Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa di Buka di Android

Makrufi.com – Jika kamu bingung bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak bisa di buka di android, kamu bisa simak artikel dibawah ini hingga selesai untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Tidak selalu mungkin untuk menggunakan nama aplikasi dengan benar. Walaupun smartphone yang kita gunakan adalah ponsel dengan spesifikasi tinggi, namun tidak menjamin bisa menjalankan semua aplikasi.

Ponsel Android tidak dapat meluncurkan aplikasi karena berbagai alasan. Namun, ini bukan hanya karena masalah dengan smartphone dalam kasus tertentu, masalah muncul karena masalah dengan aplikasi itu sendiri.

Mulai dari aplikasi yang rusak hingga aplikasi yang tidak sesuai dengan wilayah kita.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa di Buka

Jika aplikasi tidak ditujukan untuk wilayah Indonesia, maka kamu harus menggunakan VPN TERBAIK untuk mengaksesnya.

Namun, jika masalah muncul sebagai akibat dari ponsel atau smartphone kita, kita mungkin menemukan bahwa kita kehabisan kapasitas penyimpanan. Sampai masalah cache hp.

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa di Buka

Ada berbagai faktor yang menyebabkan aplikasi tidak bisa diluncurkan di ponsel kamu.

Beberapa penyebab tersebut mungkin perlu sobat warna coba atasi satu per satu, agar aplikasi tersebut dapat digunakan kembali.

Namun rata-rata aplikasi yang tidak bisa dibuka adalah aplikasi online. Dimana aplikasi online rebih rawan tidak bisa dibuka jika bandingkan aplikasi offline.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi aplikasi tidak bisa di buka, antara lain:

1. Cek Jaringan Internet

Sebagai aplikasi pertama, pastikan koneksi internet kamu berfungsi dengan baik jika kamu kesulitan membuka aplikasi online.

Baik kamu menggunakan WiFi atau koneksi data, cukup coba periksa konektivitas ponsel.

Kamu dapat memverifikasinya dengan mengakses situs atau aplikasi Youtube. Periksa apakah koneksi internet kamu berjalan lancar sebelum melanjutkan.

Jika, dalam masalah, koneksi tidak mengalami masalah, maka masalahnya kemungkinan besar disebabkan oleh hal lain.

Semua aplikasi online memang membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya.

2. Aplikasi Tidak Bekerja Dengan Benar

Kerusakan aplikasi adalah alasan paling umum dari aplikasi yang tidak dapat dibuka. Jika ini masalahnya, mungkin karena perangkat kamu yang ada tidak kompatibel.

Ada berbagai aplikasi untuk menunjukkan aplikasi yang rusak, seperti fakta bahwa itu tidak dapat digunakan oleh semua pengguna.

Jadi silahkan verifikasi dengan pengguna lain, apakah mereka bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Jika pengguna lain tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut, kemungkinan besar masalahnya ada pada aplikasi itu sendiri. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengunduh dari sumber ketiga selain Playstore.

3. Tunggu Pembaruan Aplikasi

Jika kamu yakin masalahnya ada pada aplikasi, kamu harus menunda pembaruan hingga salah satunya dirilis. kamu dapat memeriksa pembaruan dengan mengunjungi aplikasi Playstore.

  1. Buka PlayStore di Android
  2. Di bagian atas, klik opsi Cari
  3. Jika ikon pencarian dipilih, mulailah mengetik nama aplikasi yang kamu cari
  4. Harap periksa kembali untuk melihat apakah kamu telah ditambahkan ke daftar
  5. Jika pembaruan tersedia, pastikan untuk menerapkannya segera setelah kamu melihatnya

Setelah developer aplikasi tahu kalau aplikasi mereka bermasalah, seharunya tidak butuh waktu lama dari developer untuk membuat update aplikasi.

Silahkan cek bagian update dan langsung saja melakukan update pada aplikasi tersebut.

