Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Terbaru

Makrufi.com – Sudah tidak jarang masyarakat yang mengetahui tentang pengertian administrasi, tetapi apakah kamu sudah mengetahui pengertian administrasi menurut pada ahli terbaru? Jika kamu belum mengetahuinya, kamu dapat mendapatkan informasi tersebut pada artikel di bawah ini.

Seperti yang kamu tahu, administrasi dapat diartikal sebagai suatu kegiatan yang menetapkan tujuan dan metode pelaksaan di berbagai lembaga atau organisasi.

Kamu perlu memahami tentang ilmu administrasi, yang terdiri dari fungsi dan tujuan penting dalam bisnis atau kegiatan tertentu.

Sebagai contoh fungsi administrasi ialah fungsi pelaporan, fungsi penyusunan, fungsi penganggaran, fungsi koordinasi, fungsi penempatan, fungsi pengarahan, dan sebagainya.

Pengertian Administrasi

Sedangkan unsur admistrasi yaitu seperti organisasi, komunikasi, manajemen, keuangan, personalia, administrasi, persediaan dan hubungan terhadap masyaraakat.

Ciri administratif meliputi adanya kelompok manusia yang terdiri dari dua orang atau lebih, serta adanya kerjasama, proses atau usaha, pembinaan dan pengawasan, serta tujuan yang ingin dicapai.

Pengetahuan administratif diperlukan untuk perencanaan dan produktivitas yang efektif di berbagai lingkungan kerja.

Pengertian Administrasi

Di bawah ini kami akan membahas tentang pengertian administrasi menurut KBBI, pengertian administrasi secara umum, dan pengertian administrasi menurut para ahli, sebagai berikut:

Pengertian Administrasi Menurut KBBI

Sebelum mengetahui pengertian administrasi menurut para ahli, berikutt pengertian administrasi Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Administrasi adalah suatu usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan definisi dan penetapan cara menyelenggarakan pengembangan organisasi.

Administrasi juga dapat diartikan sebagai usaha dan kegiatan yang berhubungan dengan pelaksanaan kebijakan untuk mencapai tujuan.

Serta kegiatan yang berhubungan dengan administrasi dan administrasi pemerintahan.

Pengertian Administrasi Secara Umum

Setelah mengetahui pengertian administrasi menurut KBBI, berikut Pengertian administrasi secara umum adalah suatu usaha atau kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan dalam rangka mencapai tujuan.

Mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, mengetik, membuat agenda, dan tugas administrasi lainnya termasuk dalam kegiatan administrasi.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Di bawah ini terdapat beberapa para ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang administrasi, berikut pengertian administrasi menurut para ahli luar negeri maupun dalam negeri yaitu:

Menurut George R. Terry

George R. Terry mendefinisikan administrasi sebagai “kegiatan merencanakan, mengendalikan, dan menyelenggarakan pekerjaan kantor.

Serta menggerakkan kamu yang melaksanakannya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.”

Menurut Arthur Grager

Menurut Arthur Grager, administrasi adalah fungsi mengelola komunikasi dan pelayanan arsip organisasi.

Menurut Ulbert

Administrasi didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan sistematis data atau informasi, baik internal maupun eksternal.

Untuk memberikan informasi dan memudahkan untuk mengambilnya, sebagian atau seluruhnya. Administrasi juga dapat disingkat menjadi administratif.

Menurut Sondang P. Siagian

Pengertian administrasi secara umum mengacu pada segala bentuk kerjasama antara dua individu atau lebih berdasarkan rasionalitas yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Jenis Administrasi

Menurut Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson

Definisi administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor yang efisien, kapan dan di mana pekerjaan itu harus diselesaikan.

Menurut Munawardi Reksohadiprowiro

Dalam arti luas, administrasi diartikan sebagai pemerintahan, yang meliputi setiap pengaturan dan penetapan fakta secara sistematis dan ditulis dengan tujuan untuk memperoleh pandangan yang komprehensif dan hubungan antara fakta dan fakta lainnya.

