Pengertian Website Menurut Para Ahli Terlengkap

Makrufi.com – Website merupakan situs web yang sudah banyak digunakan oleh para penggunanya. Jadi apa pengertian website menurut para ahli? Jika kamu belum mengetahuinya, kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Secara umum, website atau yang biasa disebut dengan web merupakan kumpulan halaman yang terdiri dari beberapa halaman yang berisi informasi dalam bentuk digital, baik tulisan maupun gambar yang sudah disediakan.

Website atau web bisa diakses oleh orang banyak di seluruh penjuru dunia yang memiliki koneksi jaringan internet.

Website juga sudah sangat populer hingga mendunia karna hampir seluruh orang menggunakan website di handphonenya masing-masing.

Sejarah Website

Pengertian Website

Pengertian Website adalah kumpulan halaman di domain internet yang dibuat untuk tujuan tertentu, saling berhubungan, dan dapat diakses secara luas melalui halaman beranda menggunakan browser dan URL situs web.

Untuk mengakses sebuah website, pengguna harus memiliki perangkat yang terhubung dengan internet atau intranet (komputer, smartphone).

Situs web atau halaman web biasanya adalah dokumen dalam format Hyper Text Markup Language (HTML) yang dapat diakses melalui HTTP atau HTTPS.

Sebuah protokol yang mengkomunikasikan informasi yang berbeda dari server situs web kepada konsumen melalui browser web.

Sejarah Website

Sir Timothy John Tim Berners-Lee membuat situs web, dan situs web pertama yang terhubung ke web memulai debutnya pada tahun 1991.

Tujuan Tim dalam membangun situs web adalah untuk memudahkan rekan peneliti tempat dia bekerja untuk berkomunikasi dan memperbarui informasi.

Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat Tim bekerja) menyatakan bahwa setiap orang dapat mengakses WWW secara gratis.

Situs web dapat menjadi produk dari satu orang atau situs web orang, atau dapat menjadi milik organisasi atau perusahaan, dan umumnya berfokus pada topik atau bidang minat tertentu.

Sebuah situs web mungkin memiliki hyperlink yang mengarah ke situs web lai. Oleh karena itu perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu dan situs web yang dibuat oleh bisnis terkadang tidak jelas.

Situs web ditulis dalam HTML atau diterjemahkan secara dinamis ke HTML dan diakses oleh aplikasi perangkat lunak yang dikenal sebagai browser web, terkadang dikenal sebagai Klien HTTP.

Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet menggunakan komputer pribadi, laptop, PDA, atau telepon seluler.

Sebuah situs web dibangun di atas sistem komputer yang dikenal sebagai server web, juga dikenal sebagai Server HTTP.

Pemahaman ini mungkin juga berlaku untuk perangkat lunak yang menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima dan mengirimkan halaman yang diperlukan untuk menjawab permintaan pengguna.

Perangkat lunak server web yang paling umum adalah Apache, diikuti oleh Microsoft Internet Information Services (IIS).

Pengertian Website

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Dibawah ini terdapat beberapa Pengertian Website menurut para ahli yang mengemukakan, antara lain:

1. Hakim Lukmanul

Hakim Lumanual adalah salah satu ahli yang mengungkapkan Pengertian Website.

Disebutkan bahwa website merupakan fasilitas internet yang menghubungkan materi baik secara lokal maupun jarak jauh.

Dokumen-dokumen ini dikenal sebagai halaman web, dan tautan situs web memungkinkan pengguna untuk menavigasi antar halaman (hypertext), baik di server yang sama maupun di server di seluruh dunia.

Netscape Navigator, Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan browser lainnya digunakan untuk melihat dan membaca halaman.

2. Gregorius

Pengertian Website adalah sebuah situs web yang saling berhubungan dan file terkait.

Web terdiri dari halaman atau halaman, serta kumpulan halaman yang dikenal sebagai beranda.

Beranda berada di bagian atas halaman. Di bagian bawah halaman ini terdapat tautan ke halaman terkait.

Secara umum, setiap halaman di bawah beranda disebut sebagai halaman anak, dan berisi tautan ke halaman web lain.

3. Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, contoh lain dari pengertian website. Yuhefizar mendefinisikan website sebagai suatu teknik penyediaan informasi di internet dalam bentuk gambar, teks, video, dan audio, serta secara interaktif.

Ini menawarkan manfaat menghubungkan kertas ke dokumen lain (hiperteks) yang dapat diakses menggunakan browser.

4. Jasmadi

Sementara itu, Jasmadi menyatakan pengertian website adalah kumpulan halaman web dan sumber daya yang menyertainya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya, yang diakses di server web dan biasanya dapat diakses melalui internet.

5. Ali Zaki & Smitdev Community

Menurut Ali Zaki dan Komunitas Smitdev, pengertian website adalah kumpulan halaman web yang disimpan dalam satu domain, yang masing-masing berisi dua atau lebih halaman web.

6. Arief

Arief adalah pakar lain yang menjelaskan tentang pengertian website.