4. Ruang Penyimpanan Habis

Langkah selanjutnya pastikan ruang penyimpanan ponsel kamu dalam posisi cukup bebas.

Beberapa kesulitan muncul ketika kapasitas penyimpanan smartphone habis yang tidak mereka kenali.

Oleh karena itu, pastikan kembali ruang penyimpanan HP kamu dalam situasi yang cukup lega. Buka menu penyimpanan di ponsel Android kamu dan lihat status memori.

Jika memang posisi ponsel cukup menguras tenaga, kamu bisa menghilangkan aplikasi tertentu yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Jangan lupa juga untuk memeriksa cache HP yang sekarang kamu gunakan untuk menawarkan lebih banyak ruang.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa di Buka di Android

5. Download Aplikasi Selain di Playstore

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android Selanjutnya adalah dengan mencoba mendownload dari pihak lain. Gunakan situs web atau situs lain jika kamu ingin mengunduh aplikasi.

Salah satu situs pengganti Playstore adalah situs tap tap yang menawarkan berbagai aplikasi. kamu bahkan dapat mengunduh aplikasi dari berbagai versi.

Selain disadap, kamu akan menemukan banyak aplikasi baru di Google Playstore. Jadi strategi ini cukup berguna untuk menangani aplikasi yang gagal diluncurkan dengan mengunduh versi sebelumnya dengan satu sentuhan.

6. Berikan Akses Izin Aplikasi

Sebagian besar aplikasi tidak dapat dimanfaatkan dengan baik karena akses otorisasi untuk aplikasi tersebut tidak aktif. Oleh karena itu, silakan masukkan izin aplikasi untuk memeriksa ini.

  1. Buka Pengaturan
  2. Masuk ke Menu Aplikasi
  3. Cara aplikasi yang di tuju
  4. Scroll cari menu Perizinan
  5. Pastikan semua sudah di berikan izin akses

Izin untuk menggunakan aplikasi terkadang sulit dikelola. Pasalnya, dengan akses izin, aplikasi bisa menggunakan fitur tambahan di ponsel, termasuk mengakses data pengguna.

7. Restart Android

Teknik dasar yang paling sederhana namun sangat efektif adalah dengan me-restart HP. Di mana kamu dapat menjalankan restart untuk mengembalikan ponsel kamu ke keadaan sebelumnya.

Aplikasi yang menolak untuk dibuka seringkali merupakan hasil dari konflik dengan aplikasi lain.

Jadi, restart ponsel kamu dengan menekan tombol power selama beberapa detik lalu pilih opsi Restart.

Beberapa aplikasi dapat memengaruhi aplikasi lain, atau kesalahan akan muncul karena aplikasi tertentu.

Cukup restart untuk mengatasi masalah apa pun yang mungkin muncul di ponsel kamu.

FAQ

Dibawah ini terdapat pertanyaan mengenai cara mengatasi aplikasi tidak bisa di buka, antara lain:

Kenapa Aplikasi Tidak Bisa Dibuka dan Keluar Sendiri?

Satu alasan utama mengapa aplikasi sering tertutup sendiri biasanya penyebabnya adalah file cache yang sangat banyak atau menumpuk.

Terutama apabila handphone kamu memiliki RAM yang kecil, sehingga menyebabkan beban smartphone semakin tinggi dan juga sistem terpaksa menutup aplikasi yang sangat berat bisa dijalankan secara otomatis.

Kesimpulan

Itulah adalah beberapa langkah mudah yang mungkin perlu kamu ketahui saat menemukan aplikasi yang gagal dibuka. Di mana kamu dapat menggunakan strategi di atas cukup sederhana.

Intinya aplikasi yang gagal di bukan bukan sepenuhnya kerusakan HP, namun banyak di sebabkan karena aplikasi memang rusak.

Demikian artikel tentang cara mengatasi aplikasi tidak bisa di buka di android, semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.