Pengertian Multimedia Interaktif dan Media Interaktif Beserta Contohnya

Makrufi.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pengertian multimedia interaktif dan media interaktif beserta contohnya, kamu dapat mengetahui secara rinci dan lengkap tentang multimedia interaktif disini.

Banyak sekali yang masih kebingungan dengan multimedia interaktif dan media interaktif, padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Pengertian Multimedia Interaktif dan Media Interaktif

Di bawah ini kami akan membahas tentang pengertian dari media dan multimedia pembelajaran, sebagai berikut:

Pengertian Multimedia Pembelajaran dan Media Pembelajaran

Multimedia Interaktif

Multimedia mengacu pada kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak berbasis teknologi digital yang bekerja sama untuk menyampaikan suatu objek dari satu pihak ke pihak lain dalam bentuk pesan informasi.

Akibatnya, multimedia pembelajaran didefinisikan sebagai kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak berbasis teknologi digital yang digunakan bersama-sama untuk menggambarkan pesan informasi dari guru ke siswa dan dari siswa ke siswa dalam rangka memfasilitasi penyampaian materi, praktik, dan penilaian pembelajaran.

Media Interaktif

Alat perantara yang digunakan untuk menyalurkan suatu objek berupa pesan informasi dari satu pihak ke pihak lain disebut sebagai media.

Kami memiliki apa yang dikenal sebagai media pembelajaran / media pembelajaran / media ajar dalam kaitannya dengan kegiatan belajar di kelas.

Pengertian media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk menggambarkan pesan informasi yang dikirim dari guru ke siswa dan dari siswa ke siswa guna memudahkan penyampaian materi, praktik, dan penilaian pembelajaran.

Media pembelajaran akan menggugah pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa, sehingga siswa dapat menerima dan memahami dengan baik informasi (materi) dari guru.

Pengertian Multimedia Interaktif

Komunikasi interaktif adalah komunikasi dua arah atau satu atau lebih komponen komunikasi. Sederhananya, komunikasi interaktif mengacu pada komunikasi aktif antara komunikator dan komunikan. Tidak ada yang namanya partai pasif.

Jadi, Multimedia Pembelajaran Interaktif adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak berbasis teknologi digital yang digunakan sebagai satu kesatuan untuk menggambarkan pesan informasi dan menciptakan komunikatif aktif dua arah yang bertujuan untuk memperlancar proses pembelajaran, baik itu penyampaian materi, praktik, maupun penilaian pembelajaran.

Jenis Multimedia Interaktif

Secara umum, ada dua jenis multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan yaitu pembelajaran multimedia interaktif berbasis online/online (dalam jaringan) dan pembelajaran multimedia interaktif offline/offline (di luar jaringan).

Mengapa Multimedia Pembelajaran Interaktif Sangat Penting

Keduanya dapat bersifat audio, visual, atau audio visual. Guru dapat dengan mudah menemukan contoh pembelajaran multimedia interaktif di era digital ini.

Bahkan guru saat ini mampu menciptakan pembelajaran multimedia interaktif sendiri.

Kami memaparkan contoh pembelajaran multimedia interaktif berdasarkan jenis-jenis yang telah kami sajikan sebelumnya.

Daftar Contoh Multimedia Interaktif

Contoh multimedia pembelajaran interaktif, baik online maupun offline, akan kamu bahas pada bagian berikut ini:

Contoh Multimedia Pembelajaran Interaktif Online

Perlu kamu ketahui bahwa multimedia pembelajaran interaktif online diklasifikasikan menjadi tiga jenis: audio, visual, dan audio visual, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Media Pembelajaran Online berbentuk Audio

Berikut beberapa contoh media pembelajaran online berbasis audio:

  1. Radio Edukasi Kemdikbud (radioedukasi.kemdikbud.go.id)
  2. Suara Edukasi (suaraedukasi.kemdikbud.go.id)
  3. Jogja Belajar Radio (jbradio.jogjabelajar.org)
  4. Podcast English First (Podcast untuk belajar listening Bahasa inggris)
  5. Sumber Belajar Kemdikbud Audio (sumber.belajar.kemdikbud.go.id)

Guru dan siswa dapat menggunakan contoh media pembelajaran audio di atas untuk melengkapi pembelajaran mereka. Cukup menarik bukan untuk dicoba?

Multimedia Pembelajaran Online berbentuk Visual

Lalu ada multimedia pembelajaran online visual. Multimedia sudah lazim di dunia maya. Ya, berikut akan kami jelaskan contohnya berdasarkan fungsinya:

  1. Multimedia untuk Pembelajaran Online : Google Classroom, Microsoft Teams, Moodle, Fedena, Edmodo, Schoology, PesonaEdu, Fisikanet Lipi, Kelas Digital Rumah
  2. Belajar Kemdikbud, Laboratorium maya Rumah Belajar Kemdikbud dan lain sebagainya
  3. Multimedia untuk Latihan Soal Online : Google Form, Office Form, Quizziz, dan lain-lain
  4. Media pembelajaran berbasis web : WordPress Edublogs, Blogspot, Google site, Indonesia Montessory, Selingkar, Wolfram Alpha dan lain sebagainya
  5. Media Pembelajaran Online berbasis Games : m-edukasi kemdikbud, games pembelajaran di playstore/app store, dan lain-lain
  6. Media Pembelajaran untuk study literasi : Google Search, Bing Search, Wikipedia, Wikihow
  7. Media pembelajaran Literasi Geografis : Google Maps, Bing Maps, Wordwide Telescope, Microsoft Photosync dan lain-lain
  8. Media Pembelajaran terjemah Bahasa : KBBI Online Kemdikbud, Google Translator, Bing Translator, Kamus online dan lain sebagainya
  9. Media Pembelajaran Kelas Jarak Jauh : Zoom, Google Meet, Whatsapp VC Grup, Skype, Microsoft Teams, Cisco Webex dan lainnya

