Begini Cara Membuat Email Baru di Hp yang Sudah ada Emailnya

Makrufi.com – Email menjadi sesuatu yang dibutuhkan ketika kamu memiliki handphone baru, namun apakah kamu tau bagaimana cara membuat email baru? Jika kamu belum mengetahuinya, simak penjelasan dibawah ini.

Sebenarnya mendaftarkan email langsung di smartphone cukup sederhana dan bisa dilakukan di berbagai perangkat seperti Samsung, ovo, vivo, oppo, infinix, xiaomi, dan lain sebagainya.

Memiliki email dalam jumlah banyak akan sangat berguna untuk berbagai tujuan, seperti mendaftar di media sosial, situs marketplace, atau aplikasi.

Karena banyak sekali aplikasi baru yang bermunculan saat ini dengan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan jika kamu mengajak pengguna baru untuk mendaftar di sana.

Membuat E-mail baru dari Setting SMARTPHONE

Mungkin karena kewajiban pendidikan yang melibatkan penyampaian tugas dan tidak ingin email tercampur dengan email sosial.

Ketika sebuah email dicampur dengan akun Facebook, biasanya email yang tidak perlu menumpuk, membuatnya lebih sulit untuk menemukan email yang kamu butuhkan.

Pengertian Email

Email adalah singkatan dari Electronic Mail, atau E-mail adalah singkatan dari Electronic Mail.

Email adalah surat digital yang digunakan untuk berkomunikasi komunikasi melalui internet.

Ini juga dapat digunakan dengan media lain seperti laptop, ponsel pintar, dan smartphone.

Email merupakan barang yang wajib dimiliki oleh para pengguna internet karena digunakan dalam segala aktivitas komunikasi internet.

Cara Membuat Email Baru

Tidak perlu bingung atau membeli hp baru untuk membuat email baru.

Meskipun program dan layanan ditautkan ke akun gmail, kamu hanya perlu satu perangkat HP lama untuk membuat lebih dari dua akun gmail yang berbeda.

Dibawah ini terdapat cara untuk membuat email baru di hp yang sudah ada emailnya, antara lain:

Membuat E-mail Baru dari Perangkat Lunak GMAIL

Membuat E-mail baru dari Perangkat lunak GMAIL

Untuk langkah pertama, kamu dapat menggunakan program gmail yang tersedia di semua perangkat Android kamu.

Secara umum software ini sudah ada dan disertakan dengan Android, jadi kamu tidak perlu menginstalnya. Untuk langkah-langkah berikut:

  1. Buka perangkat aplikasi gmail pada HP-mu, lalu pilih menu akun yang berada di sudut laman bagian kanan atas
  2. Nantinya akan muncul laman baru lalu cari dan pilih pilihan tambahkan akun lainnya
  3. Akan tersedia berbagai macam pilihan akun e-mail yang bisa kamu pilih. Diantaranya seperti Outlook, Hotmail, dan Live, Yahoo, Google, Exchange dan Office 365 dan beberapa pilihan lainnya
  4. Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginanmu. Akan tetapi, jika kamu ingin membuat akun gmail, maka pilih saja yang Google
  5. Kemudian Scan sidik jari atau masukkan sandi PIN yang biasa kamu gunakan untuk masuk ke HP-mu
  6. Akan muncul laman baru berupa menu login. Pilih pilihan buat akun
  7. Langkah selanjutnya hampir sama dengan langkah nomor 1 (mulai langkah nomor 5). Ikuti saja petunjuk dan instruksinya sampai akun e-mail barumu sudah jadi

Membuat E-mail Baru dari Setting SMARTPHONE

Langkah kedua adalah membuat email baru dari menu Google di pengaturan SMARTPHONE Android atau iPhone kamu.

Sebenarnya, kamu dapat menambahkan akun email yang sudah ada atau membuat yang baru.

