisnis terlalu fokus mengikuti perkembangan teknologi yang ada, sehingga melupakan kualitas karyawannya.

Tolong jangan biarkan uang yang kamu habiskan untuk pembaruan teknologi sia-sia karena karyawan kamu tidak dapat mengikuti teknologi baru!

Oleh karena itu, untuk mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, pemilik bisnis harus secara teratur memberikan pelatihan tambahan kepada karyawannya.

Memasarkan Produk Menggunakan Teknologi

Dengan semakin besarnya perubahan teknologi, banyak pelaku bisnis yang berusaha mengikuti perkembangannya dan menerapkannya pada bisnisnya, salah satunya dengan memasarkan produknya menggunakan teknologi.

Mungkin seperti yang kamu ketahui, dahulu setiap pebisnis melakukan pemasaran produknya dengan cara turun langsung ke lapangan dan menawarkannya kepada pelanggan.

Namun sekarang lebih mudah bagi kamu untuk mempromosikan produk kamu dengan menggunakan marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lain-lain. kamu juga menghadapi tantangan untuk membuat pelanggan mengunjungi toko online kamu di bisnis pertama.

Agar pelanggan kamu dapat dengan mudah menemukan produk yang kamu inginkan di toko kamu, kamu juga harus jeli dalam memilih dan menjual barang yang saat ini dibutuhkan banyak orang.

Hilangnya Jati Diri Sebuah Perusahaan

Ide Bisnis Startup

Bagi para pebisnis yang memasuki bisnisnya ke dunia digital, terkadang terlalu cepat membuat terobosan baru yang kekinian ketimbang memperhatikan dan mengembangkan strategi pemasaran dan pengemasan terlebih dahulu.

Sehingga hal ini membuat bisnis yang awalnya dikembangkan kehilangan identitasnya. Oleh karena itu sebagai pelaku bisnis kamu juga harus berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Arus Informasi

Tantangan bisnis yang perlu kamu perhatikan adalah derasnya arus informasi. Jika kamu tidak dapat memanfaatkan situasi tersebut, hal itu dapat berdampak buruk pada bisnis kamu.

Namun, jika kamu menggunakan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis kamu melalui saluran informasi digital saat ini seperti Instagram, Youtube dan lain-lain, maka keuntungan untuk bisnis kamu akan meningkat.

Kurangnya Inovasi

Jika kamu tidak memiliki banyak inovasi dalam mengembangkan bisnis kamu, tentu perusahaan akan berjalan sangat keras. Karena para pebisnis tidak bisa mengembangkan usahanya dengan baik.

Zero Surveillance

Teknologi saat ini memungkinkan untuk melakukan bisnis jarak jauh dengan menggunakan alat seperti email dan situs web.

Namun, tidak adanya figur sentral, juga dikenal sebagai “pengawasan nol”, dapat menjadi masalah dalam bisnis saat menggunakan metode komunikasi jarak jauh ini. Bisnis antara majikan dan karyawannya tentang masalah bisnis berlangsung di lokasi ini.

Kesimpulan

Sedangkan karyawan membutuhkan keakraban dengan pimpinannya dalam menjalin komunikasi yang baik, yang dapat meningkatkan semangat dalam bekerja.

Dengan konsep zero surveillance, kamu tentu bisa memanfaatkannya sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis kamu.

Karyawan akan lebih bebas untuk mengekspresikan kreativitasnya, dan pemimpin akan memainkan peran penting dalam memastikan kinerja tenaga kerja organisasi di masa depan lebih produktif.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang Tantangan Bisnis Startup, sebagai berikut:

Apa yang Dimaksud Dengan Start Up?

Kamu perlu mengetahui bahwa start up ialah perusahaan gagasan yang di dirikan oleh salah satu atau banyak orang untuk mengembangkan sebuah produk atau layanan unik yang sesuai dengan target pasar.

Start Up Apa Saja yang Ada di Indonesia?

Pada tahun 2022 sudah banyak sekali perusahaan rintisan yang ada di Indonesia, yaitu seperti:

  1. IDXChannel
  2. GoTo
  3. J&T Express
  4. Traveloka
  5. Bukalapak
  6. OVO
  7. Kopi kenangan

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah membahas tentang tantangan bisnis startup, dan kami juga telah memberikan ide bisnis startup yang dapat kamu coba.

Demikian artikel tentang tantangan bisnis startup pada era digital, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.