7 Layanan Microsoft Office yang Sangat di Butuhkan

Makrufi.com – Sudah tidak asing bagi kalangan pelajar, mahasiswa, dan juga pekerja dengan layanan microsoft office. Tetapi masih banyak yang hanya mengetahui layanan microsoft office yang populer saja, maka dari itu kami akan memberikan 7 layanan microsoft office yang sangat di butuhkan.

Seperti yang kamu tahu, microsoft office adalah program data yang sangat penting. Banyak sekali pengguna yang menggunakan microsoft office, sebab memiliki serangkaian layanan yang sangat memenuhi kebutuhan pengguna.

Pengertian Microsoft Office

Mungkin yang baru kamu ketahui dari layanan Microsoft office adalah Microsoft word, excel dan powerpoint saja, padahal microsoft office memiliki 7 layanan yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Sebelum mengetahui layanan microsoft office, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian microsoft office, berikut penjelasan yang dapat kamu simak.

Pengertian Microsoft Office

Microsoft Office adalah kumpulan perangkat lunak klien dan server yang dibuat oleh Microsoft.

Microsoft Office biasanya digunakan sebagai alat untuk memudahkan kegiatan perkantoran. Mengingat bahwa Microsoft awalnya merancang Office untuk penggunaan kantor, ini tidak dapat disangkal.

Namun, banyak orang menggunakan Microsoft Office untuk tujuan lain. Di bidang pendidikan, misalnya, Microsoft Office sangat berguna untuk mengolah dan menghasilkan berbagai data yang terfokus.

Seperti penulisan surat, penyimpanan data, pembuatan slide presentasi, email, dan video call.

Bill Gates pertama kali mengumumkan Microsoft Office pada 1 Agustus 1988 di COMDEX di Las Vegas.

Paket perangkat lunak Microsoft awalnya dikenal sebagai Office Suite ketika pertama kali dirilis. Di bawah merek Aplikasi Bisnis Office, Microsoft juga memposisikan Office sebagai platform pengembangan untuk perangkat lunak lini bisnis.

Diketahui bahwa versi desktop Microsoft Office, yang tersedia untuk PC yang menjalankan Windows dan macOS, adalah yang paling populer.

Microsoft juga mengelola aplikasi seluler untuk platform Android dan iOS. Selain itu, Office juga dapat diakses melalui web. Dalam artian Office bisa dijalankan dari web browser.

Jenis Layanan Microsoft Office dan fungsinya

Selain pemahaman kami tentang Microsoft Office, kami sangat menyadari bahwa Microsoft Office kini telah memperluas layanan layanannya.

Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint adalah tiga layanan yang tersedia pada rilis awal Microsoft Office.

Namun, hal itu berbeda sekarang, karena sejumlah layanan yang memudahkan pekerjaan atau tugas telah muncul.

Menariknya, setiap layanan yang diberikan oleh Microsoft Office akan membantu dalam memaksimalkan aktivitas pengguna.

Selama pandemi COVID-19 saat ini, Microsoft Teams banyak digunakan untuk keperluan konferensi video.

Pengguna dapat menemukan penjelasan tentang layanan Microsoft Office tambahan di bagian berikut.

1. Microsoft Word

Pertama Microsoft Word adalah pengolah kata yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Microsoft.

Perangkat lunak ini adalah layanan pertama yang disertakan dalam suite Microsoft Office. Mengingat bahwa perangkat lunak ini tersedia pada 21 Oktober 1983,

Mirip dengan aplikasi pengolah kata lainnya, Word memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan memformat dokumen.

Contohnya meliputi dokumen surat, brosur, buku, kartu nama, jurnal, dan proposal.

Microsoft Word saat ini kompatibel dengan berbagai sistem operasi. Microsoft Windows, macOS, iOS, dan Android didukung.

Tentunya dengan hadirnya software ini memberikan fungsi dan keuntungan yang menarik bagi penggunanya. Sebagai contoh, pertimbangkan hal berikut:

  1. Kamu dapat menghemat waktu saat membuat dokumen
  2. Dapat dengan mudah mengelola data yang berkaitan dengan kata-kata dimana pun dan kapan pun
  3. Dapat dengan mudah mengetahui dan meminimalisir kesalahan penulisan (Typo)
  4. Dan meminimalisir penggunaan kertas

2. Microsoft Excel

Kedua Microsoft Excel, tidak seperti paragraf sebelumnya, adalah aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation.

