Apa itu Hutang Usaha dan karakteristik

Makrufi.com – Banyak yang belum mengetahui jenis hutang, salah satunya Hutang Usaha. Apa itu Hutang usaha dan karakteristikna? kami akan bahas pada artikel ini. Sama dengan hutang pada umumnya, Hutang Usaha yaitu kewajiban yang harus segera dilunasi.

Hutang Usaha sekilas nampak sederhana. Hanya sekedar hutang. Namun ternyata banyak ditemui yang salah mengartikan. Dikiranya semua hutang sama saja. Padahal jenis hutang banyak macamnya.

Hutang Usaha adalah topik esai ini. Juga ciri-ciri yang membedakannya dengan pinjaman lainnya. Wesel adalah bagian dari ini. Tentu saja, akuntansi harus dilihat sebagai contoh.

Apa itu Hutang Usaha

Pengertian hutang perjuangan atau utang dagang (account payable) yaitu kewajiban yang harus segera dibayarkan (lancar) dalam jangka waktu singkat yang muncul sebab transaksi pembelian secara kredit. Barang atau jasa. Yang bekerjasama dengan aktivitas operasional perusahaan.

Yang terakhir ini sangat penting, karena melibatkan kolaborasi dengan aktivitas bisnis inti perusahaan. Seperti namanya “Hutang usaha” atau disebut juga dengan hutang dagang.

Kalau ada utang selain itu: dijamin namanya bukan Hutang Usaha lagi. Tapi bentuk lain dari utang. Setelah anda mengetahui apa itu Hutang Usaha, beginilah contohnya

Contoh Hutang Usaha

Pembelian secara kredit oleh bisnis perdagangan. Pembelian bahan baku dan bahan penolong secara kredit untuk usaha manufaktur, pembelian bahan baku untuk penyedia jasa.

Contoh hotel: pembelian sandal hotel, sabun dan peralatan operasional lainnya. Untuk diberikan kredit untuk.

Contoh lain: perusahaan kontraktor konstruksi. Utang usaha kontraktor meliputi pembelian pinjaman ini: pasir, batu bata, besi, ubin, cat tembok, kayu/papan, semen dan perlengkapan konstruksi lainnya.

Dalam hal transportasi, apakah kontraktor harus membeli dump truck secara kredit? Bukan! itu bukan hutang dagang. Tapi utang jangka panjang.

Membeli dump truck merupakan investasi bagi kontraktor. Dilihat sebagai investasi jangka panjang. Nominalnya adalah materi. Dan yang penting adalah ini: jangka waktu pembayarannya panjang. Lebih dari satu tahun layak membaca.

Idealnya, jatuh tempo Hutang Usaha itu singkat. Tidak lebih dari satu tahun. Selanjutnya, dump truck ini tidak akan ditawarkan untuk dijual di masa depan. Tapi hanya untuk kepentingan diri sendiri.

Namun, dump truck tersebut dibeli secara kredit oleh dealer mobil. Tujuan akhirnya adalah untuk dijual kembali. Yang akan dimanfaatkan dengan baik sebagai gudang barang-barang mereka. Membeli kredit adalah hutang yang dikeluarkan oleh perusahaan, bukan individu. Itu sebabnya.

Karakteristik Hutang Usaha

Agar anda bisa membedakan mana utang perjuangan dan mana yang bukan. Ada beberapa ciri dari utang usaha. Yang membedakan dengan utang jenis lainnya. Kami menemukannya 4 karakteristik Hutang Usaha yaitu seperti ini:

Recent Articles

Related Stories