Pengertian Perusahaan Dagang Menurut Para Ahli Beserta Karakteristiknya

Makrufi.com – Sudah sering kamu jumpai produk perusahaan datang yang sudah tak terhitung, tetapi apakah kamu sudah mengetahui pengertian perusahaan dagang menurut para ahli beserta dengan karakteristiknya?

Pada umumnya, perusahaan dagang dapat di sebut dengan istilah dari setiap merek. Tujuan atau inti dari perusahaan dagang ialah untuk mencari keuntungan, menjual kembali, ataupun memperoleh barang tanpa di lakukan operasi terlebih dahulu.

Perbedaan mendasar dalam pengertian perusahaan dagang adalah faktor utama yang dipertimbangkan setiap pelaku bisnis ketika menjual produk perdagangan, terutama dalam bisnis perdagangan internasional yang akan ditawarkan dan dijual di seluruh wilayah untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian Perusahaan Dagang Menurut Para Ahli

Oleh karena itu, konsep perusahaan dagang yang berkaitan dengan pencatatan setiap akun juga ada di perusahaan jasa, yang biasanya bekerja di perusahaan dagang.

Dengan penjelasan mengenai pengertian perusahaan dagang, diharapkan kamu dapat memahami bagaimana menjalankan bisnis perdagangan, yang akan dijelaskan secara rinci dalam artikel ini.

Pengertian Perusahaan Dagang Menurut Para Ahli

Yang termasuk dalam pengertian perusahaan dagang adalah kegiatan perusahaan yang fungsi utamanya adalah perolehan, penyimpanan, dan penjualan kembali barang dagangan tanpa mengubah nilainya.

Menurut para ahli, berikut juga pengertian dari perusahaan dagang:

Menurut Murti Sumarni

Perusahaan dagang didefinisikan sebagai suatu usaha yang membuat suatu produksi dan mengelola sumber daya dengan berperan sebagai bahan dalam penciptaan suatu produk yang nantinya akan didistribusikan kepada konsumen yang akan menikmati produk tersebut.

Menurut Molengraffa

Perusahaan dagang didefinisikan sebagai tindakan terus menerus yang dilakukan dan menghasilkan pendapatan melalui perdagangan hasil produksinya sendiri.

Karakteristik Perusahaan Dagang

Mengenai perusahaan perdagangan, tidak dapat disangkal bahwa kamu memiliki karakteristik dan karakteristik tertentu yang berkaitan dengan industri perdagangan dan pengecer.

Karakteristik tersebut membedakan perusahaan ini dengan perusahaan manufaktur. Ini adalah karakteristik yang relevan:

1. Reseller Produk Tanpa Proses Pengolahan

Karakteristik pertama adalah membeli dan menjual produk yang belum diproses atau tidak diubah.

Sebaliknya, perusahaan manufaktur menciptakan barang dari bahan mentah, bahan setengah jadi, dan barang jadi, yang kemudian kamu jual kepada konsumen.

2. Pendapatan Total Bersih Dari Penjualan

Karakteristik kedua adalah bahwa perusahaan memperoleh sebagian besar pendapatannya dari penjualan produk saja.

Karena perusahaan tidak perlu menyiapkan mesin operasional dan bahan baku, hal ini bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi sebuah perusahaan.

Jika penjualan menurun, pendapatan perusahaan mau tidak mau akan turun.

Di sisi lain, jika penjualan meningkat, keuntungan juga meningkat secara signifikan.

Melihat karakteristik tersebut, jelaslah bahwa peningkatan penjualan menjadi hal yang harus diprioritaskan.

Artinya, manajemen penjualan harus diarahkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan volume penjualan.

3. Modal Awal Dari Harga Pokok Produk Penjualan

Perusahaan jenis ini memperoleh modal usahanya dengan menghitung harga pokok penjualan dalam tiga tahap (hpp).

Karakteristik Perusahaan Dagang

Misalnya, jika harga pokok produk adalah Rp 2.000.000 dan perusahaan menjualnya dengan harga Rp 3.000.000, maka modal usahanya adalah Rp 2.000.000.

Sisanya Rp 1.000.000 merupakan keuntungan atau keuntungan.

Oleh karena itu, jika produk tidak segera dijual, itu menandakan bahwa modalnya mandek.

Oleh karena itu, harus dicarikan solusi untuk menutupi kredit dan kas perusahaan yang semakin menipis.

Akibat dari usaha dagang yang tidak lagi dapat memenuhi tujuan penjualannya tentu saja perusahaan tersebut akan gulung tikar atau bahkan bangkrut.

Karena terbukti tidak ada lagi pendapatan berupa keuntungan dan tidak ada modal yang dikembalikan.

4. Sebagai Perantara antara Produsen dengan Konsumen

Ciri kedua perusahaan dagang adalah bertindak sebagai perantara antara produsen dan konsumen.

Dimana produsen mengeluarkan barang yang kemudian dibeli oleh pelaku usaha perdagangan dan dijual kembali kepada masyarakat umum.

Dengan karakteristik tersebut, konsumen tidak lagi diharuskan membeli langsung dari produsen.

Karena sudah ada bisnis yang dilengkapi untuk menangani semua jenis pembelian produk.

5. Reseller Kemasan Produk Tidak Berubah

Ciri atau ciri selanjutnya adalah tidak ada perbedaan antara barang yang dibeli dengan yang dijual.

Karena perusahaan ini tidak melakukan pengolahan untuk meningkatkan daya jual produk.

Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dibeli dari produsen dan dijual ke konsumen mempertahankan bentuk dan nilai aslinya.

Oleh karena itu, perusahaan ini tidak bertanggung jawab atas gaya kemasan, manfaat produk, variasi rasa, dll.; produsen adalah.

6. Harga Penjualan Produk Kembali Lebih Tinggi Dari Harga Pembelian

Elemen terakhir dari definisi perusahaan perdagangan adalah menghasilkan keuntungan melalui penjualan produk dengan harga yang lebih tinggi daripada harga pembelian.

Misalnya, jika harga pembelian barang adalah Rp 800.000, perusahaan ini akan menjual kembali barang tersebut seharga Rp 1.000.000.

Berdasarkan perhitungan di atas, terdapat selisih sebesar Rp 200.000. Selisih ini merupakan pendapatan atau keuntungan perusahaan dagang.

Ciri Pengertian Perusahaan Dagang

Dalam hal perusahaan dagang, kamu dapat dibagi menjadi empat jenis berdasarkan karakteristiknya, terutama yang melekat pada perusahaan perdagangan.

Ciri Pengertian Perusahaan Dagang

Berikut ini diuraikan ciri-ciri perusahaan dagang yang bersangkutan:

Tampilan Produk yang Diperjuabelikan

Bagi perusahaan dagang, produk yang dapat diperdagangkan adalah barang yang berwujud atau fisik dan dapat dilihat.

Contohnya antara lain barang dagangan, kebutuhan rumah tangga, alat komunikasi, dan lain-lain.

Dan pada perusahaan jasa, produk yang dijual dan diperdagangkan adalah jasa yang bersifat intangible atau non fisik.

Tidak Ada Perubahan Bentuk Dan Fungsi Barang

Fungsi utama perusahaan dagang adalah membeli barang dari distributor dan menjualnya kembali tanpa mengubah prosesnya atau mengubah bentuk, sifat, atau fungsinya.

Pos Pencatatan Akun-Akun Khusus

Berbagai akun khusus, seperti untuk persediaan barang dagangan, harga pokok penjualan, diskon penjualan dan retur, dll digunakan untuk mencatat pembukuan perusahaan dagang.

Hasil Perhitungan Laba Maupun Rugi

Laporan laba rugi perusahaan perdagangan akan berbeda dengan perusahaan jasa ketika menghitung untung atau rugi perusahaan perdagangan.

Alasan untuk ini adalah bahwa ada akun khusus di perusahaan jasa dan perdagangan, dan keuntungan ditentukan dengan mengurangi pendapatan dari pengeluaran.

Jenis Dan Bentuk Perusahaan Dagang

Pada dasarnya bentuk dan jenis perusahaan dagang dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Bentuk atau jenis perusahaan dagang adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan Proses Barang

Barang produksi adalah perusahaan yang menjual kembali produk berupa bahan baku menjadi bahan dasar untuk pembuatan suatu produk atau pembuatan alat produksi untuk pembuatan barang jadi. Misalnya, benang, bubut, kayu, dll.

Perusahaan perdagangan yang dapat membeli dan menjual produk jadi atau barang jadi disebut barang jadi. Misalnya, elektronik, pakaian, dan furnitur.

2. Berdasarkan Pada Pembelian

  1. Pada perusahaan besar (wholesaler) adalah perusahaan dagang yang membeli produk langsung dari pabrik distribusi untuk pembelian barang dalam jumlah besar, selanjutnya menjualnya dalam jumlah banyak. Misalnya, grosir pakaian, tas, dan sandal
  2. Pada perusahaan perantara (middleman), barang dagangan dibeli dalam jumlah besar dari pabrik dan dijual kembali dalam jumlah sedang ke perusahaan ritel. Misalnya, sub-grosir, toko, ruko, dll
  3. Perusahaan retail atau pengecer (retailer) adalah perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen akhir atau dengan pembeli pada barang retail. Seperti supermarket, Pertamina, dan warung, antara lain

3. Jenis Aktivitas Utama Perusahaan Dagang

Dalam bentuk perusahaan dagang, sudah memiliki beberapa kegiatan utama yang saling bergantung dalam mencapai keuntungan bisnis, seperti halnya ketika kamu juga melakukan kegiatan dalam pembelian barang, seperti membedakan antara PO dan PR, juga dikenal sebagai pesanan pembelian dan daftar permintaan pembelian.

Untuk memahami perusahaan perdagangan seperti yang dijelaskan di atas, berikut ini adalah beberapa kegiatan utama perusahaan perdagangan:

  1. Aktivitas pertama pembelian, yaitu kegiatan perusahaan yang meliputi perolehan aset perusahaan, seperti perolehan barang dagangan, dan perolehan barang lain sebagai bagian dari kegiatan usaha
  2. Aktivitas kedua pengeluaran uang, yaitu kegiatan perusahaan yang harus mengeluarkan uang untuk pembelian barang atau jasa, akibatnya kamu juga harus membayar pajak, atau membayar hutang untuk pembelian, dan memenuhi persyaratan lain yang terkait dengan perdagangan kegiatan usaha
  3. Aktivitas ketiga penjualan, yaitu penjualan barang perusahaan untuk menghasilkan pendapatan atau keuntungan
  4. Aktivitas keempat penerimaan uang, yaitu kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan penjualan barang. Penjualan barang akan disertai dengan penerimaan barang dari pembayaran, pelunasan, piutang, dan sumber lainnya

Jenis-Jenis Akun Terdapat Pada Perusahaan Dagang

Selain jenis perusahaan perdagangan, kamu juga dapat menemukan informasi tentang jenis akun perusahaan perdagangan. Berikut klarifikasinya:

  1. Rekening pembelian digunakan untuk pembelian barang dagangan secara tunai atau kredit
  2. Rekening penjualan adalah jenis rekening yang biasanya digunakan untuk menjual barang secara tunai atau kredit
  3. Akun persediaan barang dagangan, yang terdiri dari barang dagangan yang dijual kembali tetapi tidak selalu terjual seluruhnya, sehingga menimbulkan sisa. Setelah dihitung nilainya, sisa barang akan dicatat dalam akun persediaan barang dagangan
  4. Rekening retur pembelian dan pengurangan harga digunakan untuk mengembalikan sebagian barang yang dibeli kepada penjual karena rusak atau tidak sesuai pesanan
  5. Rekening retur penjualan dan pengurangan harga digunakan untuk menerima kembali dari pembeli beberapa barang yang telah terjual tetapi rusak atau tidak sesuai dengan pesanan
  6. Akun hutang usaha biasanya digunakan untuk mencatat hutang usaha perusahaan dan penyelesaian kewajiban untuk pembelian yang dilakukan secara kredit
  7. Piutang harus mendokumentasikan keberadaan piutang usaha dan penerimaan pelunasan piutang atas penjualan kredit
  8. Akun diskon pembelian untuk mencatat diskon pembeli untuk melunasi hutang selama periode diskon
  9. Akun diskon penjualan mengacu pada akun yang digunakan untuk mencatat diskon penjual untuk menerima pembayaran piutang selama periode diskon
  10. Akun beban angkut pembelian untuk mencatat biaya angkut yang dikeluarkan oleh pembeli
  11. Akun biaya pengiriman barang penjualan, yang digunakan untuk mencatat biaya pengiriman yang terjadi pada saat penjual membayar pengiriman barang

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang perusahaan dagang, sebagai berikut:

Contoh Perusahaan Dagang Apa Saja?

Terdapat contoh dari perusahaan dagang yang dapat kamu temui sehari-hari yaitu toko kelontong dan juga supermarket.

Kesimpulan

Pengertian perusahaan dagang adalah kegiatan perusahaan yang fungsi utamanya adalah perolehan, penyimpanan, dan penjualan kembali barang dagangan tanpa mengubah nilainya.

Demikian artikel tentang Pengertian Perusahaan Dagang Menurut Para Ahli Beserta Karakteristiknya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.