Menurut Arief dideskripsikan sebagai aplikasi yang berisi berbagai dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, dan video) dan dapat diakses melalui perangkat lunak yang dikenal dengan browser.

Pengertian Website Menurut

7. Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom

Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom Pengertian Website merupakan salah satu layanan internet yang paling sering dimanfaatkan jika dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news, atau bahkan email.

8. Sholechul Azis

Pengertian Website menurut Azis merupakan sebuah komponen atau kumpulan komponen yang meliputi teks, gambar, suara, dan gerak untuk membuatnya menarik bagi pengunjung.

9. Sibero

Menurut Sibero tentang pengertian website adalah sistem terkait dokumen yang digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, video, dan konten lainnya di jaringan internet.

10. Hidayat

Hidayat berpendapat mengenai pengertian website adalah “halaman web lengkap yang bertempat di domain yang membawa informasi.” Sebuah situs web sering terdiri dari beberapa halaman web yang saling berhubungan.

Fungsi Website

Diatas kami telah membahas mengenai pengertian website baik secara umum maupun menurut para ahli yang mengemukakan, selanjutnya adalah fungsi website.

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari website yang sering kamu gunakan, antara lain:

Media Informasi

Peran situs web sebagai sumber informasi yang bervariasi adalah salah satu perannya yang paling penting.

Misalnya, jika kami mencari informasi di Google, Google akan mengembalikan situs web yang menyertakan informasi tentang apa yang kami cari.

Misalnya, jika Anda Google “Contoh Pidato Bahasa Jawa tentang Tema Cinta Damai”, beberapa situs web akan muncul di halaman pertama. Jahberpidato.my.id adalah salah satu website yang menampilkan konten ini.

Media Hiburan

Youtube adalah salah satu situs web paling populer di dunia. Selain memberikan informasi berupa video.

Youtube.com adalah situs web lain yang mungkin membantu kita meremajakan pikiran kita.

Ya, karena ada banyak hal yang menghibur di YouTube. Bahkan materi yang bersifat hiburan pun sering populer di YouTube.

Media Komunikasi

Tahukah kita bahwa Facebook dan Twitter dimulai sebagai situs web? Apa yang bisa kita lakukan dengan media sosial? Apalagi jika tidak ada keterlibatan dan komunikasi.

Jenis Website

Media Bisnis atau Jual Beli

Hampir semua perusahaan sekarang dapat diperdagangkan di situs web.

Sebelumnya, kami harus langsung ke toko untuk membeli sepatu atau pakaian.

Tapi hari ini semuanya berbeda karena kita bisa membeli apa saja di internet.

Jenis Website

Setelah membahas pengertian website dan fungsi website, pembahasan terakhir adalah mengenai 2 jenis website yang sering digunakan oleh banyak orang.

Dibawah ini terdapat beberapa jenis website yang sudah banyak digunakan oleh para pengguna website, antara lain:

1. Static Website

Situs web statis adalah informasi yang disimpan di server dalam format tertentu dan tampak sama bagi semua pengguna.

Bahasa pemrograman HTML atau Cascading Style Sheets biasanya digunakan untuk membuat situs web (CSS) semacam ini.

Secara umum, setiap kali Anda mengunjungi situs web statis ini, Anda akan melihat formulir yang sama.

Sekalipun pengelola situs web memperbarui informasi, tampilan yang kami lihat saat mengunjungi situs web semacam ini umumnya tetap sama.

Jika pengelola ingin mengubah tampilan situs web ini, ia harus melakukannya dengan menggunakan kode program, yang mengharuskan pengelola untuk memahami dasar-dasar pemrograman situs web.

Fungsi Website

2. Dynamic Website

Situs web dinamis, sebagai lawan dari situs web statis, dapat menyesuaikan dengan kondisi ketika orang menelusuri situs web melalui penggunaan database.

Jika tampilan website statis sangat ditentukan oleh HTML dan CSS, maka tampilan website dinamis ditentukan oleh bahasa pemrograman seperti Perl, PHP, Javascript, Python, dan sebagainya.

Pengembang situs web dapat membuat halaman dengan konsep visual dan kemungkinan interaksi pengguna yang kuat dengan cara ini.

Cookie, kemampuan obrolan langsung, area komentar, formulir pendaftaran, dan fitur lainnya adalah umum di situs web dinamis.

FAQ

Di bawah ini terdapat pertanyaan mengenai pengertian website, antara lain:

Apa Perbedaan Antara Web dengan Website?

Web dan website adalah sama, karena website biasa disebut dengan web bukan dua hal yang berbeda.

Web merupakan nama yang diberikan untuk seluruh bagian internet dan bisa diakses dengan software web browser.

Kesimpulan

Website adalah kumpulan halaman di domain internet yang dibuat untuk tujuan tertentu, saling berhubungan, dan dapat diakses secara luas melalui halaman beranda menggunakan browser dan URL situs web.

Demikian artikel tentang pengertian website menurut para ahli terlengkap, semoga artikel diatas dapat bermanfaat juga bisa mmebantu untuk kamu semua