Download Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran Interaktif

Makrufi.com – Apakah kamu pernah mendengar tentang media pembelajaran interaktif? Kini kamu dapat download aplikasi pembuat media pembelajaran interaktif dari artikel yang telah kami sediakan di bawah ini.

Seperti yang kamu tahu, media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan siswa dalam proses pembelajaran, tetapi semua itu harus selalu dalam pertimbangan apakah media tersebut sesuai dengan materi dan karakteristik atau tidak.

Membuat aplikasi video pembelajaran kini sangat mudah ditemukan. Beberapa gratis, sementara yang lain membutuhkan pembayaran.

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran gratis biasanya memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan aplikasi untuk membuat video pembelajaran berbayar.

Apa Itu Media Pembelajaran Interaktif

Meskipun demikian, kamu dapat menggunakannya untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Apa Itu Media Pembelajaran Interaktif?

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan siswa untuk belajar.

Namun jika media pembelajaran yang digunakan selalu monoton, maka proses belajar mengajar akan terganggu.

Lebih lanjut, fenomena pembelajaran saat ini menuntut guru untuk selalu berpikir kreatif dalam menyusun media pembelajaran untuk membangkitkan minat belajar siswa. Salah satu hasil berpikir kreatif adalah pengembangan media pembelajaran interaktif.

Apa sebenarnya media pembelajaran interaktif itu?

Dalam proses belajar mengajar, media interaktif didefinisikan sebagai produk atau layanan digital (multimedia) yang disediakan oleh guru kepada siswa dengan menyajikan konten pembelajaran seperti teks, gambar bergerak atau animasi, video, audio, atau video game.

Penggunaan produk dan layanan digital (multimedia) diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan motivasi, eksplorasi, dan pemahamannya terhadap materi yang diajarkan oleh guru.

Daftar Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran Interaktif

Berikut daftar aplikasi dan software untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran.

1. Kinemaster

Kinemaster adalah aplikasi pertama untuk membuat video pembelajaran. Aplikasi edit video ini sangat disukai tidak hanya oleh guru tetapi juga oleh siswa.

Kinemaster banyak digunakan tidak hanya di kalangan pendidikan, tetapi juga oleh youtuber, editor video, bahkan musisi untuk mengedit dan mengolah video kamu agar lebih menarik. Sangat mudah untuk membuat video pembelajaran dengan aplikasi ini.

Tutorial cara membuat video dengan aplikasi Kinemaster juga banyak tersedia secara online.

Hal ini tentunya memudahkan kamu untuk membuat video pembelajaran berkualitas tinggi yang menarik perhatian siswa.

2. Toontastic

Aplikasi toontastic juga bisa digunakan untuk membuat video edukasi yang menarik. Google mempopulerkan Toontastic, sebuah aplikasi pembuat video berbasis animasi.

Cara membuat video pembelajaran di hp cukup mudah dengan menggunakan aplikasi ini. kamu dapat memilih latar belakang, karakter animasi, pengisi suara, dan efek suara yang ingin kamu buat dengan toontastic.

Aplikasi toontastic memiliki keunggulan karena dapat diunduh secara gratis melalui ponsel, baik Android maupun iOS. Terlebih lagi, Toontastic dapat digunakan tanpa koneksi internet.

3. FilmoraGo

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran FilmoraGo ini, seperti aplikasi Kinemaster, sudah terkenal di kalangan editor video.

Daftar Aplikasi Membuat Media Pembelajaran Interaktif

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang menarik, dan dapat kamu gunakan untuk membuat video dengan tampilan materi pembelajaran yang menarik saat ditayangkan.

Dengan aplikasi FilmoraGo ini, kamu dapat membuat, mengedit, dan mengolah video dengan menambahkan berbagai musik dan efek agar lebih menarik dan berwarna saat ditampilkan.

4. YouCut

YouCut adalah aplikasi pengeditan video dan pembuatan video. Ini adalah salah satu aplikasi yang harus kamu coba.

Bahkan jika kamu seorang pemula di bidang pembuatan video, aplikasi ini akan membuat pengeditan video menjadi sederhana.

Aplikasi YouCut ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan beberapa foto, memotong, mengedit, dan menambahkan berbagai efek dan suara latar ke dalam bentuk video baru yang menarik.

5. Powtoon

Powtoon adalah aplikasi aplikasi yang memungkinkan kamu membuat video animasi interaktif.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan kebutuhan media pembelajaran lainnya. Siswa akan dapat lebih memahami penjelasan materi dengan menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Powtoon mencakup sejumlah fitur dan template yang akan membantu dalam pembuatan media pembelajaran. kamu dapat menyertakan karakter, efek teks, animasi, tautan, dan latar belakang, antara lain.

Kamu juga dapat memindahkan karakter dan teks sesuai kebutuhan dengan memilih dari efek dan pose yang tersedia.

6. Sparkol VideoScribe

Sparkol Video Scribe adalah aplikasi keenam untuk membuat video animasi pembelajaran.

Aplikasi ini adalah perangkat lunak presentasi video papan tulis yang menggunakan animasi tulisan tangan pada latar belakang seperti papan tulis.

Videoscribe Sparkol, dengan kombinasi animasi dan template yang menarik, berpotensi menjadi alat pengembangan media pembelajaran interaktif.

Perangkat lunak ini tersedia baik online maupun offline di videoscribe.co. Sayangnya, masa percobaan untuk penggunaan gratis hanya 30 hari.

Setelah itu, kamu harus menggunakan Sparkol VideoScribe versi berbayar.

7. Wondershare Filmora

Wondershare Filmora adalah aplikasi edit video yang mudah digunakan bahkan untuk pemula. Aplikasi ini, di sisi lain, penuh dengan fitur.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat media video pembelajaran yang interaktif dan menarik yang juga on point.

Kinemaster

Aplikasi ini mencakup sejumlah template keren, menarik, efek animasi, dan transisi yang dapat digunakan secara gratis.

Aplikasi ini mudah digunakan karena tampilannya. Output video juga mendukung berbagai format. Aplikasi ini juga tersedia dalam versi berbayar dengan fitur tambahan.

Aplikasi ini tersedia untuk diunduh di filmora.wondershare.com.

Kesimpulan

Media interaktif didefinisikan sebagai produk atau layanan digital (multimedia) yang disediakan oleh guru kepada siswa dengan menyajikan konten pembelajaran seperti teks, gambar bergerak atau animasi, video, audio, atau video game.

Demikian artikel tentang Download Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran Interaktif, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.