Apa itu DeFi, Komponen, Kelebihan serta Kekurangannya

Makrufi.com – Tahukah anda apa itu DeFi? Keuangan Terdesentralisasi yang lebih dikenal dengan DeFi adalah platform yang dibangun di atas teknologi blockchain, dan inilah yang membuatnya berbeda dengan aplikasi keuangan tradisional.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan Apa itu DeFi, komponen, kelebihan serta kekurangannya.

Biasanya, teknologi blockchain bergantung pada jaringan open source yang besar. Dalam beberapa tahun terakhir ini, Keuangan terdesentralisasi (Decentralized Finance) telah berkembang menjadi salah satu perkembangan teknologi yang cukup menonjol.

Latar Belakang DeFi

Lebih dari 1,7 miliar orang tidak memiliki akses ke sarana dukungan keuangan yang paling dasar sekalipun. Beberapa bahkan menyimpannya dan menulis catatan secara manual.

DeFi masuk untuk mengisi kekosongan ini dengan memberikan jawaban yang tepat untuk masalah keuangan.

dApps, aset digital, protokol, dan kontrak pintar adalah bagian dari platform DeFi, yang dibangun di atas teknologi blockchain. Platform ini dapat diakses dan terbuka untuk semua orang karena tidak memiliki izin khusus.

Akibatnya, istilah “Keuangan Terbuka” sering digunakan untuk menggambarkan DeFi (keuangan keuangan terdesentralisasi).

Salah satu keuntungan utama DeFi besar adalah ia menciptakan lingkungan terbuka bagi orang-orang yang tidak memiliki akses ke layanan keuangan apa pun, dan dengan demikian menawarkan akses mudah bagi pengguna tersebut.

Apa itu DeFi?

Decentralized Finance (DeFi) merupakan suatu sistem yang mengizinkan user untuk menggunakan jasa keuangan seperti meminjam dana, memberi pinjaman, atau melakukan perdagangan tanpa harus bergantung pada entitas yang sentralisasi.

Karena fasilitas yang dapat digunakan tersebut disediakan via Decentralized Application (Dapps) di mana Dapps ini dikembangkan di atas platform blockchain.

DeFi sendiri bukanlah produk yang dijual secara satuan ataupun perusahaan namun merupakan serangkaian produk dan jasa yang berfungsi sebagai pengganti institusi mulai dari bank, asuransi, obligasi dan pasar uang.

Dapps DeFi mengizinkan user untuk mengkombinasikan jasa yang ingin mereka gunakan ke dalam berbagai kemungkinan.