Berikut Ini Tujuan Desain Produk

Makrufi.com – Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai tujuan desain produk yang merupakan hal terpenting didalam dunia produk. Jika kamu belum mengetahuinya, simak penjelasan dibawah ini.

Saat ini nilai dari sebuah produk tidak hanya manfaatnya saja yang diutamakan namun adanya nilai estetika dari desain produk yang diperlihatkan.

Pada bidang pemasaran desain pada produk menjadi sangat penting untuk menarik minat khalayak pada sebuah produk.

Selain itu desain pada jenis layanan atau barang produksi akan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis.

Oleh karena itu perlu diketahui tentang apa itu desain pada produk, bagaimana konsepnya, jenis serta manfaat bagi berkembangnya bisnis yang ada di pasaran.

Tujuan Desain Produk

Desain produk adalah suatu kreatifitas dalam memecahkan masalah dengan target yang jelas.

Dalam hal ini, sebuah desain pada layanan atau barang produksi tidak hanya sebuah rancangan di atas kertas belaka namun lebih mengutamakan proses dari awal hingga akhir.

Dengan melibatkan rancangan, gagasan yang harus terwujud serta memiliki nilai estetika yang tinggi.

Desain produk menggambarkan proses membayangkan, menciptakan, dan mengulangi produk yang memecahkan masalah pengguna atau memenuhi kebutuhan spesifik di pasar tertentu.

Kunci dari desain produk yang sukses adalah pemahaman tentang pelanggan pengguna akhir, target kenapa produk tersebut dibuat.

Desainer produk berusaha memecahkan masalah nyata bagi orang-orang nyata dengan menggunakan empati dan pengetahuan tentang kebiasaan, perilaku, frustrasi, kebutuhan, dan keinginan calon pelanggan mereka.

Maka desain pada produk disebut juga sebuah ide dan hasil kreasi manusia yang memiliki nilai manfaat serta nilai tambah bagi khalayak luas.

Spesifikasi dari sebuah desain pada produk mempertimbangkan adanya proses produksi, harapan khalayak serta keputusan final yang telah dianalisa.

Definisi Desain Produk Menurut Para Ahli

Dibawah ini terdapat beberapa pengertian desain produk menurut para ahli, antara lain:

Franklin G Moore dan Thomas E Hendrick (1999)

Desain dari hasil produksi merupakan hal yang sangat penting, karena hasil produksi baru dapat menaikan dua kali atau tiga kali omset suatu organisasi pada suatu waktu.

Brutou dan Margaret (2006)

Desain produk adalah pengembangan produk (barang) yang dirancang untuk memenuhi kepuasan konsumen.

Kotler dan Armstrong (2008)

Desain produk adalah konsep yang lebih besar dari sekedar gaya. Gaya bisa menarik perhatian atau membosankan dan juga gaya hanya mendeskripsikan penampilan produk.

Gaya yang sensasional selain bisa menarik perhatian juga bisa menghasilkan estetika yang indah, tetapi gaya tersebut belum tentu bisa membuat kinerja produk menjadi lebih baik.

Sedangkan desain produksi bukan hanya sekedar penampilan luar, desain produk adalah jantungnya sebuah produk.

Dalam menciptakan sebuah desain untuk barang atau layanan yang diproduksi akan terjadi proses yang sangat panjang.

Oleh karena itu hasil dari desain untuk barang atau layanan yang diproduksi merupakan sebuah hal yang paling penting bagi perusahaan.

Bahkan desain pada hasil produksi itu sendiri bersifat sangat sensitif. Karena akan menentukan pula keberhasilan atau pun kegagalan dalam ranah bisnis.

Perusahaan akan mengutamakan proses serta pengembangan ide dari desain pada layanan atau barang yang diproduksi tersebut.

Maka dalam tahapan sebuah desain pada produk itu sendiri perlu adanya penanganan khusus mulai dari awal hingga akhir.

hingga terciptanya sebuah desain baru yang inovatif atau pengembangan desain pada  barang atau layanan yang diproduksi itu sendiri yang lebih unik dan menarik menjadi sebuah produk nyata.

Tujuan Desain Produk

Jenis Desain yang dikembangkan untuk Menghasilkan Produk

Dalam pengembangan suatu desain dari hasil yang diproduksi ada dua ada jenis yang bisa dikembangkan untuk menghasilkan produk secara nyata.

