Apa Pengertian Microsoft Office Word dan Fungsinya

Makrufi.com – Sudah banyak sekali pelajar, mahasiswa, karwayan, guru, dosen, dan lain sebagainya yang menggunakan microsoft office word, tetapi apakah kamu sudah mengetahui secara umum tentang pengertian microsoft office word? Jika belum, kami akan membahasnya pada artikel yang kami sediakan di bawah ini.

Microsoft Office Word biasa di kenal dengan software ketik, tetapi tahukan kamu dapat memasukan foto, membuat tabel, dan lain sebagainya pada microsoft office word? Berikut penjelasannya.

Pengertian Microsoft Office Word

Microsoft Office Word, juga dikenal sebagai Microsoft Office Word dan Office Word, adalah program pengolah kata yang membantu dalam pembuatan dokumen seperti jurnal, makalah, dan jenis tulisan lainnya.

Microsoft Office Word

Pertama kali dirilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word, Microsoft Office Word terus dikembangkan.

Office Word kompatibel dengan banyak sistem operasi. Microsoft Windows, LINUX, Android, iOS, dan MacOS ada di antara mereka.

Fungsi Microsoft Office Word

Fungsi utamanya adalah untuk mengetik. Namun, Office Word memiliki fitur tambahan yang membuatnya berguna untuk berbagai keperluan. Termasuk di antaranya:

  1. Membuat Dokumen: Pembuatan dokumen pada Microsoft Office Word dapat kamu lakukan secara digital, yang dapat mempermudah dan cepat pekerjaan kamu
  2. Print Dokumen: Jika kamu sudah selesai membuat dokumen di Microsoft Office Word, kamu dapat dengan mudah mencetaknya pada menu Print yang telah di sediakan di Microsoft Office Word
  3. Membuat surat: Selain dapat membuat dokumen kamu juga dapat membuat surat
  4. Membuat Undangan: Kini kamu dapat dengan mudah membuat undangan pada Microsoft Office Word dengan desain-desain yang tersedia
  5. Memasukan gambar: Kamu juga dapat memasukan gambar yang kamu mau dengan format jpg ataupun jng pada dokumen word
  6. Membuat dokumen bergaya Tipografi: Terdapat jenis font yang banyak dan dapat kamu atur sesuai keinginan
  7. Membuat Tabel: Jika kamu memiliki dokumen yang mengharuskan menggunakan tabel, kini kamu dapat membuatnya pada Microsoft Office Word
  8. Memilih format penyimpanan: Pada Microsoft Office Word kamu dapat memilih format penyimpanan dokumen sesuai keinginan

Sejarah Microsoft Office Word

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ini awalnya dirilis pada tahun 1983 di bawah moniker Multi-Tool Word. Aplikasi ini dikembangkan oleh Charles Simonyi dan Richard Brodie.

Awalnya, Office Word hanya kompatibel dengan sistem operasi Xenix dan MS-DOS. Awalnya, hanya sejumlah fitur yang dapat diakses. Karena hanya bisa menghapus, menggarisbawahi, dan memiringkan teks.

Namun, aplikasi ini terus dikembangkan dari waktu ke waktu. Ada banyak opsi dukungan dan fitur baru, seperti dukungan MacOS. Peningkatan format dan desain RTF hingga Office Word mencapai kondisi saat ini.

Fitur Microsoft Office Word

Dalam perkembangannya, Office Word telah memasukkan fitur-fitur berikut: WYSIWYG (what-you-see-is-what-you-get).

Hal ini menunjukkan bahwa semua teks dalam dokumen yang ditulis (dan ditampilkan di layar) akan tampak identik saat dokumen dicetak.

  1. Koreksi kata: Jika kamu sering melakukan kesalahan dalam mengetik, dengan menggunakan Microsoft Office Word kamu dapat dengan mudah mengetahuinya dan akan di koreksi secara otomatis
  2. Gaya font: Terdapat tiga gaya teks yang di sediakan pada Microsoft Office Word, yaitu Italic, Bold, dan Underline
  3. Format Dokumen: Kamu dapat mengubah tata letak huruf pada dokumen, seperti penulisannya yang berada di rata kiri menjadi rata tengah ataupun sebaliknya

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office Word

Di bawah ini kami telah rangkum kelebihan dan kekurangan microsoft office word, sebagai berikut:

Kelebihan Microsoft Office Word

Berikut kelebihan microsoft office word:

1. Autocorrect

Jika huruf awal kalimat atau paragraf ditulis dengan huruf kecil. Microsoft Office Word akan secara otomatis mengoreksi atau menggunakan huruf besar pada teks. Ini sesuai dengan konvensi penulisan standar.

Selain itu, secara otomatis menggunakan huruf kapital pada huruf pertama tanggal, termasuk hari dan bulan, di awal kata.

2. Autosave

Ketika kamu lupa menyimpan file karena komputer atau laptop kamu otomatis mati atau restart. Jika kamu membukanya kembali, program kata akan muncul, bersama dengan 5 hingga 15 menit dari file terbaru yang kamu abaikan simpan.

Sehingga pengguna tidak perlu menulis ulang secara berlebihan karena kesalahan OS atau faktor human error.

Pengertian Microsoft Office Word

3. Auto Formatting

Ketika dokumen berisi daftar poin berpoin atau bernomor. Ini akan secara otomatis mengikuti angka ketika kamu menekan Enter. Demikian pula, ketika sebuah paragraf selesai, awal setiap kalimat harus menjorok.

kamu tidak harus berulang kali menggunakan format penulisan yang sama, sehingga menghemat waktu.

4. Pembuatan Tabel Otomatis

Terlepas dari kenyataan bahwa itu disebut pengolah kata non-huruf. Word menyediakan opsi penyisipan yang menyertakan opsi pembuatan tabel, dan jumlah kolom dapat ditentukan baik secara horizontal maupun vertikal.

5. Pembuatan Grafik Otomatis

Seseorang dapat membuat bagan kategori dalam bentuk garis atau batang, peta ke kolom, atau garis dan batang. Bahkan lebih sederhana karena kamu hanya perlu mengubah nama atau font dan warnanya. Tanpa pengeditan ekstensif atau pemformatan manual dari posting.

6. Bisa Menyisipkan Gambar

Word juga dapat menyisipkan gambar dari penyimpanan internal komputer atau dari internet. Ini berguna untuk membuat kartu nama dan kartu laporan.

7. Mendukung Teks Simbol, dan Rumus

Tidak hanya teks standar dari A hingga Z atau angka dari 0 hingga 9 yang didukung. Namun, itu juga dapat berisi banyak simbol dan rumus matematika.

8. Tersedia Template Lengkap

Banyak template dan desain default telah disertakan dalam Microsoft Office Word, yang sangat berguna bagi pengguna. Seperti kalender, template sertifikat, kartu nama, brosur, dan undangan.

9. Mendukung Dokumen Pdf, dan Html

Meskipun program Word mendukung format dokumen .docx, program ini tidak mendukung format .rtf. Namun, sebelum penyimpanan, kamu dapat mengubah jenis file ke pdf atau halaman web, misalnya.

Kekurangan Microsoft Office Word

Berikut kekurangan microsoft office word:

1. Update Terbaru Menyesuaikan OS Windows

Karena Microsoft membuat Word. Oleh karena itu, OS yang digunakan setiap ada update juga harus diupdate. Ini diperlukan untuk pengoperasian perangkat lunak yang benar.

Misalnya, aplikasi Microsoft Office Word 365. Sistem operasi minimum harus Windows 10

2. Tidak Support Dokumen Bertabel dengan Perhitungan Kompleks

Meskipun ada fitur untuk menyisipkan tabel, itu tidak diaktifkan secara default. Word tidak kompatibel dengan perhitungan otomatis yang rumit.

3. Tidak Bisa untuk Presentasi

Meskipun mampu menggabungkan gambar dan memiliki berbagai gaya font. Namun, tidak ada mode presentasi.

4. Pengguna Harus Berlisensi dan Berbayar

Microsoft Office Word adalah aplikasi yang luar biasa. Namun, bagi sebagian orang, ini mungkin agak berlebihan. Terutama biaya yang ditanggung antara negara maju dan negara berkembang.

Fungsi Microsoft Office Word

Untuk setiap lisensi bernilai sekitar $2,1 juta. Namun, ini dapat dielakkan dengan membeli laptop atau komputer yang menyertakan paket Microsoft Office asli, sehingga menghemat biaya.

5. Antar Muka Berubah Setiap kali Update

Hampir setiap tahun, fitur baru ditambahkan dan desain menu pita diubah. Oleh karena itu, kamu harus belajar sedikit dan memahaminya sekali lagi.

Format Yang di Dukung Microsoft Office Word

Seperti pengetahuan umum, ada banyak format dokumen yang tersedia di komputer.

Beberapa format ini hanya dapat dibuka dengan program tertentu. Format yang tercantum di bawah ini didukung oleh Microsoft Office Word.

  1. Doc: Format ini dapat di pakai pada Microsoft Office versi 2007 ke bawah
  2. Docx: Format ini dapat di pakai setelah Microsoft Office 2007
  3. Html atau Htm: Format ini di gunakan untuk dokumen versi web
  4. RTF (Rich Text Format): Format ini biasa di gunakan untuk berbagai aplikasi tulisan
  5. PDF: Format ini hanya mendukung gambar dan tulisan saja, dan biasa di gunakan untuk Ebook
  6. TXT: Format ini sangat banyak di gunakan di berbagai sistem komputer
  7. WPS: Format ini sangat banyak di gunakan oleh versi Android
  8. XPS: Format dokumen ini di kembangankan oleh Microsoft

Cara Membuka Microsoft Office Word Di Komputer

Menginstal perangkat lunak merupakan prasyarat untuk membuka Microsoft Office Word.

Namun, jika kamu pengguna laptop atau komputer desktop yang sistemnya sudah terinstal dengan Office Word, kamu bisa langsung membukanya. Berikut cara membuka nya:

  1. Buka program My Computer atau This PC (Untuk Windows 7,8 dan 10)
  2. Jika sudah masuk ke dalam Drive Sistem
  3. Lalu masuk kedalam folder Program Files (32 bit) atau program files (X86) (64 bit) > kemudian pilih ke folder Microsoft Office Word
  4. Cari folder office dan sesuaikan dengan versi
  5. Lalu carilah aplikasi bernama WINWORD.exe
  6. Tunggu prosesnya

Kesimpulan

Microsoft Office Word, juga dikenal sebagai Microsoft Office Word dan Office Word, adalah program pengolah kata yang membantu dalam pembuatan dokumen seperti jurnal, makalah, dan jenis tulisan lainnya.

Demikian artikel tentang Apa Pengertian Microsoft Office Word dan Fungsinya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.