Pengertian Rekening Koran dan Cara Membuatnya

Makrufi.com – Tahukah kamu pengertian rekening koran dana cara membuatnya? Biasanya rekening koran digunakan sebagai prasyarat untuk memperoleh visa di luar negeri, simak penjelasan dibawah ini.

Hal ini diperlukan untuk menjamin stabilitas keuangan seseorang yang akan mengajukan visa ke luar negeri. Jadi, apa itu rekening koran? Dan bagaimana cara pembuatannya?

Bagi kamu yang belum mengetahui pengertian rekening koran yang umum digunakan untuk melakukan transaksi, simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Rekening Koran

Pengertian Rekening Koran

Rekening Koran merupakan serapan dari bahasa Belanda courant yang berarti ringkasan transaksi seseorang yang disimpan dalam suatu rekening.

Mana pun di atas yang berlaku untuk akun yang dimaksud. Transaksi yang dicatat berupa rekening debet dan kredit.

Sebelum teknologi yang lebih modern, seseorang hanya dapat mengakses kekhususan transaksi rekeningnya melalui rekening koran pada awal penggunaan rekening.

Untuk memperoleh rekening koran saat itu bergantung pada kebijakan bank. Ada yang memberikan rekening koran kepada konsumen setiap periode tanpa diminta, ada pula yang harus mengajukan terlebih dahulu untuk memiliki rekening koran.

Fungsi Rekening koran

Tidak seperti saat ini, mengakses riwayat transaksi akun dapat dengan mudah dilihat menggunakan aplikasi mobile banking, online banking, atau ATM.

Kamu tidak perlu menunggu lama untuk memeriksa riwayat transaksi rekening koran kamu dengan menghubungi departemen layanan pelanggan bank sekarang karena fitur ini tersedia.

Setelah membahas pengertian rekening koran, selanjutnya terdapat beberapa fungsi dari rekening koran:

1. Mengetahui Ringkasan Transaksi

Tujuan paling mendasar dari rekening koran adalah untuk memberikan pemilik daftar semua transaksi yang telah terjadi di rekening tersebut. Periode optimal untuk menghasilkan laporan bank umumnya setiap 3 bulan.

Jumlah total pada awal dan akhir setiap bulan, aliran debet dan kredit, biaya administrasi dan bunga bank semuanya termasuk dalam rekening koran.

Informasi pada rekening koran cukup lengkap karena tanggal dan catatan transaksi juga disediakan.

2. Mengajukan Visa

Pertama, peran rekening koran adalah untuk mengajukan permohonan visa yang akan digunakan ketika kamu ingin bepergian berlibur ke luar negeri atau dalam perjalanan dinas.

Hal ini untuk memastikan bahwa kamu tidak akan kehabisan uang saat kamu jauh dari rumah dengan memeriksa untuk melihat apakah situasi keuangan kamu stabil.

Untuk aplikasi visa, laporan bank biasanya diterbitkan berdasarkan transaksi selama 3 hingga 6 bulan terakhir.

Pengajuan visa seringkali membutuhkan penyerahan sejumlah dokumen pendukung, seperti cek dari rekening sendiri.

Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (PPh) 21, dan cek pembayaran pajak kekayaan bumi (PBB).

3. Menjadi Bukti Hukum

Dalam hal terjadi perselisihan tentang bukti transaksi, maka rekening koran berfungsi sebagai alat bukti yang sah. Contoh pada umumnya seperti pembayaran pembelian.

Jika penjual berpikir bahwa kamu belum menerima uang yang kamu kirimkan, tetapi kamu yakin bahwa kamu telah mentransfernya, maka kamu dapat memverifikasinya secara legal dengan mencetak rekening koran.

Hal ini juga penting untuk mencegah penipuan dari pihak ketiga. Akibatnya, saat bertransaksi dengan orang lain, kamu harus berhati-hati.

4. Audit Keuangan Perusahaan

Rekening koran sangat penting untuk manajemen keuangan perusahaan. kamu dapat memperoleh gambaran tentang situasi keuangan perusahaan dengan mencetak rekening koran.

