Apa itu Crypto Arbitrase, Jenis dan Cara Kerjanya

Makrufi.com – Sebagian orang belum mengenal apa itu Crypto Arbitrase, jenis, dan cara kerjanya. Yang dikenal sebagai salah satu sistem trading populer yang juga bisa diaplikasikan ke dalam perdagangan crypto seperti Bitcoin dan Ethereum.

Namun sebelum Anda ikut menerapkannya, akan lebih baik jika mengenal apa itu arbitrase pada trading crypto dengan mengetahui cara kerja, jenis-jenis dan risikonya terlebih dahulu.

Apa itu Crypto Arbitrase

Arbitrase crypto adalah praktik mencari keuntungan dari selisih harga di antara 2 pasar crypto pada waktu tertentu. Arbitrase dilakukan oleh seorang arbitrageur dengan membeli crypto dari market A pada harga murah kemudian menjualnya ke market B pada harga jual lebih tinggi.

Metode perdagangan arbitrase ini tersebar luas di banyak negara dengan memberikan pilihan layanan pertukaran yang menggunakan likuiditas tinggi.

Poloniex dan TokoCrypto adalah dua contoh pertukaran yang memiliki banyak aset likuid untuk diperdagangkan. Oleh karena itu, ini dapat meningkatkan total volume transaksi. Dan peningkatan volume transaksi ini selanjutnya dapat berdampak pada harga aset di pasar.

Cara Kerja Arbitrase pada Trading Crypto

Mekanisme arbitrase sendiri dapat dijelaskan secara sederhana melalui contoh di atas, di mana arbitrageur membeli Bitcoin atau crypto lain yang sedang dijual murah di salah satu market.

Dengan begitu, ia bisa menjualnya kembali di market lain yang menghargai aset crypto tersebut lebih tinggi. Proses ini dapat dilakukan setelah arbitrageur melakukan analisis biaya di kedua platform kemudian membandingkan besarnya keuntungan dan kerugian.

Jadi, trader yang menggunakan metode arbitrase tidak akan pernah mengeksekusi strategi Hold On for Dear Life, karena dia akan segera menjual aset bitcoin-nya dalam waktu singkat.

Analisis dan perhitungan biaya arbitrase mungkin membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan. Semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin tinggi kemungkinan profit hilang.

Sementara taruhan mungkin sangat kompleks, dengan penelitian dan perhitungan yang tepat, seorang arbitrase dapat menemukan strategi perdagangan arbitrase yang optimal.

Dengan mekanisme praktik seperti yang dijelaskan pada contoh di atas, maka dapat diketahui bahwa trading arbitrase ini bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga di antara pasar keuangan.

Oleh karena itu, seorang arbitrageur harus mampu menemukan selisih harga dan memiliki kemampuan dalam memperdagangkan aset dalam waktu yang cepat dan tepat.

Hal ini karena pelaku trading arbitrase lainnya bisa mengambil kesempatan yang bisa saja sangat sempit. Dalam melaksanakan kesepakatan semacam ini, seorang arbitrase akan mendaftarkan banyak akun di sejumlah bursa kripto yang berbeda.

Selain itu, ia memiliki kemampuan untuk menyimpan aset di pembukuan. Tujuannya adalah dia tidak perlu mengirimkan aset kripto-nya ke seluruh bursa saat melakukan kesepakatan arbitrase ini. Metode lain dapat digunakan oleh arbitrageur.

Cek Berita dan Artikel Makrufi.com Lainnya di Google News