Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Video Tanpa Software

Makrufi.com – Kali ini saya akan sharing mengenai cara menggabungkan subtitle dengan video favorit anda. Barangkali jika anda memiliki film, kartun, anime itu anda harus menontonnya menggunakan subtitle.

Kenapa ? karena dengan bantuan subtitle lah anda bisa mengerti arti pembicaraan pada video yang anda tonton.

Tapi, kalau anda merasa sudah mengerti bahasa dalam video tersebut maka anda bisa menontonnya tanpa menggunakan subtitle ya karena subtitle itu hanya untuk mereka yang tidak paham bahasa yang digunakan dalam film, kartun, anime yang ditonton

Ok, tips kali ini adalah untuk menggabungkan subtitle dengan video yang sering anda tonton.Yah, anda pasti merasa repot bukan jika anda harus memasukkan subtitle saat anda mau menonton video favorit anda berkali-kali.

Ini sangat tidak efektif bukan ? Oleh karena itulah, jika video dengan subtitle sudah tergabung maka anda tidak perlu lagi masukkan subtitle secara manual kalau anda mau menonton video favorit anda itu lagi.

Daftar Cara Menggabungkan Subtitle dengan Video

Ada 2 cara menggabungkan subtitle dengan video yang harus anda ketahui, yaitu:

1) Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Video Tanpa Software

Ini adalah cara paling sederhana, hanya membutuhkan beberapa klik perangkat lunak untuk menyelesaikannya.

Namun, ada masalah, karena jika file subtitle dihancurkan, subtitle juga akan hilang dari video. Untuk menggabungkan subtitle dengan video tanpa menggunakan software, prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan film ( video) dan subtitle ( format srt atau ass) berada dalam satu folder ( wajib)
  2. Samakan nama file video dan subtitlenya misalkan nama filenya adalah “spongebob out of water” maka nama subtitlenya juga harus “spongebob out of water”
  3. Kemudian silahkan putar videonya. Kalau sudah dilakukan dengan benar, maka seharusnya subtitle sudah muncul seperti ini.

2) Cara Menggabungkan Subtitle dengan Video Menggunakan Software

Cara yang kedua ialah Menggunakan Sofware, dalam menggabungkan subtitle dengan video menggunakan software memiliki 2 jenis, yaitu:

  1. Secara softsub ( belum permanen subtitlenya) bisa dipilih untuk diaktifkan atau tidak subtitlenya. Biasanya kalau anda download anime di oploverz subtitlenya softsub bisa anda aktifkan atau tidak.Untuk membuat softsub bisa memakai mkvmerge/ mkvtoolnix.Untuk tutorialnya anda bisa lihat di Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Video Secara Softsub.
  2. Secara hardsub (secara permanen) maksudnya video sama subtitle sudah gabung dan sudah nggak bisa pisah-pisah lagi biasanya kalau anda download anime di samehadaku atau sebagian besar fansub subtitlenya udah hardsub dari sananya untuk membuat yang hardsub ada banyak softwarenya yaitu yang saya tahu adalah menggunakan Megui, Any Video Converter sama Format Factory.