  1. Buka pengaturan (settings) pada ponsel lalu cari dan pilih menu akun google (layanan dan preferensi)
  2. Setelah menu terbuka, klik icon panah di bagian sudut kanan laman. Selanjutnya kamu bisa memilih dengan menekan tambahkan akun lain
  3. Scan sidik jari yang telah disetting pada ponsel atau masukkan sandi PIN yang digunakan untuk masuk ke SMARTPHONE kamu (ini tergantung settingan masing – masing HP)
  4. Setelah terverifikasi, maka nantiya akan muncul halaman baru berupa login akun gmail. Lalu silahkan klik buat akun
  5. Akan diberikan dua macam pilihan yang bisa kamu pilih. Ada akun yang memang berguna untuk diri sendiri (akun pribadi) dan akun yang digunakan untuk kepentiigan bisnis (untuk mengelola usaha komersil)
  6. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan. Tapi, jika akun e-mail memang digunakan untuk keperluan pribadi, pilih opsi untuk diri sendiri
  7. Setelah itu masukkan nama depan dan nama belakang untuk akun gmail nantinya sesuai dengan keinginanmu
  8. Langkah berikutnya ialah dengan memasukkan informasi berupa tanggal lahir dan gender
  9. Pilih “buat alamat gmail kamu sendiri”, kemudian masukkan nama alamat e-mail yang ingin kamu buat.
  10. Buat kata sandi (password) untuk akun e-mail barumu. Disarankan untuk memilih kombinasi kata yang sulit, agar tidak mudah ditebak oleh orang lain. Berikan kombinasi huruf, angka atau simbol – simbol tertentu

Tetapi perlu diingat bahwa kamu harus mengingat kata sandi yang kamu buat sehingga ketika kamu ingin login kembali nanti, kamu tidak akan mengalami kesulitan.

Berikutnya, masukkan nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi.

Karena hal ini nantinya akan digunakan untuk menbisakan kode OTP dan pilihan verifikasi reset kata sandi apabila kamu lupa password akunmu.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk menerima panggilan telepon dan pesan, serta membuat akun Google untuk menerima iklan yang lebih relevan.

Kemudian, periksa kembali apakah nomor yang kamu masukkan masih aktif dan benar. Jika kamu tidak ingin memasukkan nomor telepon, cukup klik lewati.

Pilih opsi berikutnya dan akan muncul laman baru dengan teks “privasi dan persyaratan dari google. Scroll saja terus sampai ke bawah dan tekan pilihan kami setuju.

Kesimpulan

Nantinya selangkah otomatis pada menu akun ponselmu akan muncul alamat e-mail baru yang telah kamu buat tadi.

Selama kamu tidak logout, akun email ini akan ditautkan ke ponsel kamu. Jika kamu ingin menghapus email ini dari ponsel kamu, cukup pilih opsi hapus akun gmail.

Tips Bisa Multi Akun E-mail

Jika kamu ingin menangani lebih dari satu akun email di smartphone Android atau iPhone kamu, berikut beberapa tips untuk kamu menggunakan beberapa email didalam satu hp:

Membuat E-mail Tanpa Menggunakan Nomor Telepon

Secara umum, pilihan nomor telepon selalu diminta selama proses login atau saat membuat akun baru.

Namun, ini hanyalah sebuah pilihan. Ini menandakan bahwa hal itu dilakukan hanya untuk keamanan akun.

Jadi, meskipun kamu tidak memiliki nomor telepon, kamu mungkin masih memiliki akun Gmail.

Persyaratan Usia untuk Memiliki Akun Google

Jika kamu tidak memenuhi persyaratan usia Google, fungsi yang tersedia untuk kamu akan dibatasi dan kamu tidak akan dapat menggunakannya sepenuhnya.

Jadi memasukkan informasi tahun lahir di pendaftaran akun Google tidak harus valid (kecuali akun tertentu seperti akun sekolah, kuliah atau kerja).

Tidak Boleh Terlalu Sering Menambah Email

Cara Buat Email Baru di HP yang Sudah Ada

Jika kamu ingin membuat email baru di ponsel yang sudah ada, beri diri kamu setidaknya satu hari untuk melakukannya. Ini untuk mencegah Google salah mengira kamu sebagai spammer.

Jadi, mengikuti saran Mimin, kamu dapat membuat akun gmail baru menggunakan dua teknik yang dijelaskan di atas

Tetapi atur interval waktu setidaknya sekali setiap dua hari, memungkinkan kamu membuat email tanpa memvalidasi nomor ponsel kamu.

Kesimpulan

Email adalah singkatan dari Electronic Mail, atau E-mail adalah singkatan dari Electronic Mail.

Demikian artikel tentang begini cara membuat email baru di hp yang sudah ada emailnya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat juga bisa membantu untuk kamu semua dan jangan lupa untuk kunjungi kembali web kami.