Multimedia Pembelajaran Interaktif Online berbentuk Audio Visual

  1. Media Pembelajaran Kelas Jarak Jauh : Zoom, Google Meet, Whatsapp VC Grup, Skype, Microsoft Teams, Jogja Belajar Class dan lainnya
  2. Multimedia Pembelajaran berbasis Video Audio Visual : Rumah Belajar Kemdikbud, Youtube, Vimeo, Jogja Belajar Budaya, Ruang Guru, QuipperClass, Zenius
  3. Education, Sekolahmu, Kelas Pintar, dan masih banyak lagi lainnya.

Contoh Multimedia Pembelajaran Interaktif Offline

Perlu kamu ketahui bahwa multimedia pembelajaran interaktif offline diklasifikasikan menjadi tiga jenis: audio, visual, dan audio visual, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Media Pembelajaran Offline berbentuk Audio

Media pembelajaran audio offline contohnya rekaman cerita/fable/wayang/lagu nasional/lagu daerah baik melalui kaset pita, compact disk , maupun flashdisk. Untuk media aplikasi offline contohnya Tiny Piano. Sedangkan untuk media perangkat keras contohnya Phonograph, Gramaphone, dan lain-lain.

Pengertian Multimedia Pembelajaran Interaktif

Multimedia Pembelajaran Offline berbentuk Visual

Perlu kamu ketahui bahwa multimedia pembelajaran interaktif offline diklasifikasikan menjadi tiga jenis: audio, visual, dan audio visual, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Aplikasi Rakentest, Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite, Animals for Kids, Chinese Toolbox, ChemDigit, Celestia Portable, Anathomy Illustrator, Smart Draw, Bone Lab, berbagai aplikasi kamus offline, Start Chart, dan lain-lain adalah contoh multimedia pembelajaran visual offline.

Untuk menemukan berbagai aplikasi offline ini, kamu dapat menggunakan internet untuk mencari dan mengunduh master software, yang kemudian dapat kamu instal di laptop/PC masing-masing. Bersenang-senang menjelajahi!

Multimedia Pembelajaran Offline berbentuk Audio Visual

Multimedia pembelajaran audio visual offline dapat berkisar dari film anak-anak hingga kartun televisi hingga permainan pembelajaran offline yang dapat diunduh dari internet.

  1. Microsoft Powerpoint
  2. Google Slide
  3. Libre Office
  4. Prezi
  5. Focusky
  6. VideoScribe
  7. Whiteboard Fi
  8. GoAnimate
  9. PowToon
  10. Animiz
  11. Flypaper
  12. Comic Strip Creator
  13. Clip Studio Paint Pro
  14. ComicPo
  15. Canva
  16. DesignCap
  17. Easy Test Maker
  18. Class Marker
  19. Quizizz
  20. Quizlet
  21. EquatIO
  22. Scratch
  23. Padlet
  24. Flip Grid

Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran Interaktif Audio Visual

Selanjutnya, perangkat lunak aplikasi untuk membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif Audio Visual dapat menggunakan fitur-fitur berikut:

  1. Kahoot
  2. Google Classroom
  3. Microsoft Teams
  4. LMS Canvas
  5. Quora
  6. Open Study
  7. Lectora
  8. MIT App Inventor
  9. Unity
  10. ISpring
  11. Macromedia Flash
  12. Movie Maker
  13. Camtasia
  14. Filmora Wondershare
  15. KineMaster

FAQ

Dibawah ini terdapat pertanyaan mengena multimedia interaktif, antara lain:

Mengapa Multimedia Interaktif Sangat Penting?

Kemajuan teknologi informasi mau tidak mau akan mengubah cara siswa belajar, bekerja dalam belajar, dan teknis hubungan sosial dalam kehidupan mereka.

Saat ini, indikator keberhasilan belajar siswa tidak lagi terbatas pada sekadar memahami materi atau mahir dalam pekerjaan rutin manual atau berbantuan mesin.

Indikator keberhasilan mahasiswa dalam mempersiapkan era digital fokus pada kemampuan berkomunikasi, berbagi, dan menggunakan berbagai informasi.

Untuk memecahkan masalah yang kompleks, beradaptasi dan berinovasi dalam menggunakan TIK, dan menggunakan teknologi untuk membangun kompetensi sebagai bekal hidupnya.

Kesimpulan

Pengertian Multimedia Interaktif adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak berbasis teknologi digital yang digunakan sebagai satu kesatuan.

Untuk menggambarkan pesan informasi dan menciptakan komunikatif aktif dua arah yang bertujuan untuk memperlancar proses pembelajaran, baik itu penyampaian materi, praktik, maupun penilaian pembelajaran.

Demikian artikel tentang pengertian multimedia interaktif dan media interaktif beserta contohnya, semoga artikel di atas daoat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Makrufi.com Lainnya di Google News