Sebuah Desain yang Baru

Sebuah desain yang benar-benar baru artinya pada awal perencanaan sudah mematangkan ide yang berbeda dan belum pernah ada.

Sebuah prototype baru yang ada di pasaran. Hasil dari melakukan penelitian yang mendalam serta adanya inovasi dalam mewujudkan desain pada hasil produksi dengan tampilan lain dari pada yang lain serta kreatif.

Pada saat menghasilkan desain pada produk modifikasi memang lebih mudah dilakukan.

Namun, tetap saja pada modifikasi sebuah desain harus menonjolkan ciri khas tersendiri.

Tidak serta merta sama dengan desain pada barang atau layanan yang diproduksi sudah ada di pasaran.

Pembaharuan Terhadap Desain

Sebuah desain akan berfungsi lebih baik jika adanya pembaharuan terhadap desain yang sudah ada di pasaran.

Hal tersebut bisa terjadi pada produk baru maupun variasi produk yang ada di pasaran.

Adanya desain pada hasil produksi diciptakan untuk digunakan secara nyaman dan memiliki nilai manfaat serta aman pada saat menggunakan sebuah produk.

Sebuah interaksi yang terjadi pada pengguna dengan produk yang dihasilkan bisanya akan menimbulkan hal berikut, apakah nyaman serta aman.

Adanya solusi serta manfaat serta berdampak positif secara emosional kejiwaan untuk mengatasi masalah pada pengguna.

Adapun dari tujuan desain dari hasil produksi itu sendiri, secara umum bisa dijabarkan berikut ini,

Fungsi  Desain

Berikut Ini Tujuan Desain Produk

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari desain, antara lain:

  • Sebagai identitas dari tujuan desain produk itu sendiri, jadi pelindung untuk produk dan menambah nilai jual suatu produk. Sementara itu nilai manfaat dari desain dari hasil produksi tentu menjadi hal yang diperhatikan oleh konsumen
  • Konsumen akan lebih melirik sebuah produk berdasarkan desain yang ditampilkan. Karena dengan melihat desain yang berkualitas, penampilan yang menarik, kemudahan penggunaan serta minim kendala menjadikan konsumen mengambil kesimpulan bahwa hasil produksi tentu bermutu dan berkualitas
  • Sebuah penciptaan dan inovasi dalam menghasilkan desain pada barang atau jasa akan membawa manfaat yang besar dalam sebuah bisnis. Dengan adanya faktor penentuan sebuah kesuksesan produk akan meningkatkan kinerja, efisiensi serta bisa mengurangi biaya dan resiko untuk bisnis yang dijalankan
  • Dalam menjangkau pasar yang lebih luas maka diperlukan sebuah desain pada hasil produksi yang inovatif serta kreatif. Karena adanya desain yang unik tersebut merupakan faktor penentu sebuah kesuksesan suatu produk atau jasa. Tentunya akan berpengaruh pada penjualan serta meningkatnya pengembalian investasi sebuah bisnis
  • Sebuah perusahaan dikatakan sukses jika menghasilkan sebuah desain pada hasil produksi yang cermat, dengan adanya optomalisasi penggunaan bahan, pengurangan biaya produksi serta meminimalisir pemborosan. Selain itu desain pada hasil tujuan desain produk yang dihasilkan mampu memiliki sebuah karakteristik yang unik
  • Desain pada hasil produksi baik yang baru maupun pengembangan dari desain yang sudah ada tentu akan berpengaruh pada proses penjualan sebuah layanan atau barang yang sudah diproduksi. Konsumen cenderung menilai secara visual
  • Baik produk maupun jasa jika terlihat nilai estetika produknya tinggi tentu berpengaruh pada produk. Oleh karena itu, penjualan produk itu sendiri akan meningkat. Dengan begitu sangat memengaruhi bisnis yang sedang dikembangkan

Dengan adanya desain pada hasil produksi yang dikembangkan untuk memberikan pengaruh pada nilai sebuah hasil tujuan desain produk, maka sebuah perusahaan harus memperhatikan proses dari pengembangan desain hasil produksi itu sendiri.

Berdasarkan manfaat serta fungsi sebuah desain maka akan menghasilkan kebermanfaatan dalam menjalankan bisnis yang dilakukan.

Kesimpulan

Jadi dengan menggunakan desain produk maka produksi yang kamu hasilkan akan menjadi lebih baik dan akan dikembangkan lebih cepat.

Demikian artikel tentang tujuan desain produk, semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Makrufi.com Lainnya di Google News