Aplikasi SAS Terbaru dan Versi Link Download Terbaru

Makrufi.com – Apakah anda sudah mengetahui yang dimaksud dengan aplikasi SAS terbaru atau sistem aplikasi satker? jadi Penyelenggaraan keuangan negara tentu harus dilakukan dengan terbuka dan mengikuti asas pengelolaan keuangan yang ada di Indonesia.

Setidaknya ada empat asas utama perihal pengelolaan keuangan negara, yaitu proporsional, transaparan, akuntabel dan profesional.

Untuk mewujudkan penyelenggaraan keuangan yang sesuai dengan asas tersebut, sudah pasti dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memfasilitasi para pengelola keuangan.

Aplikasi SAS itu adalah sebuah sistem yang dimaksudkan untuk membuat proses pengelolaan keuangan negara lebih terbuka, akuntabel, profesional, dan berkeadilan.

Aplikasi SAS yang disebut juga dengan Sistem Aplikasi Satker ini dirancang untuk berbagai tugas pekerjaan yang nantinya akan dilaksanakan oleh unit kerja atau satker.

Apa itu Aplikasi SAS (Sistem Aplikasi Satker)

Sistem Aplikasi Satker merupakan aplikasi berbasis desktop yang digunakan untuk melakukan berbagai tugas pekerjaan seperti Data Kontrak, RPD Harian, SPM, LPJ Bendahara Satker, dan lain sebagainya.

Ada beberapa modul utama dalam SAS atau Sistem Aplikasi Satker, diantaranya:

  1. Modul Admin, yang dapat digunakan untuk pengaturan user modul yang lain, referensi, transfer Pagu, dan juga melakukan backup-restore aplikasi.
  2. Modul PPK, yang berfungsi untuk membuat SPP, daftar PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri/Tenaga Honor yang dibayarkan melalui APBN), dan juga konfirmasi penerimaan.
  3. Modul PPSPM, yang ditujukan untuk mencatat SPM serta perekaman rencana penarikan dana (RPD/APS) bagi transaksi besar.
  4. Modul LPJ/Silabi Bendahara Pengeluaran, yang berfungsi untuk pembuatan LPJ Bendahara serta perekaman transaksi pembukuan bendahara, baik Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pengeluaran Pembantu.
  5. Modul LPJ/Silabi Bendahara Penerimaan, yang difungsikan untuk pembuatan LPJ Bendahara serta perekaman transaksi pembukuan Bendahara Penerimaan.
  6. Beberapa modul ini terus diupdate agar mendapatkan fungsi yang makin maksimal dan dapat mencakup semua bidang tugas.

Pembaruan untuk Aplikasi SAS

Ada berbagai versi dari Sistem Aplikasi Satker ini, yang terbaru adalah SAS 2020 yang juga telah diupdate beberapa kali.

Update aplikasi ditujukan untuk menambahkan fungsi kerja satker dengan SAS, seperti misalnya pada SAS 2020 berikut: