Apa itu Pengertian Komputer, Fungsi, dan Kegunaannya

Makrufi.com – Pada masa modern apa itu pengertian komputer, fungsi, dan kegunaannya sudah tidak asing lagi, bahkan selama ini komputer telah menjadi alat mesin atau alat yang berinteraksi dengan setiap elemen kehidupan.

Karena kebutuhan kita yang tak terpuaskan akan pengetahuan, komputer telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari.

Istilah komputer kuno, jika diartikan secara luas adalah alat hitung. Ada karakter bernama Charles Babbage. Pada awalnya, ia menciptakan mesin penghitung dengan tujuan tunggal untuk mendapatkan informasi baru

Apa itu Pengertian Komputer

Komputer adalah mesin yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu ketika diberikan serangkaian instruksi, seperti yang ditemukan dalam manual atau formula.

Memahami komputer ini dimulai dengan gambaran tentang manusia dengan berbagai pekerjaan. Karyanya bergantung pada perhitungan matematis, yang menggunakan instrumen tertentu.

Selalu ada hubungan yang kuat antara aritmatika dan sejarah pemprosesan informasi. Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi aritmatika atau matematika otomatis, belum tentu sama dengan fungsi komputer ini.

Jenis Komputer

Mesin komputasi ternyata dipisahkan menjadi banyak komponen. Komponen-komponen ini datang dalam berbagai bentuk dan melayani berbagai tujuan. Maka komponennya adalah:

1. Komputer Benam (Mainframe)

Pengetahuan tentang komputer yang satu ini dikenal dengan istilah “Mikrokontroler” atau bisa disebut juga dengan “komputer yang disematkan” (Embedded Computer).

Embedded computer merupakan salah satu komponen elektrik dan digital yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Yang sedang berkata, tujuan utamanya agak sempit.

Oven microwave, telepon rumah, dan telepon seluler semuanya dilengkapi komputer internal. Saat itulah sistem operasi terpisah mereka berguna.

2. PC Atau Komputer Pribadi

Setiap orang di dunia memiliki salah satu komputer ini. PC atau komputer pribadi tentunya sudah cukup dikenal oleh para milenial yang hidup di era 90-an hingga saat ini.

Komputer telah menjadi pengetahuan umum dalam budaya Indonesia setelah hampir tiga dekade. Komputer, yang sebelumnya berukuran besar dan tidak praktis, telah menyusut dalam ukuran dan berat hingga menjadi portabel.

Sampai saat ini, komputer seukuran bengkel mobil kecil atau gudang besar. Namun fungsinya hanya mampu mengetik beberapa kata saja. Komputer telah menyusut ukurannya hingga anda dapat membawanya ke mana pun anda pergi dan menggunakannya untuk apa saja.

Yang dimaksud dengan komputer antara lain adalah android.Android kini menjadi sebuah perangkat komputer sederhana, yang sangat fleksibel. Dimana kegunaan komputer yang multifungsi di gabungkan dengan aspek multimedia dan komunikasi.