Contoh Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan dan Belum Banyak Pesaing

Makrufi.com – Jika kamu sedang mencari contoh usaha modal kecil yang menguntungkan, kamu dapat mendapatkannya pada artikel yang kami bahas di bawah ini, karena kami akan merekomendasikan 15 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang mencobanya.

Seperti yang kamu tahu, sudah banyak sekali masyarakat yang melakukan usaha dengan modal kecil tetapi memiliki untung yang besar, apakah kamu tertarik untuk melakukannya?

Banyak bisnis atau industri yang cocok untuk pemula yang ingin meningkatkan penghasilan kamu. Selain bermanfaat untuk menambah penghasilan, memulai usaha di usia muda di desa dapat memberikan pengalaman tambahan bagi calon wirausahawan.

Contoh Peluang Usaha di Belum Banyak Pesaing

Meskipun desa memiliki lebih sedikit penduduk daripada kota, pesaing juga lebih sedikit, memungkinkan kamu untuk lebih fleksibel dalam ekspansi bisnis.

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Kali ini kami akan menunjukkan beberapa contoh bisnis unik di desa yang bisa dijalankan oleh siapa saja berdasarkan minat, bakat, dan keterampilannya, dengan fokus pada masyarakat pedesaan.

1. Dropship atau Reseller Barang Vintage

Banyak anak muda yang senang bekerja di bisnis ini. Menjual produk yang diperoleh dari pengecer besar dapat menjadi modal usaha yang murah bagi mahasiswa.

Dropshipping atau reseller adalah jenis bisnis yang fokus pada pemasaran dan penjualan produk orang lain. Keuntungan yang kamu peroleh ditentukan oleh selisih antara harga beli dan harga jual kembali yang kamu tawarkan kepada pelanggan kamu.

kamu tidak perlu lagi memikirkan cara membuat atau memiliki barang untuk dijual di bisnis ini kamu hanya perlu memikirkan pemasaran dan promosi.

Karena, dalam hal dropshipping, pemilik barang akan mengirimkan barangnya langsung ke pembeli kamu dengan merek kamu. Bisnis dropship atau reseller misalnya menjual baju, pulsa, sepatu, kaos, tas, dan barang-barang lainnya yang digemari anak muda.

2. Jasa Desain Grafis Segmen Tertentu

Ada banyak organisasi, paguyuban, dan paguyuban pemuda yang memiliki kegiatan akhir-akhir ini. Peralatan atau perlengkapan pendukung selalu dibutuhkan untuk terciptanya kegiatan yang baik dalam kegiatan perkumpulan tersebut.

Seperti alat promosi seperti spanduk, spanduk, plakat, atau kenangan. Nah, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk memberikan jasa desain grafis yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Untuk membuat karya yang memukau, diperlukan software desain grafis seperti Photoshop, CorelDraw, atau Adobe Illustrator. kamu cukup menggunakan komputer atau laptop yang hampir dimiliki oleh setiap mahasiswa.

Tentunya hal ini bisa menjadi modal utama untuk meluncurkan peluang bisnis yang menguntungkan.

3. Jasa Koperasi Simpan Pinjam

Sebenarnya pendirian koperasi simpan pinjam membutuhkan modal yang cukup besar. Nantinya, kamu bisa membantu petani atau peternak dalam memanfaatkan kamu untuk memulai usaha atau mengembangkan usahanya.

kamu juga bisa membantu kamu dengan mekanisme pinjaman berbunga rendah, tanpa harus menerapkan prinsip seperti rentenir atau rentenir. kamu dapat memberi manfaat bagi orang lain di komunitas pedesaan selain diri kamu sendiri.

4. Bisnis Tour dan Travel Guide

Jika kamu memiliki hobi atau kesukaan untuk berwisata ke tempat-tempat menarik seperti Danau Toba di Sumatera Utara, kamu bisa memulai bisnis sebagai jasa tour dan travel guide ke berbagai destinasi wisata tersebut.

Bisnis Tour dan Travel Guide

Bisnis ini memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan yang cukup besar. kamu dapat berpartisipasi dalam perjalanan apa pun yang ditawarkan oleh klien kamu, selain menerima manfaat materi.