Profesional akuntansi atau administrasi akan menganggap fungsionalitas Microsoft Excel sangat berguna.

Karena perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mengelola data keuangan secara efisien dan mudah dalam organisasi.

Banyak orang percaya bahwa Microsoft Excel sering disebut sebagai aplikasi manajemen data. Namun, data yang paling sering dikelola adalah data keuangan.

Pengguna Microsoft Excel juga dapat menganalisis keuangan, pinjaman, pendapatan, pengeluaran, dan melakukan riset harga, di antara fungsi lainnya.

3. Microsoft PowerPoint

Layanan Ketiga ialah Microsoft PowerPoint, adalah program berorientasi presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft.

Pengguna dapat membuat, mengatur, dan memformat file presentasi agar lebih menarik sebelum ditampilkan kepada audiens menggunakan perangkat lunak ini.

Sebagai alat presentasi, Microsoft PowerPoint banyak disukai. Mulai dari perkantoran, pebisnis, guru, siswa, dan terakhir trainer.

Selain menjadi alat untuk menyederhanakan presentasi, Microsoft PowerPoint menawarkan keuntungan tambahan kepada pengguna.

Jenis layanan Microsoft Office dan fungsinya

Di antaranya adalah kemampuan untuk mengakses di berbagai perangkat komputer, termasuk versi desktop dan smartphone, serta kemampuan untuk membuat slide presentasi profesional menggunakan berbagai fitur (audio, video, gambar, animasi, dan template/desain).

4. Microsoft Outlook

Layanan ke empat ialah Microsoft Outlook, adalah layanan manajer informasi pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft.

Mirip dengan Gmail, Microsoft Outlook biasanya digunakan untuk mengirim, menerima, dan membaca pesan email.

Namun, Microsoft Outlook memiliki fitur tambahan yang mungkin tidak kamu sadari. Misalnya, kamu dapat membuat dan mengelola buku alamat, draf rencana, dan menjadwalkan acara.

Memanfaatkan Microsoft Outlook akan memberi pengguna banyak keuntungan.

Diantaranya adalah akses pesan terstruktur. Atau, bahkan dapat meningkatkan produktivitas pengguna, terutama administrator.

Karena perangkat lunak ini memang dapat berkontribusi pada kelayakan kerja dan meningkatkan kemungkinan produktivitas pengguna di tempat kerja.

5. Microsoft OneNote

Layanan ke lima adalah Microsoft OneNote, seperti namanya, adalah program pencatat dengan kemampuan kolaborasi multi-pengguna.

Selain itu, OneNote dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Sebagai ilustrasi, memproses catatan, gambar, tangkapan layar, dan komentar audio.

Kamu juga dapat berbagi dengan pengguna OneNote lainnya melalui internet.

6. Microsoft OneDrive

Layanan ke enam ada Microsoft OneDrive adalah file hosting dan layanan sinkronisasi.

Memungkinkan pengguna mengunggah dan menyinkronkan file dengan penyimpanan awan (cloud).

Pengguna kemudian dapat mengaksesnya melalui browser web atau perangkat tertentu.

Layanan ini menawarkan kemampuan pengeditan online untuk dokumen Microsoft Office, termasuk Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote.

7. Microsoft Teams

Dan terakhir, Microsoft Teams adalah platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang menggabungkan percakapan kerja, konferensi video, penyimpanan file, dan integrasi aplikasi.

Kesimpulan

Pengguna akan menemukan berbagai fitur dan manfaat menarik di Microsoft Teams. Misalnya, dapat memfasilitasi dan mengamankan komunikasi dan data pengguna.

Kesimpulan

Microsoft Office adalah kumpulan perangkat lunak klien dan server yang dibuat oleh Microsoft.

Microsoft Office biasanya digunakan sebagai alat untuk memudahkan kegiatan perkantoran. Mengingat bahwa Microsoft awalnya merancang Office untuk penggunaan kantor, ini tidak dapat disangkal.

Demikian artikel tentang 7 Layanan Microsoft Office yang Sangat di Butuhkan, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.