Mengenal Rug Pull dan Cara Menghindarinya

Makrufi.com – Dalam berinvestasi cryptocurrency, anda harus berhati-hati dan mempelajari aset yang ingin dibeli agar tidak terjebak dengan modus penipuan seperti Rug Pull. di artikel kali ini, kita akan mengenal rug pull dan cara menghindarinya.

Salah satu bentuk taktik penipuan dalam crypto adalah rug pull. Apa itu rug pull dan bagaimana cara menghindarinya? Lanjutkan membaca untuk membaca lebih lanjut.

Mengenal Rug Pull

Mengenal Rug Pull

Rug pull adalah semacam penipuan dalam crypto ketika pengembang atau pengembang keluar dari proyek yang mereka dirikan, setelah sebelumnya menerima dana dari investor.

Mereka menjual aset kripto dari proyek yang mereka dirikan secara bersamaan dan dalam jumlah besar sehingga nilai aset yang dimiliki investor menjadi tidak berharga.

Token di bursa terdesentralisasi (DEX) yang bergantung pada kumpulan aset yang disimpan di DEX sering menjadi target penarikan permadani atau penipuan semacam ini.

Dalam rug pull, penipu yang berpura-pura menjadi pengembang sering kali membuat proyek menggiurkan yang menarik banyak pengguna. Proyek ini lalu disebarkan dan menarik banyak investor yang kemudian membuat harga aset menjadi meningkat.

Saat harga naik ke titik yang dianggap memuaskan bagi penipu, mereka kemudian serentak menjual semua aset yang mereka miliki (biasanya sangat besar) lalu menghancurkan harga aset tersebut dan merugikan semua investor yang sudah menyimpan dana.

Nama tarikan permadani sendiri diambil dari fabel bahasa Inggris, yang memiliki arti harfiah menarik karpet sedemikian rupa sehingga orang yang berdiri di atasnya ambruk.

Penipuan ini terjadi dalam waktu singkat dan begitu cepat sehingga sebagian besar investor kecil yang mengikuti tren akan bingung tanpa memahami apa yang terjadi.

Contoh kasus rug pull yang pernah terjadi

Ada 3 kasus rug pull yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber, antara lain:

1. Token Squid Game

Ketika Oktober 2021 dimulai, SQUID menjadi salah satu aset kripto paling populer. Squid Game, komedi Netflix yang populer, adalah inspirasi untuk aset kripto meme koin ini, yang tidak terkait langsung dengan pertunjukan.

Sejak informasinya disebar, harga token SQUID tiba-tiba meningkat drastis karena banyak investor melihat promosinya melalui berbagai media sosial.

Antara 26 Oktober dan 1 November, harga koin Squid naik lebih dari 23 juta persen, dari hanya satu sen menjadi $2.861,80. Kenaikan ini lalu diikuti penurunan harga hingga menjadi $0.003 dolar dan semua orang melihat bahwa koin Squid hanyalah sebuah rug pull.

Pengembang SQUID dilaporkan meninggalkan proyek dan menjual token mereka, menghasilkan sekitar $3,3 juta dolar.

Setelah penelitian, ternyata buku putih proyek game Squid dimuat dengan masalah tata bahasa yang berbeda dan tidak dibuat dengan benar.

Cek Berita dan Artikel Makrufi.com Lainnya di Google News