Usaha yang satu ini bisa dimulai dengan mengumpulkan mahasiswa atau pelajar yang ingin pergi study tour, dan jika sudah berpengalaman bisa langsung membuka jasa pendamping untuk masyarakat umum.

5. Bimbingan Belajar atau Les Private Online

kamu bisa memulai bisnis bimbingan belajar ini jika kamu seorang mahasiswa jurusan pendidikan atau keguruan dan menguasai mata pelajaran atau bidang mata pelajaran tertentu.

Tentunya hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis untuk mendirikan jasa bimbingan belajar.

Bisnis ini juga bisa dilakukan sendiri atau berkelompok asalkan semua orang memiliki pengetahuan di bidangnya masing-masing. Menjalankan bisnis bimbingan belajar tidak boleh terbatas pada satu bidang studi saja.

Namun, cobalah untuk melayani berbagai jenis area belajar. kamu juga bisa memetik keuntungan di event-event tertentu, seperti kursus TOEFL, SBMPTN, dan lain-lain.

Bisnis ini bisa berkembang ke bidang non akademik seperti kursus mengemudi, kursus vokal, dan lain sebagainya. Berikan pelayanan yang memuaskan agar pelanggan kamu akan terus menggunakan produk dan jasa kamu.

6. Jasa Fotografi atau Video Editing Konsep Unik

Bisnis ini dirancang khusus untuk siswa yang suka mengedit foto atau video. Banyak orang yang menikmati dunia foto dan video, dan kini banyak yang mengandalkan Instagram dan YouTube sebagai sumber penghasilan.

Jika ditekuni dengan tekun dan konsisten, bisnis ini memiliki potensi yang besar, terutama di daerah pedesaan yang banyak mengadakan acara dan pesta.

Dopship atau Reseller Barang Vintage

Untuk memulai bisnis ini, kamu harus mahir dalam mengedit foto atau video. kamu dapat menggunakan media sosial dan situs web untuk mempromosikan diri kamu.

7. Servis Komputer, Laptop dan Smartphone Panggilan

Bisnis berikut ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang menyenangi oprek oprek barang elektronik seperti komputer dan smartphone.

Karena mayoritas pelajar atau mahasiswa saat ini sudah memiliki laptop, maka bisnis ini sangat potensial.

Hanya kamu yang benar-benar memahami dan menguasai perangkat keras dan lunak perangkat elektronik yang dapat menjalankan bisnis ini.

Selain keterampilan, kamu yang tertarik untuk terjun ke bisnis ini akan membutuhkan berbagai peralatan pendukung seperti obeng, tang, dan tempat atau ruangan khusus untuk diservis.

Kamu bisa mempromosikan bisnis jasa ini kepada teman kuliah, teman sekolah, teman kost, bahkan masyarakat umum jika berhasil.

8. Jualan Makanan dan Minuman Hype

Ini adalah bisnis skala kecil dengan keuntungan kecil. Namun, jika dilakukan dengan tekun dan dalam skala besar, tetap bisa memberikan pundi-pundi rupiah dalam jumlah yang cukup besar. kamu bisa menjual melalui sistem pre-order atau door to door.

Ini berarti menempatkan banyak makanan dan minuman favorit orang di tempat berkumpul untuk sekelompok besar anak-anak, atau ada acara pesta lain yang memungkinkan kamu untuk menjual makanan dan minuman ringan ini di area tersebut sehingga lebih cepat terjual.

9. Usaha bidang Pertanian Organik

Hal ini identik dengan pertanian di pedesaan. Karena sebagian besar penduduk pedesaan bekerja sebagai petani atau peternak.

Jadi, jika kamu tertarik di bidang pertanian atau peternakan, kamu bisa menekuni bisnis di bidang itu.

Jual beli hasil pertanian, seperti pupuk, vitamin, dan alat pertanian, adalah contoh produk pertanian. kamu juga bisa menjadi pembuat konten pertanian (youtuber dan blogger) dan pengembang aplikasi pertanian.

10. Menjadi Pengepul atau Toke

Kamu seorang mager, tetapi kamu ingin berbisnis. Jadi, di pedesaan, jadilah kolektor atau toker.

