Pengertian Teknologi Informasi Secara Umum

Makrufi.com – Seperti yang kamu tahu teknologi informasi sangat berkembang pesat di Indonesia. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pengertian teknologi informasi secara umum, simak di bawah ini.

Sudah tidak jarang masyarakat luas menggunakan teknologi, ntah itu dari handphone, laptop, komputer, televisi dan lain sebagainya.

Kini kamu dapat mengenal tentang pengertian teknologi informasi dan penjelasan lebih lengkap dari teknologi informasi di bawah ini.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi mengacu pada setiap istilah umum yang membantu manusia dalam melaksanakan, mengamankan, menghubungkan, dan mendistribusikan informasi.

Pandangan lain dari teknologi informasi adalah pencarian pengetahuan pemrograman, aplikasi, pengembangan, bantuan, dan pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, diikuti dengan implementasinya pada perangkat keras dan perangkat lunak.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pendapat para ahli tentang teknologi informasi, yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Haag dan Keen

Teknologi informasi didefinisikan sebagai seperangkat alat yang memungkinkan kamu untuk bekerja dengan informasi dan melakukan tugas yang terkait dengan pemrosesan informasi.

2. Menurut Martin

Teknologi informasi tidak hanya mencakup teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, tetapi juga teknologi komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan informasi.

3. Menurut Mc Keown

Segala bentuk teknologi yang digunakan untuk membuat, menyimpan, memodifikasi, dan menggunakan informasi tersebut disebut sebagai teknologi informasi.

4. Menurut Willams dan Sawyer

Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

5. Menurut Kenneth C.Loudon

Manajer menggunakan teknologi informasi sebagai salah satu alat kamu untuk menghadapi perubahan.

6. Menurut Martin, Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins

Teknologi informasi merupakan perpaduan antara teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) untuk mengolah dan menyimpan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendistribusikan informasi.

Komponen Teknologi Informasi

Dalam teknologi informasi terdapat beberapa komponen, yaitu sebagai berikut:

  1. Perangkat Keras
  2. Perangkat Lunak
  3. Perangkat Kecerdasan Buatan yang dipunyai oleh Manusia
  4. Bahan, informasi dan keahlian

Fungsi Teknologi Informasi

Beberapa fungsi dalam teknologi informasi antara lain sebagai berikut:

Menangkap (Capture)

Fungsi teknologi informasi untuk menangkap informasi dikenal dengan istilah capture.

Pengolahan (Processing)

Pengolahan (Processing) adalah fungsi teknologi informasi yang melibatkan pemrosesan suatu bahan atau input data yang diterima sebagai informasi.

Menghasilkan (Generating)

Menghasilkan (Generating) suatu jaringan informasi dengan pola yang bermanfaat adalah fungsi dari teknologi informasi.

Toko (Store)

Store (Store) adalah fungsi teknologi informasi yang merekam atau mendokumentasikan data dan informasi ke dalam perangkat seperti hard drive, floppy disk, atau flash drive.

Ambil (Retrieve)

Retrieve adalah fungsi teknologi informasi yang menemukan, mengambil, dan mentransfer data dan informasi terdokumentasi.

Pengertian Teknologi Informasi

Transmisi

Transmisi adalah fungsi teknologi informasi yang memungkinkan data dan informasi ditransfer dari satu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan teknologi informasi adalah untuk memecahkan masalah, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kegunaan dan kemampuan untuk melaksanakan tugas.

Sehingga dapat dikatakan bahwa keinginan untuk memecahkan suatu masalah, serta kemampuan untuk melakukan aktivitas, merupakan pemicu atau pemicu berkembangnya teknologi informasi.

Adanya teknologi informasi memudahkan dan mengurangi biaya tenaga manusia.

Manfaat Teknologi Informasi

Beberapa keunggulan teknologi informasi antara lain sebagai berikut:

1. Dalam Pendidikan

Keahlian siswa ingin belajar lebih banyak agar lebih efektif. Komputer adalah alat yang dapat membantu siswa mengekspresikan kreativitasnya.

2. Dalam Bidang Industri dan Manufaktur

Mampu membuat produk yang akan diterbitkan dalam suatu industri memungkinkan kamu untuk secara akurat mengawasi mesin produk.

3. Dalam Bidang Bisnis Dan Perbankan

Penyimpanan data yang lebih aman dan terjamin bisa lega. Dapat melakukan aktivitas transaksional kembali.

4. Dalam Bidang Kemiliteran

Navigasi kapal selam dimungkinkan. Dapat mengemudikan pesawat luar angkasa baik secara manual maupun otomatis.

5. Dalam Bidang Pemerintahan

Dapat mengelola data dan informasi yang disediakan untuk kebutuhan masyarakat dan dapat mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat.

Dampak Perkembangan Teknologi Informasi

Berikut ini adalah dampak dari perkembangan teknologi informasi:

Dampak Positif

Beberapa dampak positif dari teknologi informasi adalah sebagai berikut:

  1. Sederhanakan dan percepat akses ke informasi yang kami butuhkan
  2. Menyederhanakan dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi
  3. Memfasilitasi transaksi bisnis perusahaan atau individu
  4. Mempermudah menyelesaikan tugas atau pekerjaan
  5. Proses komunikasi tidak terhambat oleh waktu atau lokasi
  6. Meluasnya penggunaan teknologi informasi menciptakan lowongan pekerjaan IT serta jenis lowongan pekerjaan baru lainnya

Komponen Teknologi Informasi

Dampak Negatif

Sementara itu, berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari teknologi informasi:

