Pengertian Internet Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Makrufi.com – Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai pengertian internet secara umum, karna kini internet menjadi sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas dan internet juga bisa digunakan untuk media belajar dari rumah.

Siapa di zaman sekarang ini yang belum pernah mendengar tentang internet? Dari anak-anak hingga orang tua, semua orang telah terpapar dengan dunia internet.

Memang, banyak dari kamu percaya bahwa internet telah menjadi bagian integral dari kehidupan dan kebutuhan sehari-hari kamu.

Banyak orang mungkin menelusuri internet dan mencari berbagai kebutuhan Seperti pendidikan, wisata kuliner, media online, Facebook, Twitter, Instagram, email, dan sebagainya.

Jadi, apa sebenarnya internet itu?, kami akan memberikan penjelasan mengenai pengertian internet secara umum dan menurut para ahli.

Supriyanto

Pengertian Internet Secara Umum

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking, dan secara umum internet adalah jaringan komputer yang dihubungkan menggunakan sistem standart Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)

yang berfungsi sebagai protokol pertukaran paket untuk menghubungkan komputer semua seluruh dunia.

Karena ada jutaan bahkan milyaran komputer yang terhubung ke internet di seluruh dunia

Ketika sebuah komputer terhubung ke internet, ia memasuki jaringan global dan saling berhubungan dengan komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet.

Internet dimulai sebagai inisiatif Departemen Pertahanan Amerika Serikat bernama ARPANET

yang bertujuan untuk menghubungkan komputer di daerah kritis sehingga kamu dapat mendeteksi serangan nuklir.

Proyek ARPANET juga bertujuan untuk meminimalkan konsentrasi data di satu tempat saja.

Proyek ARAPNET kemudian diadopsi untuk tujuan umum, seperti perguruan tinggi atau bisnis, menghasilkan pengembangan yang sangat cepat dan sejumlah besar pengguna.

Karena ARPANET digunakan secara luas, maka dibagi menjadi dua bagian MILNET untuk keperluan militer dan DARPA Internet untuk masyarakat umum.

DARPA Internet akhirnya disingkat menjadi Internet, yang digunakan saat ini.

Hingga saat ini, internet telah mengalami ekspansi yang luar biasa dan digunakan di berbagai industri seperti pendidikan, pemerintahan, bisnis, keuangan, dan lainnya.

Oetomo

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian internet yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain:

1. Oetomo

Menurut Oetomo (2002), internet adalah singkatan dari International Network

yaitu jaringan komputer yang sangat besar yang juga terdiri dari beberapa jaringan yang lebih kecil yang saling terhubung.

2. Supriyanto

Menurut Supriyanto (2006), Internet adalah hubungan antara berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia dengan berbagai sistem operasi dan aplikasi.

Ada beberapa hubungan yang memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi seperti telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar untuk melakukan komunikasi. Hubungan komunikasi

3. Onno Purba

Purbo (2005) mendefinisikan Internet sebagai saluran dasar yang digunakan untuk mempercepat komunikasi yang dapat dihubungkan melalui berbagai aplikasi seperti web, email, dan sebagainya.

4. Harjono

Menurut Harjono (2009), Internet adalah kumpulan beberapa komputer yang terhubung ke jutaan komputer di seluruh dunia. Agar komputer dapat berkomunikasi satu sama lain, media yang menghubungkan komputer terhubung.

Kabel/fiber optik, satelit, atau sambungan telepon adalah media yang digunakan.

5. Drew Heywood

Menurut Heywood (1996), Internet adalah teknologi yang berasal dari akhir 1960-an sementara Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) masih membutuhkan standar komunikasi Internetworking baru.

Ada standar baru untuk menghubungkan komputer DoD ke komputer milik kontraktor militer, perusahaan riset, atau lembaga ilmiah, seperti universitas.

Akibatnya, jaringan harus kuat, aman, dan tahan terhadap bahaya agar dapat berfungsi dalam situasi yang merugikan seperti bencana alam.

6. Sibero

Menurut Sibero (2011), Internet adalah jaringan komputer yang memungkinkan komputer-komputer di seluruh dunia dapat saling terhubung.