Jasa Desain Grafis Segmen Tertentu

Kamu yang memiliki modal yang cukup dan lahan yang cukup luas untuk menampung barang-barang yang terkumpul bisa menjadi toke atau kolektor.

Toke, disebut juga pengumpul, adalah seseorang yang mengumpulkan berbagai jenis barang ekonomi (seperti sampah plastik, hasil pertanian kelapa sawit, kelapa, karet, dan sebagainya) langsung dari anggota atau orang lain dan kemudian menjualnya kembali ke perusahaan atau pabrik. dengan margin keuntungan yang relatif besar.

Ini adalah jalur karir yang menjanjikan di daerah pedesaan saat ini, tetapi pastikan kamu memahami aliran rantai pasokan produk yang ingin kamu spesialisasi sehingga kamu dapat menentukan prospek pasar.

11. Membuat Cafe atau Penginapan Hewan Peliharaan

kamu sadar bahwa menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan itu menenangkan. Jika tidak memilikinya, kamu bisa pergi ke kafe atau penginapan yang menawarkan jasa tersebut.

Kafe kucing atau anjing, tempat pelanggan dapat berkumpul dan menghabiskan malam dengan hewan peliharaan kamu, mungkin salah satunya.

Tempat-tempat ini telah lama populer di Taiwan dan Jepang. kamu dapat membuat ruangan khusus yang cocok untuk pemilik dan hewan peliharaan.

12. Bisnis Glamping

Glamping mirip dengan penginapan berkemah yang glamor. Kamu dapat menemukan tempat berkemah terbaik di planet ini.

Bepergian di alam bebas dalam suasana berkemah, tetapi dengan kenyamanan modern.

Di luar negeri, bisnis glamping dapat menghasilkan hingga $1,8 miliar, dan diperkirakan akan tumbuh di tahun-tahun mendatang.

Waktunya telah tiba untuk mendirikan bisnis resor glamping di berbagai atraksi alam, menggabungkan fasilitas modern dengan alam dan pengalaman luar ruangan.

13. Bakery Online

Bisnis roti cukup rutin. Namun, jika layanan dan penjualan dilakukan secara online, ini bisa menjadi fantastis.

Kamu adalah kandidat ideal untuk posisi pembuat roti. kamu dapat menghemat uang untuk biaya awal karena ini adalah bisnis rumahan.

Buat konsep toko roti yang kreatif atau unik di mana kamu ingin memanggang makanan panggang yang lezat untuk pelanggan.

14. Smash Room Rental

Kamu dapat menyediakan kamar sewa khusus yang memungkinkan orang untuk melepaskan diri dari frustrasi dan kemarahan kamu, karena banyak dari kamu ingin menghilangkan stres dengan menyewa ruang yang besar dan dilengkapi dengan peralatan untuk menghancurkan barang-barang tertentu.

Jasa Koperasi Simpan Pinjam

Pelanggan nantinya akan diwajibkan memakai alat pelindung diri seperti full body suit, kacamata, sarung tangan, dan helm.

Kamu memasuki ruangan dengan barang pecah belah seperti piring, vas, dan barang-barang kaca dan menghancurkannya dengan tongkat baseball.

15. Jasa Pemindahan Pohon

Memindahkan pohon adalah salah satu masalah yang paling sulit bagi pemilik rumah yang pindah. Sebuah cabang pohon telah tumbang dan pemilik rumah harus mencabutnya, atau kamu ingin memangkas pohon dan lansekap kamu tetapi tidak yakin di mana harus membuang puing-puingnya.

Atau mungkin kamu ingin memindahkan pohon bersejarah dari halaman lama ke halaman baru.

Kamu dapat menyingkirkannya dan menggunakan layanan seperti ini. kamu harus membuangnya dengan benar, di situlah perusahaan jasa pemindahan puing-puing pohon masuk.

Menjalankan bisnis ini memerlukan membantu pemilik rumah dengan tugas yang memakan waktu untuk mengangkut dan menghilangkan puing-puing pohon dari properti kamu.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan 15 contoh usaha modal kecil yang sangat menguntungkan dan belum banyak pesaing yang melakukan bisnis tersebut.

Demikian artikel tentang Contoh Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan dan Belum Banyak Pesaing, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.