Apa itu Anuitas, Jenis, dan Rumus

Makrufi.com – Dalam kalangan masyarakat luas, anuitas sangat asing bagi masyarakat umum.  Namun, mengenal apa itu Anuitas, jenis dan rumus bukan lagi hal asing bagi anda yang memiliki keahlian dibidang keuangan.

Apa itu Anuitas

Banyak yang belum mengetau apa itu Anuitas, jadi anuitas adalah serangkaian pembayaran atau penerimaan memiliki nilai yang telah ditentukan yang dibuat atau diterima dari waktu ke waktu.

Karena pembayaran setiap periode ditetapkan, anuitas dirancang untuk memudahkan konsumen membayar jumlah angsuran yang terutang dari waktu ke waktu.

Pinjaman dan investasi jangka panjang keduanya menggunakan anuitas sebagai bunga komputasi bunga.

Lebih umum, istilah anuitas juga digunakan dalam produk asuransi. Di bidang asuransi, dapat dilihat sebagai manfaat pensiun yang dibayarkan setiap bulan.

Setiap karyawan menandatangani kontrak dengan perusahaan asuransi, setuju untuk membayar waktu tertentu di muka dan kemudian menerima pembayaran berkala selama sisa masa kerjanya, yang dikenal sebagai anuitas.

Sementara itu, di dunia investasi, anuitas digunakan untuk perencanaan keuangan masa depan untuk memberikan aliran pendapatan yang stabil selama masa pensiun.

Dana tersebut akan dibayarkan secara berkala oleh karyawan selama mereka masih bekerja dan jumlahnya pasti akan meningkat setiap tahun hingga pensiun. Dalam dunia perbankan, anuitas digunakan untuk menghitung besarnya bunga atau investasi.

Idenya adalah untuk memudahkan klien membayar dan mendapatkan jumlah pengembalian investasi mereka.

Jenis-Jenis Anuitas

Angsuran kredit atau pinjaman biasanya ditentukan pada waktu yang sama setiap bulannya selama waktu kredit, sehingga bisa pada awal atau akhir periode.

Hal yang sama berlaku untuk menerima imbal hasil investasi. Dengan memperhatikan syarat-syarat tersebut, dilihat dari jangka waktu pembayarannya, anuitas dapat dibagi menjadi empat jenis diantaranya yaitu:

1. Anuitas Biasa

Anuitas biasa adalah bentuk anuitas di mana pembayaran atau penerimaan berkala untuk periode tertentu terjadi pada akhir jangka waktu.

Pertimbangkan kasus pembayaran hipotek bulanan, di mana pembayaran dan tanda terima diterima pada akhir bulan.