Pengertian Future Value, Rumus, Contoh, dan Kelebihan

Makrufi.com – Apakah kamu mengetahui apa pengertian future value yang bisa memprediksi nilai dari uang di masa depan? Jika kamu belum mengetahuinya, simak penjelasan dibawah ini hingga selesai ya.

Pengertian Future Value (FV)

Tahukah kamu apa itu Future Value (FV) adalah perkiraan untuk memprediksi nilai sekarang dari uang di masa depan berdasarkan tingkat bunga atau tingkat pertumbuhan tertentu.

Memprediksi nilai masa depan atau pengertian future value akan menjadi sederhana jika tingkat pertumbuhan dapat diketahui secara akurat.

Nilai masa depan dapat digunakan untuk memperkirakan jumlah uang yang akan disimpan di masa depan.

Pentingnya Future Value (FV)

Setelah membahas mengenai pengertian future value, kamu juga harus memahami betapa pentingnya future value.

Karena tujuan nilai masa depan adalah untuk mengantisipasi total uang di masa depan, maka investor dapat menganalisis total uang yang dapat diakses di masa depan.

Nilai uang sangat bergantung pada pengembalian, dan sebagai hasilnya, investor akan sering mengubah tingkat risiko mereka.

Ada investor yang lebih menyukai risiko, acuh tak acuh, dan tidak terlalu menyukai risiko.

Semakin besar risiko investasi, semakin besar nilai investasinya. Sebaliknya, semakin rendah risiko investasi, semakin tinggi nilai investasinya.

Rumus Future Value (FV)

Bagaimana cara menghitung future value (FV)? setelah membahas mengenai pengertian future value, karena pada dasarnya, future value dapat dihitung dengan konsep bunga majemuk dan bunga sederhana.

Namun, perhitungan yang paling umum adalah dengan bunga majemuk (compound interest). Dengan demikian, rumus future value adalah FV = PV x (1 + r)^n.

Keterangan:

  1. PV adalah present value
  2. r adalah rate of return
  3. n adalah jumlah periode

Langkah-langkah cara menghitung future value (FV) adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan jumlah uang saat ini
  2. Tentukan periode waktu investasi
  3. Tentukan tingkat suku bunga atau return selama periode waktu tertentu

Lakukan perhitungan dengan menggunakan rumus future value (FV) dengan memasukkan angka-angka yang telah ditentukan.

Contoh Soal Future Value (FV)

Kamu memiliki “uang dingin” sebesar Rp 50 juta. kamu percaya bahwa daripada menyimpan uang di rekening tabungan, lebih baik menginvestasikan uangnya.

Kemudian, dengan asumsi tingkat pengembalian saham tahunan 15 persen, kamu memutuskan untuk berinvestasi dalam saham.

Kamu bertujuan untuk berinvestasi selama 5 tahun di mana kamu akan menjual saham pada akhir tahun 2026. Apakah ada nilai masa depan (atau FV)?

FV = PV x (1 + r)^n

FV = 50 juta / (1 + 0,15)^5

FV = 50 juta / (1.3225)

FV = Rp287.500.000,-

Kamu akan mendapatkan Rp 287.500.000 pada tahun 2026 jika kamu menginvestasikan Rp 50 juta dan mendapatkan pengembalian 15 persen setiap tahun.

Analisis Future Value (FV)

Kita dapat menyimpulkan bahwa uang dapat berkembang dari contoh sebelumnya dalam menghitung nilai masa depan.

Hadiah Rp 50 juta mungkin bernilai berkali-kali lipat. Dengan kata lain, memiliki Rp 50 juta sekarang lebih baik daripada memiliki Rp 50 juta di tahun-tahun mendatang.

Ini dikenal sebagai gagasan “nilai waktu dari uang” (TVM). kamu perlu memeriksa tingkat pengembalian investasi.

Pengembalian saham sebesar 15 persen mungkin hanya merupakan perkiraan karena harga saham dan kinerja masa depan perusahaan tidak dapat ditentukan hanya dengan mengacu pada kinerja sebelumnya.

Nilai masa depan dari suatu instrumen investasi dapat diprediksi lebih akurat jika memiliki tingkat pengembalian yang diketahui.

Keuntungan dan Kerugian Present Value (PV)

Kelebihan future value (FV) adalah perhitungan yang relatif mudah untuk memperkirakan nilai investasi di masa depan.

Namun, kekurangan future value (FV) adalah bertumpu pada tingkat return yang jika masih mengandalkan “estimasi”, nilai masa depan tidak dapat dipastikan.

Untuk mendapatkan rate of return yang pasti, sebagai contoh, kamu bisa investasi pada deposito dan obligasi, baik syariah maupun konvensional.

FAQ

Dibawah ini terdapat pertanyaan seputar pengertian future value, antara lain:

Faktor Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Menentukan Future Value?

Berikut ini terdapat beberapa faktor untuk menentukan future value, antara lain:

  1. Suku bunga
  2. Jangka waktu
  3. Pembayaran
  4. Nilai uang saat ini (present value)
  5. Nilai uang di masa mendatang (future value)

Kesimpulan

Setelah memperhitungkan tingkat pengembalian yang diharapkan, nilai masa depan dapat digunakan untuk memperkirakan berapa banyak uang yang akan tersedia di masa depan.

Rumus untuk nilai masa depan adalah menetapkan berapa banyak uang hari ini, berapa tingkat pengembalian setiap tahun dan berapa periode yang dibutuhkan.

Bunga majemuk dan bunga sederhana keduanya dapat digunakan untuk menghitung nilai masa depan, membuatnya sangat mudah dipahami.

Demikian artikel tentang pengertian future value, rumus, contoh, dan keuntungannya. Kami juga telah menyiapkan pengertian rasio keuangan dan manfaatnya, semoga bermanfaat.