Pengertian internet secara umum

7. Allan

Menurut Allan (2005), Internet adalah kumpulan jaringan komputer yang terhubung

Secara fisik yang dapat membaca dan memahami protokol komunikasi tertentu yang dikenal sebagai Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP) (TCP).

8. Strauss, El-Ansary dan Frost (2003)

Menurut Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003), Internet adalah jaringan komputer yang saling berhubungan banyak komputer yang terhubung satu sama lain

Dalam jaringan yang menampung berbagai file yang dapat diakses, seperti web, data, dan sebagainya.

9. Randall dan Latulipe

Menurut Randall dan Latulipe (2001), Internet adalah jaringan di seluruh dunia yang tercakup dalam jaringan komputer internet mirip dengan jaringan global yang terdiri dari beberapa jaringan komputer yang dapat diakses dari mana saja.

10. Ramdhani

Internet, menurut Ramdhani (2003), adalah jaringan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, komersial, pemerintah, perusahaan, dan individu.

11. Greenlaw dan Hepp

Internet menurut Greenlaw dan Hepp (2002), adalah sistem informasi global yang terhubung secara logis ke alamat atau alamat unik

Berdasarkan Internet Protocol/IP dan memiliki dukungan untuk komunikasi TCP/Transmission Control Protocol, memungkinkan Internet untuk diubah , diakses, atau secara manual. spesial

12. Lani Sidharta

Menurut Lani Sidharta (1996), Internet adalah jenis interkoneksi jaringan komputer yang memberikan serangkaian layanan informasi yang komprehensif.

Adapun internet, telah terbukti menjadi pendamping virtual atau virtual yang hanya digunakan untuk tujuan medis, bisnis, politik, atau hiburan.

13. Sarwono

Menurut Sarwono (2012), internet adalah jaringan jaringan yang mendunia, artinya kamu bertanggung jawab untuk mengoperasikan internet kamu sendiri.

Sementara internet digunakan untuk tujuan militer, ia juga memasuki masyarakat sipil dan bentuk kesenangan.

14. Wahana Komputer

Menurut Wahana Computer (2005), Internet adalah jaringan di seluruh dunia yang menghubungkan beberapa komputer dengan menggunakan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

15. John December

Menurut John December (1997), internet adalah jaringan jaringan komputer di seluruh dunia yang menyebarkan pertukaran informasi melalui protokol (TCP/IP).

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

16. Mac Bride

Internet menurut Mac Bride (1997), adalah jaringan komunikasi terbuka di seluruh dunia yang menghubungkan ribuan jaringan komputer melalui saluran telepon umum dan pribadi (pemerintah dan swasta).

17. Berners Lee

Menurut Berners Lee, Internet adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan, dan dapat berhubungan dengan pengertian jaringan komputer tertentu atau jaringan lokal yang dapat dihubungkan ke jaringan lain.

18. Nedd Snell

Snell, Nedd Internet adalah jaringan dari beberapa jenis sumber daya, yang masing-masing dapat diakses melalui berbagai perangkat.

19. O’Brien (2003)

Menurut O’Brien, internet adalah jaringan komputer yang berkembang pesat yang menghubungkan jutaan perusahaan, pendidikan, pemerintah, dan industri lainnya dengan miliaran individu di lebih dari 200 negara.

20. Turban, Reiner dan Potter (2005)

Turban, Reiner, dan Potter mendefinisikan internet sebagai jaringan besar yang secara instan menghubungkan jaringan komputer dari perusahaan, perusahaan, pemerintah, atau sekolah di seluruh dunia.

FAQ

Dibawah ini terdapat pertanyaan mengenai internet, antara lain:

Internet Itu Apa Sih?

Internet merupakan sistem global dari semua jaringan komputer yang dimana dapat menghubungkan dari internet satu dengan internet lainnya.

Kesimpulan

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking, dan secara umum internet adalah jaringan komputer yang dihubungkan menggunakan sistem standart Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)

yang berfungsi sebagai protokol pertukaran paket untuk menghubungkan komputer semua seluruh dunia.

Demikian artikel tentang pengertian internet secara umum dan menurut para ahli, semoga artikel diatas dapat bermanfaat juga bisa membantu untuk kamu semua dan jangan lupa untuk kunjungi kembali web kami.