Akibatnya, jika ditemukan sesuatu yang aneh dalam kegiatan keuangan perusahaan, kamu akan siap untuk menanganinya dengan cepat.

5. Mengajukan Pinjaman

Jika kamu mencari pinjaman atau kredit dari bank, kamu biasanya akan diminta untuk memberikan riwayat transaksi yang kamu selesaikan. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan rekening koran.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan rekening koran di aplikasi lain yang terkait dengan keuangan.

Ini untuk membangun kesehatan keuangan kamu jika kamu bukan karyawan tetap suatu perusahaan.

6. Ikut Lelang

Sebagai konfirmasi kesanggupan mereka untuk membayar jika mereka menang dengan jumlah yang mereka usulkan.

Penawar wajib menunjukkan bukti kepemilikan uang selama pelelangan. kamu dapat menggunakan rekening koran sebagai bukti.

Pengertian Rekening Koran dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Rekening Koran

Setelah membahas pengertian rekening koran, selanjutnya maka kami akan membahas mengenai cara untuk membuatnya.

Cara membuat rekening koran cukup mudah. Hanya beberapa menit dari waktu kamu.

Rahasianya adalah mengunjungi kantor cabang rekening bank kamu, kemudian menunggu untuk melanjutkan ke layanan pelanggan.

Untuk pengajuan rekening koran, CS akan meminta banyak prasyarat yang harus dipenuhi.

Beberapa kriteria pengajuan rekening koran antara lain buku tabungan asli, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan kartu debit.

Rekening koran dapat dibuka dengan bantuan ketiga hal ini. Perlu ditegaskan antara buku tabungan dan nama di KTP harus selaras.

Jika tidak, aplikasi untuk membuat rekening koran akan ditolak. Jika kamu mewakili seseorang, harus ada surat kuasa dari orang yang bersangkutan.

Yang tidak kalah penting, kamu harus membawa kartu debit saat mengajukan. Konsultasikan dengan CS jika kamu tidak memilikinya.

Kartu debit yang ditautkan ke rekening tabungan seseorang tidak umum, untuk saat ini.

Begitulah cara kerja rekening koran, tampilannya, dan cara membukanya. Jadi kesimpulannya.

Rekening koran adalah salah satu bukti transaksi yang dapat membantu kamu mengamati aktivitas keuangan yang kamu lakukan.

Cara membuka rekening ini juga cukup mudah, dan biayanya tergantung kebijakan masing-masing bank.

FAQ

Dibawah ini terdapat pertanyaan mengenai pengertian rekening koran, antara lain:

Apa Saja yang Ada di Dalam Rekening Koran?

Rekening koran memiliki beberapa hal yang berada didalamnya, antara lain:

  1. Informasi Bank dan Bisnis
  2. Informasi Akun
  3. Tanggal Periode
  4. Ringkasan Akun
  5. Ringkasan Transaks

Kesimpulan

Dari pengertian rekening koran digunakan sebagai prasyarat untuk memperoleh visa di luar negeri. Untuk aplikasi visa.

Laporan bank biasanya diterbitkan berdasarkan transaksi selama 3 hingga 6 bulan terakhir.

Hal ini untuk memastikan bahwa kamu tidak akan kehabisan uang saat jauh dari rumah dengan memeriksa untuk melihat apakah situasi keuangan kamu stabil.

Aplikasi visa seringkali membutuhkan dokumen pendukung, seperti cek dari rekening bank sendiri. Rekening koran sangat penting untuk manajemen keuangan perusahaan.

Kamu dapat memperoleh gambaran umum tentang situasi keuangan perusahaan dengan mencetak rekening koran di aplikasi yang ditautkan ke layanan keuangan.

Rekening koran adalah salah satu bukti transaksi yang dapat membantu kamu mengamati aktivitas keuangan yang kamu lakukan.

Beberapa kriteria pengajuan rekening koran antara lain buku tabungan asli, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan kartu debit. Cara membuka akun ini juga cukup mudah.

Demikian artikel tentang pengertian rekening koran, semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.