Apa itu Kliring, Jenis dan Mekanismenya

Makrufi.com – Apa itu kliring, mungkin sebagian orang masih cukup awam soal ini. Pengertian kliring sendiri merupakan sebuah cara untuk menghitung utang atau piutang berbentuk surat-surat dagang dan surat berharga jangka pendek obligasi dari bank yang satu ke bank lain.

Anda yang menabung di bank pasti paham apa itu kliring, jenis dan caranya. Karena kliring adalah istilah yang umum digunakan dalam industri keuangan.

Apa Itu Kliring

Pengertian Kliring dalam pengertian yang lebih luas, kliring bertujuan untuk penyelesaian transaksi yang lebih aman dan lancar dalam bentuk pembayaran digital.

Apa itu Kliring

Karena beberapa media elektronik, seperti flash drive, sekarang dapat digunakan untuk melakukan fungsi pembersihan baik secara manual maupun otomatis.

Kliring memiliki definisi yang lebih beragam, seperti kliring adalah pertukaran dokumen/data keuangan elektronik yang sebenarnya dilakukan oleh nasabah kliring.  Ini dapat dilakukan baik atas nama peserta atau atas nama peserta pelanggan yang perhitungannya akan dilakukan pada waktu yang ditentukan.

Keuntungan lain dari kliring adalah mempercepat layanan pengiriman uang sehingga lebih efisien untuk sistem pembayaran nasional. Transaksi skala besar, baik pribadi maupun perusahaan, akan sangat diuntungkan dengan adanya kliring.

Jenis-Jenis

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu kliring, saatnya memahami bahwa ada banyak jenis pelat. Jenis kliring meliputi kliring umum, kliring lokal dan kliring antar cabang.

Kliring umum, adalah sejenis kliring dengan salah satu cara penghitungan wesel yang dilakukan antar bank. Dimana proses tersebut telah terpantau oleh sistem dan diawasi oleh pihak yang berwenang khususnya Bank Indonesia.

Ini adalah perhitungan uang kertas antar bank yang batasannya telah ditetapkan oleh area sebelumnya, seperti kliring lokal dan kliring antar cabang. Sedangkan untuk antar cabang, cabang bank peserta dilakukan di wilayah kota.

Mekanisme Kliring

Setelah mengetahui apa itu kliring dan juga jenisnya, masuk ke pembahasan mekanisme kliring. Untuk mekanismenya sendiri terdiri dari dua jenis yaitu kliring penyerahan atau perpindahan dana dan kliring elektronik, penjelasannya sebagai berikut: