Rug Pull Crypto Adalah dalam Dunia Cryptocurrency

Makrufi.com – Hal yang ditakutkan oleh para investor ialah Rug Pull, mungkin untuk anda investor baru belum mengenal rug pull crypto itu apa dalam dunia cryptocurrency, di sini kami akan membahas tentang Rug Pull, dan cara menghindarinya.

Selain faktor resiko dan fluktuasi yang tinggi, dunia kripto bisa terbilang tidak 100% aman karena ada istilah rug pull. Hal ini yang juga mengharuskan para investor harus berhati-hati dan menganalisa secara matang sebelum melakukan investasi.

Jadi apa arti sebenarnya dari rug pull crypto? Dan bagaimana itu bisa terjadi? Bagaimana cara menghindarinya? Berikut ini penjelasannya.

Mengenal Arti dari Rug Pull Crypto

Secara bahasa, rug pull berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti “rug pull”. Maksudnya yaitu mengambil suatu dukungan secara tiba-tiba dari orang-orang.

Jika diterjemahkan ke dalam dunia crypto, maka arti rug pull adalah ketika developer meninggalkan suatu proyek atau aset crypto begitu saja dan membawa uang-uang yang sudah ditanam oleh para investor.

Ini terjadi ketika likuiditas hilang secara tiba-tiba sehingga aset mengalami kerugian besar. Kemudian investor akan menjual dan menyelamatkan yang mereka miliki.

Tindakan tersebut disebut exit scamming, yaitu saat developer menguras DEX. Hal ini mengakibatkan pemegang token tidak bisa berdagang dan terjebak dalam masalah.

Bagaimana Rug Pull Crypto Bisa Terjadi?

Biasanya rug pull terjadi pada DEX atau pertukaran terdesentralisasi. Cara mainnya yaitu kira-kira seperti berikut ini:

  1. Developer membuat token dan mencantumkannya pada DEX. Sebagai iming-iming, ia akan memasangkannya dengan uang kripto populer seperti Ethereum
  2. Untuk memikat banyak investor, pengembang melakukan berbagai cara menghebohkan. Seperti sensasi di media sosial, membuat komunitas, menyuntikkan modal cair ke grup mereka, dan sebagainya.
  3. Hal ini pun mengundang banyak investor untuk gabung.
  4. Jika banyak investor telah bergabung dan memperdagangkan token ethereum mereka, pengembang akan menarik semuanya dari kolom likuiditas
  5. Kemudian harga koin menjadi 0.
  6. Investor pun kehilangan asetnya dan mengalami kerugian sangat besar.

Cara Menghindari Terjadinya Rug Pull Crypto

Namun jangan khawatir, sebagai calon investor, anda tetap bisa mencegah terjadinya Rug Pull crypto dengan cara berikut ini: