Download Aplikasi Perpustakaan Online Gratis Untuk Belajar

Makrufi.com – Zaman sekarang kamu tidak perlu lagi susah-susah mencari buku untuk referensi bacaan. Kamu dapat download aplikasi perpustakaan online gratis untuk belajar secara online.

Semakin berkembangnya teknologi semakin memudahkan kamu dalam melakukan suatu hal. Salah satunya ialah untuk mencari buku.

Kini kamu tidak perlu susah-susah datang kesetiap perpustakaan untuk mencari buku, karena kini terdapat aplikasi perpustakaan online.

Daftar Aplikasi Perpustakaan Online

Daftar Aplikasi Perpustakaan Online

Banyak aplikasi perpustakaan berbasis mobile yang dapat diunduh secara gratis oleh pengguna smartphone telah diluncurkan untuk mendukung misi literasi dan gerakan membaca buku.

Aplikasi ini berisi banyak koleksi judul buku mulai dari akademik hingga hiburan. Ini bagus karena siapa pun dapat membacanya tanpa mengeluarkan uang atau pergi ke perpustakaan.

1. iPusnas

IPusnas tentu saja merupakan aplikasi perpustakaan gratis yang paling direkomendasikan untuk semua pembaca.

Pasalnya, aplikasi ini merupakan rintisan resmi dari Perpustakaan Nasional RI yang menjamin kualitas konten dan sistem layanan.

Siapapun dapat menggunakan smartphone untuk mengakses aplikasi ini secara gratis setelah terlebih dahulu mendaftar menjadi anggota perpustakaan nasional.

Instal iPusnas dengan masuk ke https://ipusnas.id/

Fitur-fitur yang disediakan iPusnas sangat lengkap, dan tampilan antar mukanya juga menarik, sehingga pembaca tidak akan bosan saat menelusuri puluhan judul buku yang ada di dalamnya.

iPusnas menawarkan fitur-fitur berikut secara rinci:

  1. Fitur peminjaman buku secara online
  2. Fitur media sosial yang memungkinkan pengguna iPusnas saling berinteraksi
  3. Fitur e-Pustaka, yang memungkinkan pengguna menjadi anggota perpustakaan selain iPusnas
  4. Gunakan fitur Feed untuk melihat aktivitas pengguna iPusnas lainnya

2. BiblioteQ

BiblioteQ adalah aplikasi yang memiliki banyak fitur. Sebab, selain sebagai perpustakaan digital, aplikasi hits ini bisa digunakan untuk mengelola buku, jurnal, DVD, CD, majalah, bahkan game offline dan online.

Ukuran file aplikasi cukup kecil, dan dapat diunduh secara gratis untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi Windows dan Mac.

Instal BiblioteQ di https://biblioteq.sourceforge.io

Koleksi buku BiblioteQ juga sangat lengkap, mulai dari rilisan lama hingga baru.

Pengguna dapat membaca ini dalam format PDF untuk buku-buku yang telah disediakan untuk distribusi gratis oleh penerbit.

Selanjutnya untuk buku yang tidak dapat diakses secara gratis, pengguna harus melakukan pinjaman resmi dengan membayar jumlah nominal yang telah ditentukan.

3. Biblio

Aplikasi library yang direkomendasikan ketiga hampir identik dengan BiblioteQ. Penggunaannya juga dibatasi untuk pengguna smartphone, tetapi siapa pun dapat mengaksesnya secara gratis.

Desain dan tampilan Biblio juga cukup sederhana, sehingga memudahkan pemula untuk mempelajari cara menggunakannya.

Biblio, di sisi lain, memiliki banyak fitur yang akan membuat siapa pun kecanduan membaca buku dan menggunakan perpustakaan digital ini.

Instal Biblio di https://biblio.en.softonic.com

Pengguna dapat berbagi koleksi buku PDF dan meminjam satu sama lain di sini. Sudah ada fitur ISBN, deskripsi buku, nomor indeks, katalog, dan masih banyak lagi untuk fitur-fiturnya.

Pengguna hanya perlu memasukkan data yang berkaitan dengan buku yang akan dibagikan, dan jika ada anggota lain yang meminjam buku, harap tunjukkan dengan mencentang kotak berlabel “dipinjam” pada buku tersebut.

