Apa Yang Di Maksud Bauran Produk

Bauran produk – istilah lainnya product mix, ada juga yang menyebutnya Product Assortment. Sebenarnya apa yang dimaksud produk mix? jawaban mudahnya adalah total keseluruhan dari daftar produk atau Lini produk sebuah perusahaan yang ditawarkan kepada Konsumen. Dengan demikian anda dapat membeyangkan, berati berkaitan dengan semua produk yang anda produksi jika perusahaan anda memproduksi barang, gabungan semua kategori barang yang anda jual jika usaha anda toko / warung, gabungan semua kategori jasa jika anda menjual jasa.

Pada ilmu pemasaran produk mix merupakan salah satu upaya dalam menetapkan strategi pemasaran produk itu sendiri. Disini anggap saja anda berusaha meraih semua market share atas produk-produk yang mampu diproduksi atau anda jual. Jika anda mengerti benar dengan strategi pemasaran produk (STP), maka pastinya anda memahami benar adanya keterkaitan dengan bauran produk. Mengenai segala sesuatu tentang produk termasuk semua kebijakan didalamnya adalah bagian dari bauran pemasaran (marketing mix).

Kenali Marketing Mix Disini

Pada pengertian bauran produk disinggung istilah “lini produk”, apalagi itu? Pengertiannya begini, lini produk (product line) adalah sekelompok besar produk yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau dijual yang saling berkaitan erat dan memiliki tujuan yang sama, juga memiliki pasar yang sama. Anda perlu mencatat ini, product line = garis produk, persepsikan satu baris dari atas ke bawah mengenai jenis produk yang anda jual. Misal anda menjual gorengan, produk gorengan apa saja? Comro, bala-bala, gehu, cireng, molen, dsb.

Bayangkan itu comro, gehu, bala-bala, pisang goreng, cireng dan molen saling berkaitan erat, tujuan dan pasarnya sama, membidik pembeli gorengan. Pembeli yang datang sudah pasti berniat membeli gorengan, mereka bisa memilih salah satu jenisnya atau kombinasi dari beberapa jenis produk gorengan. Saya yakin anda sudah mengerti apa yang dimaksud lini produk.

Apa Yang Di Maksud Bauran Produk

Bauran produk terdiri dari

  • panjang
  • lebar
  • kedalaman
  • konsistensi

dimana ke empat hal tersebut berkaitan erat dengan pembagian kategori untuk semua item satuan jenis produk yang anda produksi atau jual. Setidaknya saya sudah jelaskan mengenai istilah lini produk, sehingga dapat dipastikan anda tidak akan mengalami kesulitan dalam memahami product mix secara keseluruhan.

Ada banyak contoh bauran produk jika anda mencarinya di mesin pencari (misalnya google). Secara umum, sebagian besar menguraikan mengenai produk unilever dan sejenisnya. Kesan dari itu semua bauran produk hanya diperuntukan untuk produsen yang memproduksi berbagai jenis produk. Sebenarnya jika anda memiliki usaha kecil, misalnya warung rumahan, hal ini juga merupakan bauran produk.

Tidak masalah anda menjual dari berbagai merek pada setiap jenis produk, misalnya rokok, mie instan dan kopi. Anda bisa menetapkan merek ke dalam variasi kedalaman produk yang anda jual. Selain itu banyaknya variasi produk akan berimbas pada kesan pembeli mengenai kelengkapan usaha anda. Hanya saja, semakin banyak item dalam bauran produk maka membutuhkan manajemen yang lebih.