Menurut Leonard D. White (1958)

Menurut Leonard D. White, administrasi adalah proses umum dalam semua usaha kelompok, baik di perusahaan publik atau swasta.

Menurut Wiliaw H. Newman (1963)

Menurut Newman, administrasi adalah kepemimpinan dan pengawasan kelompok usaha individu dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Menurut W.H. Evans

Pengertian administrasi adalah suatu fungsi yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengarahan semua tahapan operasi perusahaan dalam pengolahan informasi, komunikasi, dan bahan memori organisasi.

Menurut FX Soedjadi (1989)

Administrasi secara singkat diartikan sebagai kegiatan prosedural dalam bisnis perkantoran, seperti mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya.

Menurut Soewarno Handayaningrat

Catatan, surat menyurat, pembukuan ringan, pengetikan, dan agenda teknis dan administrasi adalah contoh kegiatan administrasi.

Menurut John M. Pfiffer dan Robert V

Administrasi di bidang kenegaraan diartikan sebagai suatu proses yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan pemerintah, pembinaan keterampilan dan teknik yang tidak terbatas jumlahnya, memberikan arah dan tujuan untuk definisi orang.

Menurut Simon (1958)

Menurut Simon (1958), administrasi didefinisikan sebagai kegiatan kelompok di mana anggota bekerja sama untuk menyelesaikan tugas.

Menurut The Liang Gie

Administrasi secara luas didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Wijana

Menurut Wijana, administrasi di bidang pemerintahan merupakan kumpulan dari semua organ negara, baik yang rendah maupun yang tinggi, yang bertugas melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dan kepolisian.

Menurut Ordway Tead (1953)

Administrasi didefinisikan sebagai usaha yang luas yang mencakup semua aspek kepemimpinan.

Ini mencari dan mengatur kegiatan kerja sama manusia yang ditujukan untuk tujuan dan sasaran tertentu.

Fungsi Administrasi

Administrasi erat kaitannya dengan fungsi-fungsi berikut:

1. Perencanaan

kamu harus membuat rencana sebelum mulai bekerja. kamu harus menentukan siapa, kapan, di mana, dan bagaimana pekerjaan itu akan dilakukan.

Fungsi Administrasi

Tujuan harus ditetapkan dan urutannya harus dicapai dengan cara yang logis selama perencanaan. Rencana dapat membantu kamu “memetakan jalan” dari tempat kamu sekarang ke tempat yang kamu inginkan untuk perusahaan kamu di masa depan.

2. Pengorganisasian

Fungsi ini meliputi pembagian tugas, pengelompokan tanggung jawab ke dalam beberapa divisi dan menentukan hubungan kamu, dan staffing (perekrutan pekerja untuk mengisi posisi tertentu).

Tujuannya adalah untuk mencapai upaya terkoordinasi di antara semua elemen perusahaan.

Kamu harus mempertimbangkan rentang kendali serta pendelegasian wewenang dan tanggung jawab.

3. Pengaturan Sumber Daya

Agar rencana dapat berfungsi dengan baik, sumber daya yang memadai harus selalu tersedia.

Tenaga kerja, modal, fasilitas, dan barang-barang lainnya adalah contoh sumber daya. Berikut adalah beberapa saran manajemen sumber daya yang berguna:

  1. Berkonsentrasi pada sumber daya yang langka
  2. Prioritaskan pekerjaan yang membutuhkan penggunaan sumber daya bersama
  3. Menerima bahwa cara kerja yang berbeda ada dalam suatu organisasi
  4. Menyadari bahwa pengelolaan sumber daya adalah proses yang berkelanjutan, konflik dan perubahan tidak dapat dihindari
  5. Kelola berbagi sumber daya dan gunakan jenis pengelompokan yang terbaik untuk bisnis kamu
  6. Memperhitungkan waktu non-proyek
  7. Multitasking harus dihindari atau dibatasi
  8. Beli Perangkat Lunak untuk merencanakan sumber daya dan menemukan penawaran terbaik

4. Pengarahan

Karyawan perlu diarahkan ke tujuan bersama. Dalam hal ini, kamu harus mengalokasikan sumber daya dengan bijak dan memberikan bantuan yang efektif.

Keterampilan interpersonal yang baik dan kemampuan untuk memotivasi orang lain diperlukan untuk mengarahkan.

Menemukan keseimbangan yang tepat antara kebutuhan staf dan produksi adalah salah satu aspek terpenting dalam mengarahkan.

5. Pengendalian Kerja

Pengendalian adalah evaluasi kualitas keseluruhan atau deteksi potensi penyimpangan dari rencana.

Tujuannya adalah untuk menjaga lingkungan yang tertib dan bebas masalah sambil memastikan kinerja berkualitas tinggi untuk memberikan hasil yang memuaskan.

6. Penganggaran

Menurut Supriyono dalam buku Akuntansi Biaya (Perencanaan dan Pengendalian Biaya serta Pembuatan Keputusan) (2002).

Penganggaran adalah perencanaan yang menggambarkan secara kuantitatif dalam bentuk keuangan dan ukuran kuantitatif lainnya. Penganggaran mencakup implementasi hingga pengendalian.

Jenis Administrasi

Ada beberapa jenis, tetapi secara garis besar diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Administrasi Negara

Administrasi negara, menurut Dimock dan Dimock (1992), adalah subset dari administrasi umum.

Yang merupakan bidang yang lebih luas yang mempelajari bagaimana institusi mulai dari satu keluarga hingga persatuan bangsa disusun, digerakkan, dan dikendalikan.

Dengan kata lain, ini adalah studi tentang apa yang diinginkan orang dari pemerintah dan bagaimana kamu mendapatkannya. Kegiatannya termasuk menangani isu-isu publik.

2. Administrasi Bisnis

Administrasi bisnis adalah proses mengelola perusahaan atau organisasi untuk memastikan stabilitas dan pertumbuhannya.

Tujuannya adalah untuk memaksimalkan keuntungan. Tipe ini mengutamakan efisiensi ekonomi daripada prosedur yang relevan. Manfaatnya hanya untuk individu dan kelompok tertentu.

Ciri Administrasi

Menurut Sibarani dkk. Dasar-dasar Kewirausahaan (2019), lima karakteristik administrasi adalah:

Terdiri dari sekelompok orang. Administrasi, sebagaimana dinyatakan sebelumnya, adalah pekerjaan dua orang atau lebih.

Secara keseluruhan, prosesnya luas dan kompleks, sehingga sulit bagi kamu untuk menyelesaikannya sendiri.

Akibatnya, administrasi terdiri dari sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama.

Menjalin kerjasama. Administrasi tidak diragukan lagi merupakan kegiatan padat tugas.

Namun, dengan kerjasama yang baik, semua pekerjaan akan terasa lebih ringan dan lebih cepat selesai.

Memiliki tujuan dalam pikiran. Kegiatan yang tidak memiliki tujuan yang jelas akan menjadi sia-sia. Akibatnya, kamu harus menetapkan tujuan yang realistis, kuat, dan fleksibel.

Berusahalah untuk menyadari. Ketika kamu menetapkan tujuan, kamu harus bekerja keras untuk mencapainya.

Upaya tersebut dapat berupa pengembangan strategi yang lebih detail, pembagian tugas, pembuatan timeline, dan aktivitas lainnya.

Ada arahan, kepemimpinan, dan pengawasan. Seorang pemimpin diperlukan agar pekerjaan dapat dilakukan secara efektif.

Tugas seorang pemimpin adalah memberikan arah yang jelas menuju tujuan bersama.

Pemimpin juga harus mengawasi semua kegiatan untuk memastikan bahwa kamu berjalan sesuai rencana.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami tidak hanya membahas tentang pengertian administrasi menurut para ahli saja.

Tetapi kami juga membahas pengertian administrasi menurut KBBI, dan juga secara umum.

Demikian artikel tentang pengertian administrasi menurut para ahli terbaru, semoga artikel di atas dapat bemanfaat dan membantu untuk kamu semua.