Syarat dan Cara untuk Membuat e-KTP Digital

Makrufi.com – Cara untuk membuat e-KTP Digital,di era yang sekarang semua kegiatan menggunakan Ponsel. Karena itu Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang menguji penggunaan QR Code pada kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Warga akan mendapatkan e-KTP melalui formulir teks di ponsel digital mereka di masa depan. Sejauh ini, percobaan telah dilakukan di 58 kabupaten dan kota di seluruh negeri.

QR Code ini juga memungkinkan pengguna tidak perlu menggunakan kartu tanda pengenal fisik (KTP) tetapi cukup menggunakan kode QR KTP digital di smartphone pribadinya.

Syarat Pembuatan e-KTP Digital

Apa saja syaratnya, dan bagaimana cara membuat e-KTP digital secara online,Berikut caranya

  1. Memiliki Smartphone
  2. Daerah pemohonan yang ingin membuat e-KTP memiliki koneksi internet
  3. Masyarakat harus bisa menggunakan teknologi dan mengeporasikan smartphone.

Cara Membuat e-KTP Digital

Berikut ini cara membuat e-KTP Digital

  1. Unduh/download aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri) di Google Play Store.
  2. Lalu, lakukan registrasi dengan memasukan NIK, alamat email, dan nomor ponsel.
  3. Verifikasi data diri Anda melalui face recognition atau pengenalan wajah.
  4. Selanjutnya, pemohon perlu melakukan verifikasi email.
  5. Jika berhasil maka akan diarahkan kembali ke halaman utama dan memerlukan login kembali.

Solusi jika e-KTP digital hilang seperti disebutkan di atas, e-KTP digital akan ditautkan ke ponsel masing-masing warga.

Apa yang terjadi jika ponsel hilang atau salah tempat? Warga yang menginginkan e-KTP digital dapat meminta Dukcapil untuk mengirimkannya ke ponsel baru mereka atau perangkat lain.

“KTP hilang itu sudah masa lalu. KTP-nya didigitalkan di hp dan ada QR codenya. Kalau hp hilang, identitas digitalnya juga hilang. Nanti harus dikasih nomor hp baru untuk Dukcapil “Zudan membuat klaim.

Salah satu tujuan identitas digital adalah untuk mempermudah dan mempercepat transaksi layanan publik atau swasta dalam bentuk digital.

Selain itu, sistem otentikasi melindungi identitas digital agar tidak disalahgunakan dengan mencegah gangguan data. “E-KTP tidak lagi dicetak seperti saat ini, tetapi langsung disimpan ke smartphone warga,” kata Zudan.

Kesimpulan

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sudan sedang menguji coba penggunaan QR Code pada kartu identitas elektronik (e-KTP).  Sejauh ini, percobaan telah dilakukan di 58 kabupaten dan kota di seluruh negeri.

Apa yang terjadi jika ponsel hilang atau salah tempat? Warga dapat meminta Dukcapil mereka untuk mengirimkannya ke ponsel baru mereka atau perangkat lain.

Recent Articles

Related Stories