4. Learning Management Sistem (LMS)

Jika pengguna gemar membaca dan mencari referensi di perpustakaan digital, istilah Learning Management System tidak akan asing lagi.

Dibandingkan dengan yang lain, aplikasi ini adalah yang paling modern, dengan tampilan dan desain antarmuka yang paling menarik.

iPusnas

Fitur-fiturnya juga sangat lengkap, dan koleksi bukunya berkualitas tinggi, sehingga banyak digunakan oleh para akademisi.

LMS akan membantu pengguna mengelola perpustakaan kamu secara lebih efisien selain menyediakan koleksi buku.

Setiap perpustakaan dapat membuat laporan rinci tentang koleksi bukunya, transaksi peminjaman dan pengembalian, dan sebagainya.

Jika dilihat melalui lensa sistem manajemen yang komprehensif ini, aplikasi LMS sangat ideal untuk digunakan di perpustakaan sekolah, taman bacaan desa, dan perpustakaan pribadi.

5. iJakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tak mau kalah dengan iPerpusnas Perpusnas, juga meluncurkan iJakarta.

Meski aplikasi ini milik Pemprov DKI, siapa pun bisa menggunakannya untuk melihat koleksi buku dan mengelola perpustakaan sendiri secara gratis.

Kabar baiknya adalah mengunduh aplikasi dan menggunakan iJakarta tidak akan dikenakan biaya apa pun.

Instal iJakarta di https://ijakarta.id/

Keberadaan iJakarta sangat bermanfaat bagi gerakan literasi nasional yang menggunakan perpustakaan sebagai media utamanya.

Semua kegiatan literasi akan semakin menarik dengan berbagai fitur yang disediakan, seperti penyimpanan buku dan diskusi antar anggota perpustakaan.

Apalagi minat baca masyarakat semakin meningkat, terbukti dengan terburu-buru mengunduh aplikasi ini.

6. iSantri

Apakah kamu ingin membaca koleksi buku-buku Islam dan klasik? Jika ini masalahnya, aplikasi perpustakaan digital adalah pilihan terbaik.

Aplikasi ini terinspirasi dari keinginan mahasiswa untuk mendapatkan referensi Islami dan kitab klasik dengan mudah tanpa harus mencari sumber offline yang mahal dan langka.

Selanjutnya, iSantri diluncurkan untuk mengatasi masalah ini. Tidak hanya buku-buku islami disini, tetapi juga berbagai buku bacaan lainnya.

Instal iSantri ke https://isantri.moco.co.id/index.html#section1

Dari segi kualitas dan jaminan isi buku-buku yang terdapat di dalamnya, iSantri juga bisa diandalkan karena dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Karena web developernya sama, fiturnya hampir sama dengan aplikasi iJakarta. Sangat mudah untuk menggunakan iSantri, dan desain antarmuka web tidak membosankan bagi pengguna.

7. ePerpus

EPerpus adalah aplikasi perpustakaan digital yang diluncurkan oleh Gramedia, salah satu penerbit buku terkemuka di Indonesia.

Ketika kamu mendengar nama perusahaan, kamu tahu bahwa produk dan layanan buku tidak perlu dipertanyakan lagi.

Gramedia membuat terobosan baru dengan meluncurkan ePerpus untuk memudahkan masyarakat dalam membaca buku.

BiblioteQ

Lantas, koleksi buku apa saja yang termasuk dalam aplikasi ini?

Instal ePerpus di https://eperpus.com/home/

Banyak koleksi buku di sini, baik dari Gramedia maupun dari penerbit lain. Ada banyak jenis dan genre.

Pengguna dapat meminjam dan membaca buku digital, majalah, dan surat kabar di sini.

Semua fitur-fiturnya juga terintegrasi dengan media sosial, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah membahas tentang aplikasi perpustakaan online gratis, yaitu iPusnas, BiblioteQ, Biblio, Learning Management Sistem (LMS), iJakarta, iSantri, dan juga ePerpus.

Demikian artikel tentang Download Aplikasi Perpustakaan Online Gratis Untuk Belajar, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.