Download Aplikasi Cek Keberangkatan Haji 2022 Resmi

Makrufi.com – Apakah kamu sudah mengetahui aplikasi resmi cek keberangkatan haji? Jika kamu belum mengetahuinya kamu dapat download aplikasi cek keberangkatan haji pada artikel yang kami sediakan di bawah ini.

Seperti yang kamu tahu, tahun keberangkatan haji dapat berubah-ubah setiap tahunnya.

Maka dari itu kamu perlu mengeceknya pada aplikasi atau situs cek keberangkatan haji yang resmi.

Mengapa tahun keberangkatan berubah dari tahun ke tahun? Karena peserta bisa sakit, meninggal, atau kuota haji bisa dikurangi karena kebijakan pemerintah. Akibatnya, kamu harus memeriksa tanggal keberangkatan haji untuk mempersiapkan keberangkatan kamu dengan baik.

Pengertian Haji

Banyak persiapan yang harus dilakukan, seperti mempersiapkan pembayaran Biaya Penyelenggaraan Haji (BPIH), kemudian mempersiapkan kondisi fisik dan memperkuat ilmu untuk menghadapi musim haji nanti.

Sebelum kamu masuk ke aplikasi cek keberangkatan haji, mari kamu bahas beberapa hal mendasar tentang haji.

Pengertian Haji

Haji adalah mengunjungi Baitullah (Ka’bah) di Mekah untuk melakukan ibadah tertentu dengan syarat tertentu.

Haji merupakan salah satu rukun Islam. yaitu pada rukun yang kelima yang wajib dilakukan bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan yang mampu dan telah memenuhi syarat. Orang yang menunaikan ibadah haji harus mematuhi ketentuannya.

Ketentuan haji selain pengertian haji di atas, juga syarat-syarat haji, rukun haji, haji wajib, larangan haji, tata cara haji, dan sunnah haji.

Syarat haji

Berikut ini adalah syarat haji yang harus kamu penuhi:

  1. Beribadah Sehat. Orang sakit atau lemah fisiknya dapat mewakilkan kepada orang lain jika ia mampu membiayainya
  2. Ada kendaraan yang dapat mengantar ulang dan pergi ke Mekah bagi orang yang di luar mekah
  3. Aman dalam perjalanan. Artinya, jiwa dan hartanya terjamin keselamatannya
  4. Memiliki bekal yang cukup. Artinya, harta yang dimiliki cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama mengerjakan haji, termasuk juga cukup untuk menjamin kebutuhan keluarga yang ditinggalkannya
  5. Bagi perempuan harus dengan suaminya atau diserta mahram atau dengan perempuan lain yang ada mahramnya

Syarat-Syarat Haji yang harus dipenuhi

Berikut ini adalah syarat haji yang harus kamu penuhi:

  1. Beragama Islam
  2. Berakal sehat
  3. Balig atau dewasa
  4. Merdeka (bukan budak) dan
  5. Kuasa atau mampu untuk melakukannya

Rukun Haji

Rukun haji adalah amalan yang wajib dilaksanakan dan tidak dapat diganti-ganti dengan membayar denda Meninggalkan salah satu rukun haji akan mengakibatkan kegagalan atau haji haram Berikut ini adalah enam rukun haji:

1. Ihram

Adalah berniat mengerjakan ibadah haji atau umrah dengan memakai Pakaian ihram, pakaian putih bersih yang tidak dijahit.

Hanya berlaku untuk laki-laki pakaian yang tidak berjahit.

2. Wukuf di Arafah Padang

Wukuf adalah hadir di Padang Arafah pada waktu zuhur, dimulai sejak tergelincir matahari tanggal 9 Zulhijah sampai terbit fajat tanggal 10 Zulhijah (pada bulan haji).

3. Tawaf

Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran, dimulai dari Hajar Aswad dengan posisi Ka’bah di sebelah kiri orang yang bertawaf (berputar kebalikan arah jarum jam). Orang yang tawaf harus menutup aurat serta suci dari hadas dan najis.

Rukun Haji

Macam-Macam Tawaf

  1. Tawaf qudum, dilakukan ketika baru sampai di Mekah
  2. Tawaf ifadah, dilakukan karena melaksanakan rukun haji
  3. Tawaf nazar, dilakukan karena nazar
  4. Tawaf sunah, dilakukan tidak karena sebab-sebab tertentu (mencari keutamaan dalam ibadah).
  5. Tawaf wadak, dilakukan karena hendak meninggalkan mekah

4. Sai

Sai adalah berlari-lari kecil antara Bukit Safa dan Marwah. Ketentuan sai harus dimulai dari Bukit Safa dan diakhiri di Bukit Marwah.

Sai dilakukan sebanyak tujuh kali dan dikerjakan setelah tawaf.

5. Menggunting (Mencukur) Rambut

Waktu mencukur rambut setelah melempar Jamrah Aqabah pada hari Nahar. Apabila mempunyai kurban, mencukur dilakukan setelah menyembelih hewan kurban. Mencukur rambut sekurang-kurangnya tiga helai rambut.

6. Tertip

Tertip berarti menertipkan rukun-rukun haji tersebut. Artinya, harus berurutan dimulai dari niat (ihram), wukuf, tawaf, sai, dan menggunting rambut.

Aplikasi Cek Keberangkatan Haji

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengecek informasi porsi haji berdasarkan data dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Langkah-langkahnya dapat dilihat pada poin-poin berikut:

  1. Download aplikasi Cek Porsi Haji melalui Google Play Store atau App Store
  2. Install aplikasi lalu buka
  3. Masukkanlah nomor porsi haji kedalam kolom yang di sediakan (Bagi yang tidak mengetahuinya nomor porsi haji adalah nomor urut pendaftaran haji Indonesia yang berjumlah 10 digit. Nomor porsi haji akan didapatkan jika kamu sudah melakukan setoran awal ke bank penerima setoran haji)
  4. Lalu klik submit
  5. Setelah itu akan muncul informasi untuk haji reguler dengan detail “Nama calon haji, estimasi keberangkatan, domisili, hingga jumlah kuota di provinsi tempat tinggal kamu”

Bagi kamu yang berstatus haji plus, kamu harus meminta nomor porsi haji kamu ke agen travel haji plus tempat awal kamu mendaftar.

Yang perlu diingat, nomor ini sangat penting, karena dari nomor ini, Kementerian Agama RI akan mengetahui bahwa kamu adalah calon jamaah yang terdaftar secara legal.

Selain aplikasi Cek Porsi Haji yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga dapat melakukan pengecekan keberangkatan haji melalui website Kementerian Agama RI.

Situs Kementerian Agama RI

Bagi yang kesulitan mengurus keberangkatan haji melalui aplikasi dapat lebih mudah melakukan pengecekan keberangkatan haji melalui website Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kamu dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan koneksi internet kamu terhubung
  2. Lalu buka situs kementrian agama RI dengan menggunakan tautan: https://intip.in/kemenaghaji
  3. Setelah itu, masukkan 10 digit nomor porsi haji kedalam kolom yang di sediakan
  4. Lalu klik tombol Cari

Syarat Haji

Jika kamu melakukan cara yang benar, maka setelah itu akan tampil data-data yang kurang lebih sama dengan tampilan saat kamu cek melalui aplikasi.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah membahas aplikasi cek keberangkatan haji 2022, selain itu kamu juga dapat cek melalui situs kementrian agama Republik Indonesia.

Demikian artikel tentang Download Aplikasi Cek Keberangkatan Haji 2022 Resmi, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.