Apa itu Market Cap Crypto dan Kategorinya

Makrufi.com – Kini Pertumbuhan mengenai investasi mengealami peningkatan yang sangat tinggi. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang market cap crypto, baik itu definisinya, cara menghitung, dan juga jenis market cap itu sendiri.

Pada beberapa waktu belakangan ini, dunia investasi menjadi sesuatu hal yang mulai banyak diminati oleh banyak orang.

Namun, dibalik penawaran profit yang fantastis, ada hal-hal yang perlu Anda pahami, salah satunya adalah memahami istilah yang terdapat dalam dunia investasi itu sendiri.

Pasalnya, kemampuan dalam memahami istilah akan mempengaruhi dalam kemampuan dalam meraih profit yang diinginkan.

Apa Itu Market Cap Crypto?

Dalam pengertian singkatnya, istilah market cap atau yang juga disebut dengan Market Cap, dijelaskan sebagai nilai agregat pasar sebuah perusahaan.

Sementara itu, jika dijabarkan secara luas, market cap diartikan sebagai sebuah ukuran yang didasarkan pada nilai agregat suatu perusahaan.

Cara mendapatkannya adalah dengan menghitung total pengalian jumlah outstanding shares atau saham perusahaan yang beredar dengan harga per satu lembar saham di pasaran.

Dalam prakteknya, seringkali market cap digunakan oleh investor untuk mengukur kualitas perusahaan. Bagi investor, market cap adalah ukuran yang menunjukkan seberapa besar ukuran perusahaan.

Dapat dikatakan, bahwa market cap adalah cara cepat dan mudah bagi investor untuk mengetahui nilai dari perusahaan. Artinya bahwa semakin besar market cap dari perusahaan, maka semakin besar pula nilainya bagi perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di publik.

Penting untuk diingat bahwa jumlah risiko yang terkait dengan investasi saham di perusahaan dipengaruhi oleh ukuran dan nilai perusahaan.

Estimasi keuntungan selama periode waktu tertentu juga dapat dihitung dengan menggunakan metode ini. Dalam pendekatan ini, anda sebagai investor dapat membangun portofolio yang sehat untuk jangka waktu yang lama.

Bagaimana Cara Menghitung Market Cap?

Setelah anda memahami arti dari istilah Market Cap, hal selanjutnya yang perlu anda pelajari adalah cara menghitung Market Cap.

Pada dasarnya, anda dapat menggunakan kalkulator Market Cap untuk menghitung Market Cap, tetapi akan lebih baik jika anda juga mengetahui metode penghitungannya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa cara mendapatkan hitungan market cap adalah dengan menghitung total pengalian jumlah outstanding shares atau saham perusahaan yang beredar dengan harga per satu lembar saham di pasaran. Artinya, market cap dituliskan dengan rumus:

Market cap = Total saham yang beredar x Harga per lembar saham

Sebagai contoh, misal sebuah perusahaan memiliki saham yang beredar senilai 150 juta dan setiap lembarnya dipatok harga Rp 1.600, maka perhitungan Market Cap adalah 150 juta x 1.600, maka ditemukan hasil yakni Rp 240.000.000.

Namun, ada satu catatan penting yang harus Anda ingat. Yakni market cap sebuah perusahaan merupakan nilai yang terus mengalami perubahan dalam hitungan waktu ke waktu, meski hal ini juga tidak sering terjadi.