  1. Pornografi sudah menjadi hal yang lumrah karena kemudahan aksesnya
  2. Karena kemudahan bertransaksi, muncullah bisnis haram seperti narkoba dan pasar gelap atau produk ilegal
  3. Penipu dan penjahat sangat lazim dalam transaksi online
  4. Munculnya budaya plagiarisme atau plagiarisme terhadap karya orang lain

Kelebihan dan Kerugian Teknologi Informasi

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan:

Kelebihan Teknologi Informasi

  1. Untuk tujuan pendidikan, informasi yang dibutuhkan akan lebih cepat dan mudah diakses
  2. Dengan adanya inovasi e-learning yang semakin mempermudah proses pendidikan maka inovasi pembelajaran semakin berkembang
  3. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas berbasis teleconference yang tidak mengharuskan pendidik dan siswa berada dalam satu ruangan
  4. Penerapan sistem TIK akan membuat sistem administrasi pada suatu lembaga pendidikan menjadi lebih mudah dan lancar

Kekurangan Teknologi Informasi

  1. Kemajuan TIK juga akan mempermudah pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudah mengakses data, maka semakin besar kemungkinan orang akan melakukan penipuan melalui plagiarisme
  2. Meskipun sistem administrasi sebuah lembaga pendidikan seperti sistem tanpa celah, kecerobohan dalam menjalankan sistem akan berakibat fatal
  3. Salah satu dampak negatif dari televisi adalah melatih anak untuk berpikir cepat dan tetap fokus dalam waktu yang singkat (short span of attention)

Peran Teknologi Informasi

Peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Karena perkembangan teknologi semakin pesat, begitu pula dengan kebutuhan manusia akan teknologi.

Perusahaan ini merupakan aplikasi teknologi informasi terkini. Penggunaan TI dalam suatu organisasi sangat penting; untuk mengimplementasikan TI, karakteristik organisasi harus diperhatikan.

Apakah TI mampu meningkatkan efisiensi perusahaan, sehingga dalam mengimplementasikan TI dibutuhkan orang-orang yang dapat diandalkan dan dapat berjalan dengan baik? Dalam bisnis, teknologi informasi memainkan lima peran dasar:

Fungsi Operasional

Teknologi informasi telah mengambil alih dan akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping.

Karena sifat penggunaannya, yang meluas di semua fungsi organisasi, unit yang bertanggung jawab atas manajemen teknologi informasi akan berfungsi sebagai lembaga pendukung di mana teknologi informasi dianggap sebagai infrastruktur perusahaan.

Fungsi Monitoring and Control

Artinya teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan manajerial, tertanam dalam fungsi masing-masing manajer, sehingga struktur organisasi unit-unit yang terkait dengannya harus mampu memiliki span of control atau hubungan sejawat yang memungkinkan terjadinya interaksi.

Fungsi Planning and Decision

Mengangkat teknologi informasi ke peran yang lebih strategis sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan generator pengetahuan bagi para pemimpin perusahaan yang harus membuat sejumlah keputusan penting setiap hari.

Karena fungsi strategis tersebut di atas, tidak jarang perusahaan pada akhirnya memilih untuk menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan dan/atau pengembangan perusahaan.

Fungsi Communication

Di era organisasi modern, di mana teknologi informasi diposisikan sebagai sarana atau media bagi individu perusahaan untuk berkomunikasi, berkolaborasi, bekerja sama, dan berinteraksi, pada prinsipnya termasuk dalam infrastruktur perusahaan.

Fungsi Interorganisational

Perannya unik karena didorong oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk berkolaborasi atau menjalin kemitraan dengan berbagai bisnis lain.

Konsep kemitraan strategis atau kemitraan berbasis teknologi informasi, seperti penerapan Supply Chain Management atau Enterprise Resource Planning, menyebabkan perusahaan melakukan sejumlah terobosan signifikan dalam desain struktur organisasi unit teknologi informasinya.

Bahkan, tidak jarang pelaku bisnis melakukan outsourcing atau outsourcing sejumlah proses bisnis terkait pengelolaan teknologi informasi kepada pihak ketiga guna menjamin kelancaran operasional bisnisnya.

Jenis dan fungsi peran teknologi informasi ini akan berdampak langsung pada desain atau desain struktur organisasi perusahaan, serta struktur organisasi departemen, divisi, atau unit yang terkait dengan sistem informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi.

Prinsip Teknologi Informasi

Berikut ini adalah prinsip-prinsip teknologi informasi:

High-Tech-High-Touch

Penjelasan:

Teknologi tinggi adalah pikiran manusia yang bergerak maju melalui teknologi sambil melupakan tradisi manusia atau pencapaian sebelumnya.

Sentuhan tinggi adalah pengembangan manusia yang lebih diutamakan daripada teknologi.

Sementara itu, high tech high touch merangkul teknologi yang memelihara kemanusiaan kamu sekaligus menolak teknologi yang melingkupinya.

Dengan kata lain, high tech high touch adalah upaya yang disengaja untuk memilih dan menggunakan teknologi ketika itu menambah nilai bagi kehidupan manusia.

Teknologi tinggi telah membawa manusia pada kehampaan spiritual. Bahkan teknologi telah “mendewakan” atau “mendewakan” agar dapat digunakan sebagai ukuran kemajuan, evaluasi, atau “kehidupan” perilaku manusia.

Kesimpulan

Pandangan lain dari teknologi informasi adalah pencarian pengetahuan pemrograman, aplikasi, pengembangan, bantuan, dan pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, diikuti dengan implementasinya pada perangkat keras dan perangkat lunak.

Demikian artikel tentang Pengertian Teknologi Informasi Secara Umum, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.